Beberapa Alasan Kenapa Perlu Hindari Beli Mobil Bekas Modifikasi

16/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Saat ingin membeli mobil bekas tentunya banyak yang menginginkan komponen di dalamnya adalah orisinil atau asli pabrikan. Bahkan mobil bekas masih standar memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan mobil bekas modifikasi. Kenapa bisa begitu, apa alasannya?

Kebanyakan pemilik mobil akan melakukan modifikasi, mulai menambahkan aksesoris atau melakukan penggantian part kendaraan. Hal tersebut sah-sah saja, karena memang milik sendiri. Hanya saja ada resiko yang ditanggungnya seperti penurunan harga jual. Bagi orang yang memperhatikan benar mobilnya, maka part asli yang diganti akan disimpan dan saat ingin menjual bisa dipasangkan kembali. Namun jika ternyata part asli tidak ada atau hilang maka mobil bekas modifikasi akan mengalami penurunan harga.

Melihat hal tersebut, sebenarnya apakah penting orisinalitas mobil bekas saat ingin membeli? Kita lihat beberapa fakta di bawah ini yang kami jelaskan.

1. Sulitnya Mencari Spare Part Yang Asli

Gambar ini menunjukkan toko aksesoris mobil dan terdapat seseorang didepannya

Membeli sparepart mobil asli keluaran lama tergolong sulit

Sebenarnya jika suku cadang yang ori disimpan dan saat akan menjualnya bisa diikut sertakan tidak masalah. Namun ketika spare part aslinya telah hilang dan pembeli menginginkannya maka akan sangat merepotkan. Apalagi untuk mendapatkan sparepart original tidaklah mudah.

Untuk mendapatkan spare part original itu tidak mudah, apalagi mobil bekas sudah berumur lama seperti di bawah tahun 2000. Tapi jika berniat mencarinya bisa mencoba hunting ke toko-toko otomotif mobil baik melalui offline ataupun online. Akan tetapi yang menjadi catatan adalah soal harganya yang umumnya lebih mahal karena barangnya emang langka. Bila ingin harga yang murah bisa mencari sparepart kampakan di tempat loakan.

>>> Baca Juga, Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi

2. Melakukan Modifikasi Di Bagian Krusial

Gambar ini menunjukkan mesin mobil yang telah dilakukan krom

Mesin yang sudah dimodifikasi biasanya merubah performa kendaraan

Soal mobil bekas modifikasi, apabila yang dilakukan ubahan tergolong standar seperti pelek dan juga tambahan bodykit saja itu tidak terlalu masalah. Akan tetapi berbeda apabila untuk modifikasi yang dilakukan adalah sistem kelistrikan dan juga bagian mesinnya. Jadi bagi Sobat yang ingin membeli mobil bekas namun sudah dimodifikasi, pastikan bahwa perubahan hanya bersifat kosmetik saja dan untuk performa tidak ada perubahan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Harga Jual Mobil Sudah Tidak Standar Lagi

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil untuk dilakukan modifikasi yang cukup ekstrim

Soal harga jual kadang ada yang mengikutkan modifikasi sehingga lebih mahal

Saat melakukan modifikasi pada mobilnya biasanya akan ada pengeluaran biaya untuk membeli tambahan atau penggantian parts. Sehingga kadang pemilik menghitung biaya untuk modifikasi saat menjualnya. Alhasil harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan harga pasaran. Tentunya hal tersebut tidak masalah saat calon pembeli menyukai dengan modifikasi yang dilakukan, tapi berbeda dengan calon pembeli yang ingin kendaraan dalam kondisi aslinya, tentu akan mengurungkan niatnya dan mencari yang lain.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Beberapa Fungsi Pada Mobil Melenceng Dari Standarnya

Gambar ini menunjukkan mobil modifikasi dengan warna hijau dan beberapa bagian lain

Modifikasi ekstrim bisa mengalami perubahab fungsi

Pada mobil bekas modifikasi yang satu ini tergolong ekstrim. Yang mana dari segi fungsi terbilang melenceng dari semestinya. Contohnya adalah ketika membeli sebuah kendaraan jenis sedan dengan 4 pintu. Untuk standarnya mobil dapat dinaiki oleh 4 sampai 5 orang, akan tetapi ketika dilakukan modifikasi yang terlalu ekstrim seperti penambahan audio yang berlebih sehingga kursi di bagian belakang dihilangkan. Sehingga mobil bekas tersebut hanya mampu menampung 2 orang sehingga tidak bisa dipakai sekeluarga bila sudah punya sang buah hati.

5. Terdapat Kemungkinan Menyalahi Peraturan Yang Telah Ditetapkan

Resiko membeli mobil bekas modifikasi salah satunya adalah menyalahi aturan kepolisian. Jadi selain beresiko fungsi yang seharusnya berubah, bisa juga terjadi perubahan bentuk, warna dan juga peranti tertentu. Bahkan ada juga yang sampai bagian mesin ikut dilakukan modifikasi.

Jadi ketika ingin membeli mobil bekas pastikan tidak ada yang menyalahi aturan untuk ubahan yang dilakukan. Hal tersebut dikarenakan akan terjadi masalah saat melakukan pengurusan surat-surat. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa faktor tidak disarankan membeli mobil bekas modifikasi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca