Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mendongkrak Mobil

25/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mendongkrak mobil perlu memperhatikan beberapa hal. Adapun tujuannya adalah demi kemudahan dan juga keselamatan selama menggunakan dongkrak mobilnya. Apa sajakah itu? Mari kita simak ulasannya.

Dongkrak mobil merupakan alat bantu untuk mengangkat mobil supaya bisa memeriksa kondisi kolong mobil. Selain itu, fungsi lainnya adalah membantu pengendara dalam mengganti ban saat bocor atau kempes dengan ban cadangan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendongkrak mobil.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin menggunakan dongkrak mobil.

1. Memperhatikan Permukaan Pada Tempat Parkir

Pada saat ingin menggunakan dongkrak sebaiknya memperhatikan permukaan tempat mobil diparkirkan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa permukaannya dalam kondisi datar. Jika kondisinya datar maka akan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memasangkan dongkrak mobil

Permukaan rata akan mempermudah dalam meletakkan dongkrak

>>> Baca juga, Ban Mobil Terjebak Di Pasir, Begini Cara Mengatasinya

2. Mengaktifkan Rem Tangan

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah ketika mobil didongkrak pengemudi harus mengaktifkan rem tangan. Bila diperlukan sobat juga bisa mengganjal tiap roda dengan batu atau balok untuk keamanan supaya tidak bergerak pada saat didongkrak.

3. Memilih Dongkrak Mobil

Pada saat ingin mendongkrak mobil, kondisi maksimal dongkrak sangat diperlukan supaya bisa bekerja dengan semestinya. Ketika memilih dongkrak sebaiknya disesuaikan dengan badan kendaraan. Seperti misalnya pada mobil sedan dan lainnya akan sulit memakainya jika menggunakan dongkrak botol. Sementara untuk jenis dongkrak buaya memang bisa diaplikasikan pada semua jenis kendaraan dan segala medan. Hanya saja dari segi bobot kurang praktis karena terlalu berat. Namun begitu juga sebaliknya, menggunakan dongkrak model gunting memang lebih praktis, hanya saja saat pemakaian cukup sulit. Sesuaikan dengan jenis mobil atau pakailah dongkrak bawaan pabrikan jika ada.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan dongkrak mobil warna orange

Saat memilih dongkrak sesuaikan dengan jenis kendaraan dan kebutuhan

>>> Lihat Juga, Jangan Lupa, Ada Resiko Mobil Jarang Servis Berkala Perlu Diperhatikan

4. Memastikan Titik Tumpunya Tepat

Ketika menggunakan dongkrak untuk mengangkat kendaraan sebaiknya memastikan titik tumpunya sudah pas. Karena jika tidak malah bisa menimbulkan masalah lain. Pada umumnya titik tumpu mobil berada di dekat suspensi antara batang gardan. Bisa juga pada rangka utama pada sisi bawah kendaraan.

5. Membaca Buku Panduan

Dalam menggunakan dongkrak mobil, mengikuti buku panduan bisa memberikan keamanan selama prosesnya. Hal ini juga merupakan salah satu langkah untuk mencegah slip ketika mendongkrak kendaraan.

6. Tinggi Saat Mendongkrak

Adapun hal selanjutnya yang terbilang penting adalah ketinggian ketika mendongkrak kendaraan. Yang mana usahakan tidak melebihi 15 cm karena resikonya adalah mobil bisa bergerak dengan sendirinya karena tergelincir.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil didongkrak dengan dongkrak warna hijau

Ketinggian saat mendongkrak juga perlu diperhatikan

7. Tidak Masuk Ke Kolong Mobil

Memang kadang ada yang melakukannya, namun usahakan untuk tidak memasukkan tubuh ke bagian bawah mobil yang sedang didongkrak. Hal tersebut cukup berbahaya karena tumpuan kendaraan hanya dongkrak saja. Untuk amannya, bila ingin masuk ke bagian kolong sebaiknya mendongkrak mobil dengan jack stand supaya lebih aman.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International