Beberapa Alasan Terdapat Titik Blind Spot, Semakin Besar Kendaraan Areanya Semakin Besar

22/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil memiliki titik blind spot yang perlu diwaspadai oleh kendaraan lain. Jadi sebaiknya pengendara lain menghindarinya karena bagian ini tidak dapat dilihat pengemudi. Oleh sebab itulah diharapkan selalu berhati-hati saat berkendara karena keselamatan menjadi yang utama.

Titik blind spot merupakan area di sekitar kendaraan yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi karena terhalang atau hal lainnya. Oleh sebab itu area ini cukup berbahaya baik untuk kendaraan tersebut dan kendaraan lain. Sehingga setiap kendaraan baik kecil atau besar akan ada area blind spot yang perlu benar-benar diperhatikan. Semakin besar kendaraan maka area blindspot akan semakin luas.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi area blind spot kendaraan

Setiap kendaraan mempunyai area blind spot

>>> Lihat Juga, Hindari Area Blind Spot, Baca Tips Menyalip Mobil Truk Yang Aman

Blind Spot Pada Kendaraan

Jadi adanya blind spot karena mata seseorang memiliki keterbatasan dalam memandang. Oleh sebab itu kendaraan dibekali dengan spion sebagai bantuan supaya area blind spot dapat diminimalisir. Selain itu, area blind spot juga disebabkan oleh konstruksi dari kendaraan. Jadi seperti yang disebutkan di atas, blind spot akan semakin besar jika kendaraannya ukuran besar.

Blind spot yang paling besar adalah bagian belakang kendaraan. Oleh sebab itulah untuk meminimalisirnya spion tengah pada mobil juga turut diberikan. Bahkan pada mobil modern atau keluaran terbaru telah diberikan kamera belakang supaya saat berjalan mundur pengemudi dapat terbantu.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

gambar ini menunjukkan spion mobil tersorot sinar matahari

Adanya spion meminimalisir adanya blind spot kendaraan

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Membersihkan Kaca Spion Mobil Agar Hasil Lebih Maksimal

Titik Blind Spot Pada Mobil Truk

Pada kendaraan yang ukuran besar seperti truk ataupun bus, spion tengahnya biasanya terhalang sehingga seperti tidak bernilai. Untuk yang menghalangi adalah muatan itu sendiri atau hal lainnya. Adapun area blind spot lainnya yaitu di bagian samping kiri pengemudi atau kebalikan dari pengemudi mobil berada. Oleh sebab itulah pengendara tidak disarankan untuk mendahului truk dari sebelah kiri. Tidak hanya soal aturan yang dilanggar, namun resiko terjadi kecelakaan lebih besar.

Walaupun begitu saat menyalip dari sisi kanan tidak boleh sembarangan ataupun melakukan manuver dengan bebas. Jadi dengan postur truk yang besar dan tinggi  membuat area blind spot jauh lebih banyak. Oleh sebab itulah saat menyalip dari kanan pun perlu memberikan tanda berupa klakson dan lampu  agar bisa dilihat oleh sopir truk.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil Hatchback menyalip sebuah truk

Semakin besar kendaraan semakin besar area blind spot yang dimiliki

Area blind spot selanjutnya adalah bagian depan truk. Memang pengemudi melihat di bagian depan, namun karena posturnya yang tinggi membuat objek di depannya yang mepet dengan truk tidak terlihat. Biasanya 2 meter dari bagian truk paling depan baru dapat terlihat oleh pengemudi mobil truk. Jadi bila berada kurang dari 2 meter maka mempunyai resiko tertabrak oleh truk.

Nah untuk mengetahui kita berada di titik blind spot kendaraan atau tidak dapat dilakukan dengan melihat spion mobil truk atau lainnya. Jika kita melihat wajah pengemudi berarti pengemudi bisa melihat posisi kita. Apabila tidak berarti kita berada di area blind spot dan perlu segera pindah ke tempat yang bisa dilihat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik?
    Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik? Abdul Tips & trik mobil

    Mobil listrik kerap menjadi perbincangan saat ini. Bahkan perkembangannya terbilang perlahan tapi pasti. Hal tersebut dibuktikan dengan produksi kendaraan listrik oleh para produsen mobil, bahkan sampai full menggunakan daya listrik. Disamping hal tersebut, saat seseorang memiliki mobil listrik, tentunya harapannya bisa hemat daya listrik. Dalam hal ini ada info mengenai penggunaan kaca film bisa buat hemat daya listrik, benarkah?

  • Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya
    Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Cover jok mobil mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik mobil. Untuk mendapatkannya bisa membeli mobil yang sudah mendapatkannya atau membelinya sendiri di toko aksesoris kendaraan. Dalam pemilihan cover jok juga perlu diperhatikan, baik dari segi bahan, warna dan juga yang sesuai dengan jok kendaraan.

  • Memahami Transmisi Mobil CVT Dan Cara Kerjanya
    Memahami Transmisi Mobil CVT Dan Cara Kerjanya Abdul Tips & trik mobil

    Mobil matik menjadi salah satu jenis kendaraan yang mempunyai penggemarnya sendiri. Kemudahan ditawarkan sehingga pengendaraan bisa lebih nyaman dan tidak mudah mengalami kelelahan. Pada segen kali ini pembahasan mengenai transmisi mobil CVT (Continous Variable Transmission).

International