Beberapa Aksesoris Musim Hujan Yang Bisa Disiapkan Pada Mobil

20/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Musim silih berganti dari kemarau sampai ke musim penghujan. Namun yang perlu diperhatikan adalah tetap selalu berhati-hati saat mengemudikan mobil dalam segala cuaca yang sedang terjadi. Mengingat saat musim penghujan pengendara dituntut untuk lebih waspada. Bahkan aksesoris musim hujan juga bisa disematkan pada mobil.

Aksesoris musim hujan yang diberikan pada kendaraan dapat memberikan perlindungan pada kendaraan. Beberapa hal di jalan dapat diatasi dari mulai guyuran air hujan dan genangan air di jalanan dan masih banyak lagi.

Gambar ini menunjukkan tempat parkir tergenang air dan terdapat beberapa mobil

Mobil perlu lebih diperhatikan saat musim hujan

Kewaspadaan terhadap jalan juga perlu ditingkatkan, mengingat jalanan yang sedang dilewati akan licin ketika musim penghujan. Apalagi saat melewati genangan air, resiko terjadinya aquaplaning juga bertambah besar. Selain itu, memastikan komponen-komponen bekerja dengan baik juga diperlukan, seperti wiper, lampu dan juga ketebalan ban mobil.

Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa aksesoris musim hujan yang perlu dipersiapkan.

>>> Baca juga, Ingin Kinerja Wiper Maksimal Saat Hujan, Lakukan Hal ini

1. Door Visor (Talang Air)

Door visor terletak di atas jendela mobil dan menjadi salah satu komponen yang cukup penting di musim hujan. Memang pada beberapa mobil telah diberikan aksesoris tersebut sebagai fitur standar. Namun bagi yang tidak bisa menambahkannya dengan membeli di toko aksesoris mobil. Dengan adanya door visor dapat memberikan sirkulasi udara di jendela mobil sehingga resiko munculnya embun pada kaca dapat diminimalisir.

Gambar ini menunjukkan door visor pada mobil

Saat hujan fungsi door visor sangat penting

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

2. Floormate

Floormate atau karpet mobil merupakan aksesoris yang bisa diberikan pada kendaraan, apalagi saat musim penghujan. Untuk material bahan yang digunakan adalah plastik. Jadi pada saat dalam kondisi hujan deras maka area parkir dan permukaan jalan akan basah, tentunya hal ini kurang begitu memberikan suasana baik terutama bagi pengendara mobil.  Hal tersebut disebabkan, saat ingin masuk ke dalam mobil bisa membuat karpet mobil basah dan juga kotor, apalagi bila memakai karpet bulu.

Bahkan tanah, kotoran dan air bisa menempel di sepatu sehingga saat masuk ke mobil membuat karpet jadi kotor. Dengan penggunaan floormate maka karpet akan lebih awet, ditambah lagi floormate merupakan aksesoris yang mudah dibersihkan, jadi karpet bawaan mobil akan tetap aman.

Gambar ini menunjukkan karpet mobil tambahan

Karpet tambahan menjaga karpet bawaan tetap bersih

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Mud Guard

Aksesoris musim hujan yang terakhir adalah Mud Guard. Adapun fungsinya adalah untuk melindungi bodi mobil dari lumpur dan kotoran ketika sedang melintasi genangan air yang terdapat di jalanan. Memang untuk aksesoris jenis ini banyak peminatnya dari dulu sampai sekarang.

Jadi ketika melintasi genangan air maka kotoran atau tanah akan mengenai Mud Guard. Meskipun kadang ada yang masih mengenai bodi, setidaknya tidak terlalu banyak sehingga mudah dibersihkan. Biasanya mobil ini ditempatkan di dekat setiap roda pada mobil.

Gambar ini menunjukkan mud guard di belakang roda mobil

Mud Guard menjadi aksesoris yang paling banyak diminati saat musim hujan

Beberapa aksesoris yang telah disebutkan dapat mendukung perjalanan selama musim penghujan. Apalagi bagi Sobat yang sering bepergian setiap hari untuk beraktifitas seperti pergi ke kantor atau karena kegiatan lainnya. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa aksesoris musim hujan yang bisa dipasangkan pada kendaraan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International