Beberapa Alasan Mobil Eropa Lebih Mahal Dibandingkan Mobil Jepang

25/03/2020 Abdul Tips & trik mobil

Di Indonesia terdapat beberapa jenis mobil dan produsen asalnya ada dari Jepang, China, Eropa dan lainnya. Tapi tahukah Sobat bahwa harga mobil Eropa lebih mahal dibandingkan dengan mobil asal produsen jepang. Memang rata-rata mobil Eropa dibanderol lebih mahal.

Terdapat beberapa alasan mengapa harga mobil Eropa lebih mahal dibandingkan mobil Jepang. Meskipun begitu, tapi soal dominasi di Indonesia malah lebih banyak mobil asal Jepang. Hal tersebut disebabkan untuk harganya lebih terjangkau, mulai dari harga Rp. 100 jutaan sampai Rp. 1 miliar. Sementara untuk mobil buatan Eropa rata-rata harganya sekitar Rp. 500 jutaan sampai bermiliar-miliar.

Gambar ini menunjukkan mobil New Tiguan ALlspace tampak bagian depan

Mobil Eropa memiliki standar tinggi dan harganya lebih mahal

>>> Baca Juga, Ini Kata BMW Mengenai Kabar Harga Mobil Bekas Eropa Terjun Bebas

Berkaitan dengan hal tersebut kita ambil contoh mobil Volkswagen Tiguan Allspace yang peluncurannya dilakukan pada GIIAS 2019. Harga yang ditawarkan pada mobil tersebut adalah Rp. 598 jutaan. Sementara untuk mobil Eropa lain yakni besutan BMW dan juga Mercedes-Benz, yang mana untuk mobilnya dijual dengan harga lebih mahal. Untuk mobil termurah BMW yang berada di Indonesia adalah 320i Sport. Harganya bila dilihat dari halaman resmi BMW Group Indonesia sekitar Rp. 859 jutaan off the road dan on the road sekitar Rp. 976 jutaan.

Setelah melihat beberapa hal di atas, tentunya masih timbul rasa penasaran. Untuk lebih jelasnya, berikut alasan harga mobil Eropa lebih mahal dibandingkan  Mobil Jepang.

1. Gaji Karyawan

Hal pertama soal gaji karyawan, seperti dilansir dari Autoexpress pada 22/3/2020, bahwasanya untuk gaji para pekerja pabrik mobil di Eropa tidak kurang dari 20 Euro per jam. Apabila dikonversikan ke rupiah saat ini tanggal 23 Maret  maka sekitar Rp. 360 ribuan. Sementara di Jerma bisa lebih lagi, dilansir dari laman Statista.com, untuk gaji karyawan pabrikan mobil di jerman , gaji pada tahun 2018 perjamnya yaitu 47,8 Euro per jamnya. Jika dikonversikan ke rupiah maka mencapai 860 ribuan, bahkan bisa naik apabila jabatannya semakin tinggi.

2. Pajak

Jadi ketika mobil Eropa sampai ke Indonesia biasanya didatangkan dengan sistem CBU. Alhasil ada beberapa pajak yang dibebankan dibandingkan mobil produk lokal. Adapun contoh beberapa pajak yang masuk pada mobil adalah PPh pasal 22 minimal 10%, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dengan kisaran 10% sampai 125% (tergantung spesifikasi mobil), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) impor sebesar 10% dan Bea Masuk hingga 50%.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang merakit mobil BMW

Perakitan mobil BMW oleh karyawan

>>> Baca Juga, Berikut Alasan Pilih Mobil SUV Ala Mercedes-Benz, Sangat Menarik

3. Nilai mata Uang

Alasan harga mobil Eropa lebih mahal dibandingkan mobil Jepang selanjutnya adalah dari segi nilai  mata uang. Di Eropa telah diterapkan standar mata uang yang berupa EURO. Walaupun tidak menjadi mata uang tertinggi, namun kurs EURO ke rupiah tergolong tinggi. Bahkan untuk saat ini 1 EURO berada pada kisaran Rp. 16 ribuan. Bisa saja untuk harga di Eropa termasuk murah, namun kalau di Indonesia tergolong mahal.

4. Kualitas Kendaraan

Untuk kendaraan, kriteria kualitas yang dimiliki dapat meliputi desain, mesin , material sampai fitur yang disematkan di dalamnya. Apabila dilihat secara menyeluruh, mobil Eropa dibandingkan mobil lain kualitasnya lebih tinggi. Hal tersebut dapat dimaklumi, mengingat sasaran mobil Eropa untuk masyarakat Indonesia adalah kelas menengah ke atas. Oleh sebab itulah mobilnya tidak asal-asalan dan kualitasnya mumpuni.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan interior mobil Mercedes-Benz

Fitur mobil Eropa lebih mumpuni

5. Merek

Adapun yang terakhir alasan harga mobil Eropa lebih mahal dibandingkan mobil Jepang adalah reputasi mereknya. Alhasil nilai jualnya lebih unggul dibandingkan lainnya, seperti yang sudah diketahui bahwa orang yang membeli mobil Eropa perlu merogoh kocek lebih dalam. Beberapa brand mobil Eropa meliputi Rolls Royce, Bentley, Land Rover Jaguar, Audi, BMW dan Mercedes-Benz.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International