Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin

13/10/2019 Abdul Tips & trik mobil

Oli mesin mobil bisa diibaratkan sebagai darah untuk manusia. Jadi peranannya sangat penting sehingga perlu benar-benar diperhatikan. Ketika sudah lama tidak diganti atau volumenya telah berkurang maka disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Perlu diketahui bahwa resiko mobil turun mesin dapat diselamatkan dengan memperhatikan kondisi oli.

Terdapat beberapa alasan mengapa resiko mobil turun mesin dapat diselamatkan hanya dengan melakukan penggantian oli secara teratur. Jadi hal tersebut berhubungan dengan fungsi serta tanggung jawab dari oli mesin untuk menjaga kondisi mesin mobil.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sistem kerja oli di mesin mobil

Kinerja oli sangat penting pada mesin mobil

>>> Baca Juga, Jangan Sampai Keliru Memakai Oli Mesin Bensin Dan Diesel, Ada Resikonya!

Adapun alasan pertama dapat selamat dari resiko mesin mobil bermasalah adalah fungsinya untuk pelumasan komponen pada mesin mobil. Dengan adanya pelumas maka komponen mesin yang bergerak dan saling bergesekan bisa optimal setiap digunakan. Coba bayangkan saat oli tidak bekerja dengan maksimal, maka komponen yang bergesekan tersebut akan mudah aus.

Untuk prosesnya, oli di dalam mesin juga bisa sebagai pelarut kotoran yang terdapat di dalam mesin kemudian dibawa menuju filter oli. Dalam filter oli akan dilakukan penyaringan sehingga mesin tetap dalam kondisi yang bersih. Dalam hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa filter oli juga perlu dilakukan penggantian secara berkala.

Adapun kotoran yang berada dalam mesin ditimbulkan oleh debu yang masuknya melalui celah pada seal. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kebocoran atau memang seal sudah saatnya dilakukan penggantian. Selain itu, kotoran juga bisa disebabkan oleh komponen yang bergesekan di dalam mesin dan berupa serpihan logam yang halus.

Alasan selanjutnya mengapa oli dapat mengurangi resiko mobil turun mesin adalah fungsinya sebagai pendingin mesin. Untuk cara kerjanya adalah panas yang dihasilkan oleh gesekan antar komponen mesin diteruskan menuju dinding blok mesin. Setelah itu barulah panas dikeluarkan sehingga kinerja mesin tetap maksimal dan tidak terjadi overheat.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengupdate Harga Terbaru Mobil Semua Merek Di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang mengecek volume oli pada mesin mobil

Selalu cek volume oli mesin mobil jangan sampai kehabisan

>>> Baca Juga, Penyebab Kebocoran Oli Pada Mobil, Sobat Perlu Waspada!

Menariknya lagi adalah senyawa kimia yang terdapat pada oli mesin. Fungsinya adalah untuk mencegah timbulnya karat pada bagian komponen dalam mesin. Seperti yang telah diketahui, bahwa karat pada mesin mobil dapat mengganggu kinerja mobil menjadi kurang maksimal.

Dengan melihat beberapa hal di atas tentunya bisa diketahui bahwa oli mesin mempunyai manfaat yang banyak di ruang mesin mobil. Walaupun begitu, kadang  kala oli juga menjadi penyebab terjadinya potensi masalah pada mesin karena kinerjanya yang berat. Hal ini ditujukan pada mobil yang digunakan di wilayah perkotaan dan sering terjadi kemacetan.

Sama hal nya dengan darah manusia yang kadang kadar kolesterol tinggi. Oli mesin yang dibarengi dengan kotoran yang terlalu banyak bisa membuat saluran peredaran oli jadi tersumbat dan kinerja mesin jadi terhenti. Begitu juga pada oli yang sudah tidak dalam kondisi maksimal karena sudah lama tidak diganti. Jika sudah begitu mau tidak mau harus turun mesin agar masalah teratasi.

Oleh sebab itulah pihak pabrikan merekomendasikan untuk melakukan penggantian oli setiap 6 bulan atau 60.000 km sekali, tinggal mana yang tercapai terlebih dahulu. Dengan begitu resiko mobil turun mesin dapat diselamatkan oleh oli.

>>> Ingin Membeli Mobil Baru & Bekas? Dapatkan Daftar Lengkapnya Di Sini

Gambar ini menunjukkan pengisian oli pada ruang mesin mobil

Penggantian oli dilakukan secara berkala untuk menjaga kinerja mesin tetap prima

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang oli mesin dapat menyelamatkan resiko mobil turun mesin. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Begini Posisi Tangan Di Setir Baik Untuk Kesehatan
    Begini Posisi Tangan Di Setir Baik Untuk Kesehatan Abdul Tips & trik mobil

    Bagi pengemudi mobil, beberapa hal perlu diperhatikan supaya berkendara tetap aman dan nyaman dalam perjalanan. Salah satunya adalah posisi tangan di setir, yang mana ternyata ada posisi yang baik bagi kesehatan pengemudi.

  •  Ingin Membeli Mobil Pick Up Bekas, Ini Yang Perlu Diperhatikan
    Ingin Membeli Mobil Pick Up Bekas, Ini Yang Perlu Diperhatikan Abdul Tips & trik mobil

    Terdapat beragam jenis kendaraan yang dijual di pasaran. Apalagi mobil bekas, banyak peminat yang mencarinya dengan alasan harga lebih terjangkau. Bagi Sobat yang membutuhkan sebuah mobil untuk kebutuhan angkut barang maka jenis Pick Up solusinya. Membeli mobil Pick Up bekas juga tidak boleh sembarangan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

  • Waspada Jambret Mobil, Begini Tips Mencegahnya
    Waspada Jambret Mobil, Begini Tips Mencegahnya Abdul Tips & trik mobil

    Jambret memang meresahkan semua pengendara dan juga para pejalan kaki. Zaman dahulu penjambret akan menargetkan seseorang yang sedang berjalan kaki. Kemudian mereka yang mengendarai motor juga jadi sasaran, saat ini pengendara mobil juga perlu waspada. Sekarang jambret mobil sudah berkeliaran dengan menargetkan pengendara yang membuka kaca mobil.