Beberapa Hal Untuk Menghindari Tilang Elektronik Dapat Dilakukan

06/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Seperti yang sudah diketahui bersama, terutama para pengendara. Bahwasanya pada 23 Maret 2021 telah diluncurkan tilang elektronik atau disebut juga dengan nama E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) tahap pertama secara nasional. Adanya model penilangan tersebut tentunya akan ada pikiran untuk menghindari tilang elektronik.

Dengan adanya kamera E-TLE maka nomor polisi kendaraan bisa dideteksi, bahkan kendaraan yang asalnya dari luar wilayah juga dapat dideteksi. Dengan adanya tilang elektronik harapannya bisa membuat masyarakat bisa lebih disiplin dalam memacu kendaraan yang dimiliki. Selain itu, menghindari tilang elektronik juga bisa dilakukan supaya tidak mendapatkan surat dari polisi.

Gambar ini menunjukkan layar pemantau kamera E-TLE

Tilang elektronik dapat mencegah pungli

Pada saat berkendara kadang timbul rasa penasaran dan was-was bisa terkena tilang elektronik. Namun bagi pengendara yang baik tentu menghindarinya terbilang cukup mudah, aman dan nyaman. Adapun salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalah mematuhi aturan lalu lintas baik itu ada polisi atau tidak di tempat Sobat berada.

>>> Mengenal Jenis Pelanggaran Yang Diintai Tilang Elektronik Dan Dendanya

Tips Menghindari Tilang Elektronik

Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan supaya terhindar tilang elektronik.

1. Memperhatikan Batas Kecepatan  Di Jalan

Biasanya di beberapa tempat terdapat rambu-rambu yang menunjukkan batas kecepatan maksimal kendaraan. Sobat harus mematuhinya dan tidak memacu kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan. Jika ada kendaraan lain yang memacu kendaraannya lebih cepat jangan ikut-ikutan karena resiko terkena tilang elektronik ditanggung sendiri-sendiri.

Gambar ini menunjukkan rambu batas kecepatan mobil

Patuhi rambu lalu lintas selama menempuh perjalanan dengan kendaraan

>>> Hindari Kena Denda, Ketahui Kamera Tilang Elektronik Dengan Aplikasi Ini

2. Memakai Seat Belt Atau Sabuk Pengaman

Selama berkendara diharapkan untuk memakai seatbelt baik untuk pengemudi ataupun penumpang depan. Jika jok belakang ada seatbelt dan terdapat penumpang maka dapat memakainya. Hal ini bukan soal tilang elektronik saja, akan tetapi berhubungan dengan keselamatan saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Tidak Bermain Ponsel Saat Mengemudi

Untuk menghindari tilang elektronik selanjutnya adalah tidak bermain ponsel ketika mengemudikan mobil. Hal ini cukup berbahaya karena dapat membuyarkan konsentrasi dalam sepersekian detik dan resiko paling fatal adalah terjadi kecelakaan. Jika ada panggilan atau keharusan untuk memegang ponsel sebaiknya menepi terlebih dahulu untuk keamanan. Selain itu, bermain ponsel bisa terpantau kamera E-TLE yang beresiko terkena tilang elektronik.

4. Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Di jalanan terdapat rambu-rambu lalu lintas yang harus dipatuhi oleh semua pengendara. Seperti misalnya lampu lalu lintas, rambu dilarang parkir dan sebagainya. Patuhi rambu lalu lintas dengan tidak parkir sembarangan, menerobos lampu lalu lintas dan lainnya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan lampu lalu lintas kendaraan

Jangan terobos lampu lalu lintas kendaraan supaya tidak terjadi kecelakaan

5. Merawat Kendaraan

Perawatan kendaraan juga penting dilakukan, hal tersebut untuk memastikan bahwa kendaraan bisa bekerja dengan baik. Tentunya rasa kesal akan muncul saat terkena tilang elektronik disebabkan oleh lampu isyarat atau lampu utama mati.

Tidak perlu mengkhawatirkan tilang elektronik. Untuk menghindari tilang elektronik, kunci utamanya adalah mematuhi aturan lalu lintas dan menjaga kendaraan tetap bekerja maksimal. Dengan adanya hal tersebut penerapan social distancing juga dilakukan dan menghilangkan praktik suap.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah
    Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah Abdul Tips & trik mobil

    Modifikasi kerap dilakukan oleh beberapa pemilik mobil. Tujuannya adalah untuk membuat tampilan kendaraan lebih menarik dan tampil beda. Salah satu modifikasi ringan yang kerap dilakukan adalah mengganti velg beserta bannya. Alhasil pemilik perlu menyimpan ban mobil dan velg nya supaya tetap awet serta dapat digunakan kembali.

  • Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu
    Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu Abdul Tips & trik mobil

    Perjalanan menggunakan mobil tidak hanya ingin wisata atau bersenang-senang bersama keluarga saja. Apalagi di masa pandemi saat ini, banyak tempat wisata yang ditutup sementara sebagai langkah pencegahan virus Covid-19. Namun untuk sektor pekerjaan tetap dilakukan. Jika tidak mempunyai kendaraan bisa sewa mobil untuk perjalanan bisnis. Tujuannya supaya lebih nyaman dan tetap prima sampai ke tempat tujuan.

  • Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV
    Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV Abdul Tips & trik mobil

    Banyak mobil yang dibekali dengan sistem pendingin kabin atau yang dikenal dengan Air Conditioner (AC). Dimana dengan adanya fitur ini maka kenyamanan selama perjalanan lebih menyenangkan. Nah AC sendiri terdapat Single Blower dan Double Blower. Kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan AC Double Blower.

International