Beberapa Bagian Mobil Yang Rentan Saat Hujan Perlu Diperhatikan

13/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Berkendara dengan mobil saat musim penghujan memang lebih tenang dan nyaman dibandingkan menggunakan sepeda motor. Selain tidak kehujanan, pengendara juga tidak perlu berteduh sampai hujan reda. Tinggal mengemudikan mobil dengan hati-hati supaya tidak terjadi masalah. Namun ada bagian mobil yang rentan saat hujan perlu diperhatikan.

Bagian mobil yang rentan saat hujan perlu diperhatikan kondisinya. Tujuannya adalah supaya mobil tetap dalam keadaan prima dan bisa dikemudikan dengan nyaman serta aman selama di jalanan. Sebenarnya bagian-bagian tersebut hanya perlu dicek, jika tidak ada masalah maka dibiarkan saja. Namun saat bermasalah barulah diatasi dengan baik dan benar.

Gambar ini menunjukkan penyiraman bodi mobil

Musim hujan ada beberapa bagian perlu diperhatikan

Berikut ini merupakan beberapa bagian pada kendaraan yang rentan saat musim penghujan.

1. Pelek Mobil

Adapun bagian pertama dalam pembahasan kali ini adalah pelek. Dimana posisinya berada pada bagian kaki-kaki dan menjadi tempat untuk ban mobil yang terhubung langsung dengan aspal jalanan. Jadi bagian ini sering mudah kotor dan terkena air hujan seperti saat melintasi genangan. Pada saat mobil sering terkena air hujan di bagian pelek yang mudah berkarat adalah baut-baut nya. Apabila pelek ditemukan kotor ketika sampai rumah atau habis kehujanan bisa melakukan pencegahan dengan  menyiram air bersih.

>>> Cek Asuransi Mobil Saat Musim Hujan Yang Rawan Banjir

2. Piringan Cakram

Selanjutnya adalah bagian piringan cakram. Dimana bagian ini biasanya berkarat saat terkena air hujan atau cipratan air dan membiarkannya terparkir dalam waktu yang cukup lama. Untuk solusinya bisa diatasi dengan mudah yakni membawa mobil berjalan seperti biasa, dengan begitu karat akan hilang dengan sendirinya. Untuk bahayanya jika terus menerus kehujanan dan mobil didiamkan saja maka akan membuat ketebalan karat meningkat.

Gambar ini menunjukkan piringan cakram mobil berkarat

Dalam perawatan saat hujanbisa menyiram bagian yang mudah berkarat dengan air bersih

3. Mika Lampu Mobil

Bagian mobil yang rentan saat hujan selanjutnya adalah mika lampu. Dimana saat mobil dibiarkan terkena hujan terus menerus dan tetap dibiarkan air menempel maka biasa membuat muncul bercak jamur. Jadi bercak jamur ini menjadi awal dari mika lampu menjadi kusam. Penyebab awalnya adalah air hujan yang tercampur dengan kotoran sehingga terjadi proses penguapan dan akhirnya mengering. Solusinya adalah dengan menyiram dan membersihkannya mengandalkan air bersih.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Emblem Body Mobil

Bagian ini memang tampak sepele, akan tetapi jika tidak diperhatikan maka tampilan mobil jadi kurang menarik. Pada saat air hujan dan sisa-sisa air dibiarkan menempel begitu saja maka munculnya jamur bisa terjadi. Oleh sebab itu saat terkena air hujan perlu dilakukan pengeringan dengan tuntas.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang bilah wiper mobil

Bilah wiper terbuat dari karet jadi bisa getas

5. Bilah Wiper

Bagian mobil yang rentan saat hujan terakhir adalah bilah wiper. Dimana saat hujan turun kemudian muncul panas bisa membuat bilah wiper cepat getas. Hal tersebut terbilang wajar karena menggunakan bahan material karet dan terkena hujan dan panas secara berulang-ulang. Nah jika usianya sudah tua maka sebaiknya dilakukan penggantian, apalagi kinerjanya sudah tidak maksimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International