Beberapa Bagian Perlu Dibersihkan Untuk Menghilangkan Bau Tidak Sedap Dalam Kabin Mobil

10/01/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mobil memang tunggangan yang cukup nyaman saat digunakan untuk menempuh perjalanan baik jauh atau dekat. Namun masalah bisa saja terjadi seperti muncul bau tidak sedap akibat aroma khas dari material bawaan pabrik atau adanya sisa makanan serta bagian yang lembab. Apabila dibiarkan tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembersihan dengan segera. Terdapat beberapa bagian perlu dibersihkan untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam kabin mobil.

Memang dalam menghilangkan bau tidak sedap dalam kabin mobil bisa dilakukan dengan banyak cara. Ini adalah salah satu yang bisa dicoba dan dilakukan. Langkah awal untuk melakukannya adalah dengan mengeluarkan barang bawaan yang memiliki potensi menghasilkan bau seperti pakaian, peralatan olahraga, sepatu dan lainnya.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuang sampah dan membersihkan sisa-sisa kotoran atau sisa makanan yang tertinggal di dalam kabin mobil. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian-bagian yang sempit dan susah dijangkau seperti di bawah jok mobil atau pojokan kabin mobil. Memang dengan menggunakan pengharum kabin mobil akan langsung wangi, namun hal tersebut bukan solusi. Kalau boleh menyarankan bisa memakai pengharum alami seperti biji kopi dan lainnya.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi pria mencium bau tidak sedap di dalam mobil

Bau tidak sedap dapat mengganggu kenyamanan berkendara

Dalam menghilangkan bau tidak sedap dalam kabin mobil, ada hal yang perlu diperhatikan. Bahwasanya tumpahan makanan atau minuman yang sudah lama menempel pada bagian kursi dapat menimbulkan bau tidak sedap di bagian interior. Nah berikut ini merupakan langkah-langkah  dan beberapa bagian yang perlu diperhatikan dan dibersihkan supaya kabin kembali segar dan nyaman dikendarai.

>>> Baca Juga, Ketahui Beberapa Bau Tidak Sedap Dalam Kabin Mobil Yang Bisa Menimbulkan Masalah

Adapun hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melihat buku manual kendaraan. Sobat bisa mencari informasi mengenai aturan serta peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan interior mobil. Umumnya perlengkapan yang dibutuhkan meliputi sabun batang, air hangat dan juga spons.

Untuk langkah selanjutnya adalah dengan mengangkat karpet dan juga alas mobil. setelah itu bersihkanlah menggunakan sapu atau bisa menggunakan vakum cleaner yang dipakai untuk menyedot debu. Pastikan semuanya bersih tidak tersisa.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain ditempelkan di atap mobil

Beberapa bagian dalam kabin mobil perlu dibersihkan agar tidak muncul bau tidak sedap

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Sedangkan untuk bagian atapnya bisa memakai baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap. Untuk caranya dengan menaburnya ke seluruh bagian, begitu juga di bagian karpetnya. Sobat bisa melakukan langkah ini pada bagian jok mobil. Jika sudah sebaiknya didiamkan semalam dan jika telah selesai sedot dengan vacuum cleaner sisa baking soda yang ditabur sebelumnya.

Untuk langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan langit-langit kendaraan, karena bisa saja terdapat kotoran yang menempel. Apalagi ada pengendara atau penumpang yang merokok, maka asap yang menempel dapat menimbulkan bau. Untuk tahapan pembersihan cukup mudah yakni dengan kuas dicelupkan pada cairan sabun dan dioleskan pada atap mobil. Setelah itu ratakan dengan bantuan handuk dan keringkan memakai kain perca.

Bagian selanjutnya yang harus dibersihkan untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam kabin mobil adalah seatbelt. Sebelum prosesnya terlebih dahulu tarik sabuk sampai mentok dan dipelintir sedikit dalam beberapa kali. Bahkan cara ini juga kerap dilakukan supaya sabuk kembali renggang. Setelah itu dilanjutkan dengan menggosok dengan kuas yang sudah dicelupkan sabun dan ratakan pakai handuk kemudian lakukan pengeringan menggunakan kain perca.

>>> Lihat Juga, Terasa Panas Di Dalam Kendaraan? Begini Tips Mengembalikan Kesegaran Kabin Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang sebuah alat untuk membersihkan filter udara

Jika muncul bau tidak sedap dalam kabin segera lakukan pembersihan

Adapun yang terakhir adalah melakukan pemeriksaan bagian sistem pendingin kabin. Lakukan pembersihan pada bagian penyaring udara, karena jika bagian ini kotor bisa menimbulkan bau yang kurang bagus di dalam kabin mobil. Jika tidak tahu tata caranya maka disarankan untuk membawa mobil pada orang yang memang telah paham dan mengerti masalah tersebut.

Demikianlah informasi mengenai beberapa bagian yang harus dibersihkan untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam kabin mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas Over Kredit
    Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas Over Kredit Abdul Tips & trik mobil

    Mobil menjadi salah satu tunggangan yang diinginkan banyak orang. Selain karena kenyamanan yang ditawarkan juga bisa digunakan untuk bepergian ke suatu tempat yang diinginkan. Untuk membeli mobil ini memang harganya cukup mahal, namun sobat bisa memilikinya dengan membelinya dalam kondisi bekas yang harganya lebih terjangkau. Namun bagaimana dengan membeli mobil bekas over kredit?

  • Ingin Take Over Kredit Mobil, Perhatikan Hal Ini Untuk Keamanan
    Ingin Take Over Kredit Mobil, Perhatikan Hal Ini Untuk Keamanan Abdul Tips & trik mobil

    Berbagai alasan diberikan untuk menjual mobil kesayangannya seperti untuk modal usaha atau karena kebutuhan ekonomi. Akan tetapi bagaimana jika mobilnya baru saja beli dan dalam kondisi masih kredit?. Umumnya pemilik akan melakukan take over kredit mobil.

  • Ingin Menjual Mobil Secara Online, Begini Strategi Toyota
    Ingin Menjual Mobil Secara Online, Begini Strategi Toyota Abdul Tips & trik mobil

    Menjual mobil bisa menjadi salah satu pilihan saat ekonomi keluarga sedang mengalami kesulitan. Dengan melakukannya maka uang yang dihasilkan dapat digunakan untuk jadi modal dalam memulai bisnis baru. Menjual mobil secara online bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat agar dapat segera terjual.