Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Ketika Mengemudi Mobil Bongsor

10/06/2021 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beragam model mobil di jalanan, ada yang berdimensi kecil dan ada juga yang besar. Setiap orang memiliki selera sendiri-sendiri, pada mobil besar perlu lebih hati-hati karena dimensinya yang lebih bongsor. Oleh sebab itulah terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil bongsor.

Mobil bongsor seperti kendaraan dalam segmen SUV memang mempunyai tampilan yang berwibawa dan tenaga yang dimiliki juga besar. Dengan begitu saat mengemudi mobil bongsor perlu lebih waspada dalam berkendara. Hal tersebut dikarenakan untuk melihat sekitar dibatasi oleh tubuh mobil yang besar. Apalagi tenaganya juga mumpuni, sehingga bisa membuat pengendara jadi terlena. Nah bagi Sobat yang mengemudikan kendaraan dengan bodi yang bongsor, berikut ini beberapa hal perlu diperhatikan.

Gambar ini menunjukkan 3 mobil SUV tampak depan dan samping

Mobil bongsor memiliki blind spot lebih besar dibandingkan mobil kecil

>>> Baca Juga, Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Jika Ingin Mengemudi Mobil Dalam Kecepatan Tinggi

1. Bijak Dalam Injak Pedal Gas

Ketika sedang berkendara dengan mobil bongsor dengan tenaga yang powerful tentunya saat digas lebih dalam akan terasa seru. Hal tersebut boleh saja asalkan melihat keadaan sekitar baik itu lokasi kondisi dan situasi di sekitar mobil sedang melaju. Jadi jika sembarangan tidak hanya dapat berbahaya bagi pengguna jalan lain, akan tetapi juga bisa menyulut emosi. Patuhi aturan lalu lintas seperti maksimal kecepatan di jalan yang sedang dilalui dan saat melintasi jalanan yang ramai jangan memaksakan untuk memacu kendaraan.

2. Tidak Terprovokasi Dengan Mudah

Pada saat sedang mengemudikan kendaraan dengan dimensi bongsor sebaiknya jangan mudah terprovokasi saat pengendara lain melakukan manuver. Adapun contohnya ketika ada kendaraan yang ingin menyalakan bisa memberikan jalan, jangan malah menutupnya karena mobil yang Sobat  tunggangi lebih bertenaga dan besar. Apalagi ketika ada pengendara lain yang menyalip, Sobat merasa tersaingi dan ingin adu kecepatan dengan pengendara lain.

3. Tetap Prioritaskan Pada Kendaraan Yang Penting

Perlu diketahui bersama bahwa jalan raya merupakan fasilitas umum yang pemanfaatannya untuk bersama. Meskipun begitu ada beberapa kendaraan yang perlu diprioritaskan karena sedang dalam kondisi tertentu bahkan darurat. Beberapa kendaraan prioritas seperti pemadam kebakaran, iring-iringan kepresidenan dan juga ambulans serta beberapa kendaraan lain. Jadi meskipun mengemudikan mobil bongsor tetap perlu memberikan prioritas kepada kendaraan penting tersebut.

>>> Lihat Juga, Mengenal Fitur Blind Spot Warning, Perjalanan Lebih Aman Saat Ingin Pindah Jalur Atau Menyalip

Gambar ini menunjukkan ambulans berada di jalan dengan banyak mobil

Tetap utamakan kendaraan prioritas seperti ambulans saat di jalan

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Memahami Karakter Kendaraan

Saat Sobat membawa sebuah mobil perlu memahami karakter yang dimiliki seperti pengendalian dan performanya. Dimensi mobil, fitur dan lainnya juga perlu diketahui sehingga dapat memperkirakan jalanan yang sedang dilewati apakah masih ada sisa atau terlalu sempit untuk dilewati. Fitur di dalam mobil juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara.

5. Menggunakan Klakson Seperlunya Saja

Tips mengemudi mobil bongsor selanjutnya adalah seperlunya dalam menggunakan klakson. Klakson menjadi salah satu fitur untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Apabila sedang dalam antrian dan pengendara lain juga sedang sama-sama menunggu karena macet, membunyikan klakson secara berlebihan bisa memancing emosi.

6. Manuver Dengan Bijak

Walaupun mobil memiliki bodi besar tapi jangan sampai masuk jalur pengendara lain karena bodinya lebih kecil. Ditambah lagi blind spot yang dimiliki mobil bongsor tentu lebih besar. Jika melakukannya bisa memancing emosi pengendara lain bahkan bisa memicu keributan.

7. Memperhatikan Jarak Pengereman

Jarak pengereman mobil bongsor lebih jauh terutama saat kondisi jalanan basah atau ketika turun hujan. Jadi sebaiknya tidak melakukan pengereman secara mendadak karena bisa menjadi penyebab terjadi kecelakaan.

>>> Baca Juga, Beberapa Fitur Mobil Untuk Perjalanan Jauh Dukung Keamanan & Kenyamanan

Gambar ini menunjukkan 3 mobil melaju di jalan

Pengereman mobil bongsor lebih jauh terutama saat hujan

8. Memperhatikan Saat Parkir Mobil

Ketika mengemudi mobil bongsor dan hendak memberhentikan kendaraan sebaiknya mencari tempat yang lebih luas. Pada saat parkir di pinggir jalan bisa membuat lalu lintas terganggu dan jadi tidak lancar. Sebaiknya parkir di lokasi parkir mini market, pom bensin atau tempat lain yang aman dan diperkirakan tidak membuat pengendara lain terganggu.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International