Banyak Yang Belum Tahu, Mengenal Fungsi Kabel Grounding Mobil

Mobil memiliki banyak komponen didalamnya. Bahkan tiap bagian kendaraan terdiri dari banyak komponen yang membuat kinerjanya bisa maksimal. Salah satu bagian kendaraan yang akan kita bahas kali ini adalah fungsi kabel grounding.

Fungsi Kabel grounding mobil secara umum adalah untuk membuat arus listrik terjaga keamanannya. Tidak dipungkiri, mobil mempunyai banyak istilah yang kadang tidak semua orang mengetahuinya. Seperti kabel yang kita bahas kali ini. Memang istilah tersebut sudah jarang terdengar, padahal kalau melihat dari fungsinya berhubungan dengan kelistrikan terbilang penting.

Gambar ini menunjukkan kabel grounding warna merah

Kabel grounding mempunyai berhubungan dengan sistem kelistrikan kendaraan

>>> Baca Juga, Resiko Kabel Terbuka, Begini Tips Cegah Tikus Di Dalam Kap Mesin Mobil

Kabel grounding mobil juga ikut ambil bagian dalam menjaga konsistensi listrik dan kestabilannya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsinya yang dilansir dari laman Auto2000.

Fungsi Kabel Grounding

1. Arus Listrik Terjaga Kestabilannya

Dengan adanya kabel grounding mobil membuat arus listrik jadi stabil. Jika melihat sistem kelistrikan kendaraan terbilang kompleks. Jika membahas tentang mobil lama, dari segi kondisinya tentu sudah tidak maksimal. Nah sistem grounding dibutuhkan pada kendaraan tersebut. Sangat berbeda dengan mobil terbaru yang sudah mendapatkan teknologi modern dan mumpuni. Soal kelistrikan sudah bukan hal yang bisa menyebabkan masalah asal menjaganya dengan baik.

Jadi pada mobil lama yang memakai kabel grounding mobil bisa membuat arus listriknya jadi lebih stabil sehingga membuat masalah yang biasanya muncul dalam sistem kelistrikan akan hilang. Dengan begitu performa mobil jadi lebih mumpuni karena kinerja sistem kelistrikan yang optimal dan menambah kenyamanan selama berkendara.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Corolla

Arus listrik tetap terjaga dengan penggunaan kabel grounding

>>> Baca Juga, Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin

2. Dapat Dicek Dengan Mudah

Fungsi kabel grounding mobil selanjutnya adalah  membuat proses lebih mudah dalam mengeceknya. Jadi terdapat negative battery pada sistem kerja dari kabel tersebut. Bahkan untuk melihat keadaan battery maka pengecekan perlu dilakukan secara rutin. Dalam prosesnya menggunakan alat tes aki sehingga cukup khusus. Kemudian untuk lokasinya berada di dekat rumah aki mobil dengan kepala negative yang ditempatkan condong ke belakang dan mempunyai sudut yang sempit. Meskipun begitu pengecekan dapat dilakukan dengan cukup mudah berkat adanya kabel grounding.

Secara keseluruhan proses pengecekan sistem kelistrikan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Namun saat proses pengecekan diharapkan berhati-hati supaya tidak mengalami masalah korsleting yang membuatnya jadi buruk.

Berkat penggunaan kabel grounding mobil maka untuk keamanan bisa mengalami peningkatan. Hal tersebut disebabkan untuk posisi kepala positif yang dimiliki aki dan juga posisi kabel grounding ditempatkan pada area terbuka serta tidak ada komponen lain yang menghalangi.

Gambar ini menunjukkan mesin Honda Brio dengan kabel Grounding warna biru

Pengecekan jika ada masalah juga dapat dilakukan dengan lebih mudah

Ketika telah mengetahui fungsi kabel grounding mobil pada mobil membuat sistem kelistrikan jadi lebih baik, terutama pada mobil keluaran lama. Dengan adanya komponen tersebut membuat sistem kelistrikan kondisinya terjaga sehingga komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan juga akan bekerja dengan optimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik mobil lainnya!

FAQ umum

1. Kabel grounding mobil untuk apa?

Fungsi kabel grounding mobil:

  • Untuk membuat arus listrik terjaga keamanannya;
  • Ikut ambil bagian dalam menjaga konsistensi listrik dan kestabilannya;
  • Membuat proses lebih mudah dalam mengeceknya.

2. Kabel grounding dipasang dimana?

Cara pasang kabel grounding mobil:

  • Dari kutub negatif aki kabel ground dipasangkan pada body mobil;
  • Dari kutub negatif aki kabel ground dipasangkan pada ECU mobil;
  • Dari kutub negatif aki kabel ground dipasangkan pada throttle mobil.

3. Berapa ukuran minimal kabel grounding?

Ukuran minimal kabel grounding mobil adalah 50 mm

4. Apa yang dimaksud kabel massa?

Kabel masa adalah yaitu yang menghubungkan pesawat las dengan benda kerja

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International