Bagaimana Mengurus Proses Balik Nama Mobil?

23/11/2017 Adrian Suherman Tips & trik mobil

Membeli mobil bekas tidak lagi masalah, asalkan bisa berkendara dengan nyaman bersama keluarga. Namun, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan saat membeli mobil bekas.

Salah satunya, jika Anda membeli mobil bekas maka harus meminjam KTP pemilik mobil pada saat membayar pajak karena nama pemilik yang tertulis masih nama penjual atau pemilik awal. Untuk menghindarinya, Anda perlu membuat proses balik nama mobil.

Namun, proses ini pula bagi sebagian orang memang memiliki biaya yang mahal. Tapi daripada harus repot bolak-balik meminjam KTP pemilik mobil awal maka akan lebih baik melakukan balik nama karena nantinya nama pemiliknya akan secara sah berganti menjadi nama Anda bukan?

Agar lebih mudah dalam melakukan proses balik nama tersebut, Anda harus mengikuti langkah langkah di bawah ini:

Dokumen yang harus dipersiapkan

seorang sedang memegang sebuah dokumen surat ketetapan pajak daerah ditutupi dengan plastik

Anda harus menyiapkan semua dokumen yang diperlukan

Sebelum Anda bepergian ke samsat, lebih baik Anda harus menyiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk mengurus balik nama yang berupa:

-KTP asli dan fotokopi pemilik mobil Anda saat ini

-BPKB asli dan fotokopianya

-STNK asli dan fotokopiannya

-Bukti pembelian (kuitansi) mobil yang telah disertai materai Rp 6.000

Cara mengurus balik nama mobil 2017

1. Jangan lupa untuk membawa mobil Anda karena setibanya di Samsat, Anda langsung menuju lokasi Cek Fisik. Tidak usah bingung, di sana akan diarahkan secara jelas oleh petugas sehingga Anda hanya perlu mengikuti arahannya.

2. Setelah Anda memarkirkan mobil di lajur Cek Fisik dan membuka kapnya, petugas membawa formulir dan melakukan pengecekan fisik mobil, meliputi nomor rangka dan nomor mesin mobil dengan cara menggosokkan stiker.

banyak orang sedang duduk untuk mengawasi banyak staf bekerja dalam sebuah booth samsat

 Petugas membawa formulir dan melakukan pengecekan fisik mobil

3. Setelah mobil Anda selesai dicek fisiknya oleh petugas, Anda diberi formulir. Formulir itu, Anda isi data sesuai data mobil di STNK.

4. Formulir yang sudah diisi data dengan lengkap diserahkan kepada petugas yang ada di loket beserta STNK asli. Setelah itu, tunggu nama Anda dipanggil oleh petugas (nama yang dipanggil adalah nama yang tertulis di STNK)

5. Setelah selesai diproses oleh petugas, Anda akan dipanggil untuk diminta mengumpulkan berkas-berkas, meliputi: formulir cek fisik, STNK asli, fotokopi STNK, fotokopi BPKB, fotokopi KTP pemilik baru, dan Kuitansi ke Gedung Utama yang ada di Samsat.

banyak orang sedang menunggu jika melakukan proses membalik nama mobil

Kemudian Anda akan diminta untuk menyerahkan BPKB

6. Kemudian Anda akan diminta untuk menyerahkan BPKB asli dan kembali menunggu panggilan petugas (kali ini akan dipanggil dengan nama panggilan pemilik baru).

7. Setelah menyerahkan BPKB asli, Anda akan diberikan kembali formulir baru untuk diserahkan ke loket yang lain (sesuai perintah petugas dari loket yang satunya lagi)

8. Ketika sudah dipanggil ke loket yang lain, Anda akan mengembalikan formulir ke loket awal serta juga akan diberikan tagihan biaya administrasi balik nama.

>>> Baca juga: Periksa Kelengkapan Dokumen Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas

9. Jumlah pembayaran tagihan dibayarkan sesuai jumlah yang ada dilembar tagihan, juga sekalian Anda akan membayar pajak jika pajak kendaraan yang balik nama belum dibayarkan.

10. Setelah pembayaran tagihan balik nama diselesaikan, STNK dengan nama pemilik baru akan dikembalikan dan Anda juga harus mengurus BPKB asli dengan nama baru ke Polda setempat. Jangan lupa juga untuk menyimpan bukti pelunasan yang sudah dicap resmi guna kebutuhan di masa mendatang.

Secara umum, begitulah deskripsi cara balik nama mobil Anda. Anda bisa kok melakukannya sendiri tanpa harus melalui pihak ketiga. Anda pasti bisa kok. Selamat mencoba!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International