Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Dalam Memilih GPS Tracker Untuk Mobil

16/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Memilih GPS tracker perlu memperhatikan beberapa hal saat akan ditempatkan pada mobil kesayangan. GPS adalah aksesoris pada mobil yang dapat memberikan kemudahan kepada pemilik mobil saat bepergian ke tempat yang belum diketahui.

Mobil memiliki banyak aksesoris di dalamnya dengan fungsi menunjukkan arah. Apalagi saat berada di tempat yang belum pernah dilewati, GPS akan sangat bermanfaat. Jika ingin memasangnya pada mobil kesayangan, memilih GPS tracker perlu memperhatikan beberapa hal. Mengingat terdapat beragam merk dan terdapat macam-macam fitur di dalamnya, dari produk lokal sampai impor.

Gambar ini menunjukkan 2 GPS tracker yang dipasangkan pada mobil

GPS tracker berguna untuk melacak  kendaraan yang dimiliki

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Tips Menerobos Banjir Dengan Mobil Agar Aman

Berkaitan dengan hal tersebut dari pihak Ade Habibie selaku Chief of Media and Brand Activation PT Super Spring menyebutkan, bahwasanya pada saat melakukan pembelian perlu memastikan fitur yang diberikan. Jadi tidak hanya bisa melacak atau memantau kendaraan saja, namun rute perjalanan juga bisa dipantau selama beberapa bulan terakhir.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih GPS Tracker untuk mobil yang dimiliki:

1. Kelengkapan Fitur

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah fitur yang diberikan. Usahakan GPS yang dibeli mendapatkan sistem monitoring yang mudah dipahami dan user friendly serta dapat didukung dengan aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone.

2. Mempunyai Server Sendiri

Tidak hanya itu saja, Sobat dapat memilih GPS yang memiliki server center tersendiri. Karena ada juga GPS yang servernya nyewa bahkan numpang pada hosting gratis. Kenapa harus memperhatikan hal ini, jadi jika servernya bukan milik sendiri biasanya ada kelemahan seperti kuota penyimpanan yang minim dan lambatnya waktu akses GPS tracker. Hal tersebut disebabkan oleh server yang menangani banyak data dan juga traffic yang tinggi  secara bersamaan dengan para pengguna lain sehingga tidak hanya terfokus pada GPS saja.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kerja GPS tracker mobil

Ilustrasi cara kerja GPS tracker

>>> Baca Juga, Tips Mengemudi Mobil Menggunakan GPS Supaya Aman dan Nyaman

Selain itu, karena bukan milik sendiri bisa saja ada biaya yang perlu dikeluarkan, meskipun ada yang trial gratis tapi hanya beberapa bulan atau tahun saja dan selanjutnya perlu membayarnya.

3. Perhatikan Perusahaan GPS Tracker

Dalam memilih GPS tracker, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah perusahaan GPS Tracker. Mengingat banyak perusahaan yang tidak konsisten dan akhirnya tutup.  "Jika GPS Tracker yang Anda beli tidak ada lagi dukungan dan layanan, maka tidak akan ada fungsinya lagi. Pastikan Perusahaan GPS tersebut sudah beroperasi di Indonesia sejak lama," ujar Ade Habibie.

Selain itu,  pihak Ade juga menambahkan untuk jangan lupa memperhatikan perusahaan soal izin resmi dan juga sertifikasi Postel. Apabila tidak ada ijinnya maka bisa saja suatu saat IMEI yang terdapat pada GPS tracker akan terblokir . Hal tersebut karena masuk ke Indonesia secara tidak resmi atau illegal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan penggunaan GPS Tracker di smartphone dan kunci

Pemasangan GPS tracker merupakan salah satu langkah keamanan untuk kendaraan

4. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Dalam memilih GPS Tracker, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tidak tergiur dengan harga murah. Yang perlu diutamakan adalah layanan after sales yang dimiliki seperti misalnya layanan bantuan teknis dan support 24 jam. Dengan begitu ketika ada hal darurat bisa dapat segera diatasi dengan cepat.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International