Awas Mobil Nyelonong Di Turunan, Begini Cara Pencegahannya

22/03/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mengemudi mobil memang akan terasa nyaman saat sudah terbiasa. Namun bagi para pemula tentu akan berbeda, terutama saat melewati jalanan menanjak ataupun menurun. Salah satu hal yang ditakutkan adalah mobil nyelonong di turunan.

Supaya tidak terjadi mobil nyelonong di turunan perlu mengetahui beberapa trik. Bagi yang baru belajar atau pemula bisa mengajak teman atau saudara yang sudah mahir untuk memberikan pengarahan saat melintasi turunan dan tanjakan. Pasalnya jika jalan menurun dan tidak diatur lajunya bisa tidak terkendali.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil melaju di jalan menurun dan membelok

Keahlian mengemudi akan sangat penting saat melewati jalan menanjak dan menurun

Jadi memang terdapat tips dan trik yang aman saat melintasi jalanan yang menurun. Tidak boleh asal-asalan karena dengan pengaturan yang tepat seperti pada transmisi mobil bisa membuat lebih aman baik diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Berikut ini beberapa tips supaya dapat terhindar dari mobil nyelonong di turunan berdasarkan transmisi pada mobil.

1. Mobil Dengan Transmisi Manual

Antara mobil manual dan matik perlakuannya berbeda, pembahasan pertama mengenai mobil transmisi manual. Pada kendaraan dengan transmisi manual, saat melintasi jalanan menurun gunakanlah gigi yang rendah seperti gigi 3 saat turunannya tidak curam dan 2 kalau panjang dan juga curam.

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi mobil manual

Transmisi manual akan membutuhkan pergerakan tangan lebih banyak saat mengemudi

>>> Baca Juga, Mengetahui Perbedaan Antara Oli Mobil Manual dan Matic Supaya Tidak Keliru

Dengan melakukan hal tersebut diharapkan dapat mengalami efek engine brake dan putaran mesin bisa tertahan sehingga mobil tidak melaju dengan cepat. Apalagi saat jalanan sedang kosong, kadang bisa membuat pengemudi terlena dan memasukkan gigi 4 atau 5. Jika pada posisi gigi tersebut maka laju mobil akan lebih kencang dibandingkan memakai gigi 2 atau 3. Jadi bila menggunakan gigi tinggi maka efek pengereman mesin tidak ada dan mobil akan meluncur dengan liar dan cukup membahayakan.

2. Mobil Dengan Transmisi Otomatis

Tips selanjutnya supaya tidak terjadi mobil nyelonong di turunan untuk yang menggunakan transmisi otomatis. Kalau segi cara sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil transmisi manual. Hanya saja tuas transmisi dipindahkan pada posisi D2 atau D3 dari posisi D. Akan tetapi bila melihat dari karakter transmisinya maka untuk mengail engine brake akan lebih sulit, oleh sebab itulah lebih baik memposisikan transmisi di D2.

Jadi ketika transmisi berada pada posisi D2 maka gigi akan otomatis berada pada 1 dan 2, tidak akan naik sampai ke 3. Apalagi saat keadaan mendesak dan melintasi turunan tajam maka bisa menggeser tuas ke posisi D1, dengan begitu posisi gigi tidak akan berpindah ke gigi 2. Sehingga laju mobil akan tertahan dan potensi mobil meluncur dapat dihindari. Untuk mengembalikan laju mobil kembali normal bisa memindahkannya kembali tuas transmisi ke posisi D.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi mobil matic

Mobil transmisi otomatis akan memanjakan para penggunanya

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mendeteksi Kerusakan Kopling Mobil Dengan Cara Sederhana

Pada tuas D ini memang tidak ada efek engine brake yang membuat mobil melaju lebih cepat saat melintasi jalanan menurun. Sehingga potensi mobil nyelonong di turunan bisa saja terjadi.

3. Mobil Dengan Transmisi CVT

Selanjutnya adalah pada transmisi CVT, yang mana tidak akan ditemukan pilihan D1, D2 ataupun D3. Dengan begitu agar mobil tidak meluncur maka perlu keahlian dalam melakukan pengereman. Namun apabila Sobat dirasa sudah tidak sanggup dalam menahan lajunya bisa melakukan perpindahan ke posisi M atau manual.

Jika ingin mendapatkan efek engine brake bisa dengan menurunkan gigi menuju ke posisi yang diinginkan dengan mendorong transmisi menuju posisi minus (-).

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi CVT pada mobil

Transmisi CVT lebih modern dengan kemudahan pengoperasian tuas transmisi yang ditawarkan

Dengan mengetahui tata caranya maka akan terhindar dari mobil nyelonong di turunan. Jadi pahami dahulu mobil yang dimiliki, terutama transmisinya. Belajar melakukan engine brake juga diperlukan supaya saat dibutuhkan bisa langsung melakukannya. Belajarlah dengan ahlinya agar lebih paham dan benar cara melakukan engine brake dan lebih tenang saat melewati turunan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca