Awas Kaca Film Palsu, Ini Yang Perlu Diperhatikan

27/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Kaca film palsu tentunya mempunyai kualitas yang beda jauh dengan aslinya. Oleh sebab itu pengecekan harus dilakukan saat membeli supaya tidak mendapatkannya. Dari segi fungsinya tentu akan lebih maksimal menggunakan kaca film yang asli.

Kaca film untuk mobil saat ini banyak di pasaran. Terdapat banyak jenis dengan beragam harga dan spesifikasi yang ditawarkan. Pada saat pemilihan dilakukan dengan baik dan benar maka kenyamanan selama berkendara akan didapatkan karena suhu kabisn dan visibilitas berkendara terjaga dengan baik. Namun yang perlu diperhatikan, bahwa ada juga kaca film palsu.

Gambar ini menunjukkan pemasangan kaca film mobil

Hati-hati kaca film palsu

Kaca film yang tidak asli umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah. Supaya tidak salah dalam pemilihan, seseorang perlu mengetahui ciri-ciriknya. Berikut ini cara pengecekan kaca fiam yang dilansir dari laman Cintamobil.com.

>>> Lihat Juga, Pertimbangan Sebelum Memasang Kaca Film Mobil

1. Melihat Logo Dan Cetakan Kaca Filem

Adapun bagian pertama yang perlu diperhatikan untuk memastikan kaca filmnya asli yaitu pada bagian cetakan logo. Jadi saat nampak kurang rapi pada cetakan logonya sebaiknya hindari. Adapun contohnya adalah tinta terlalu tebal dan ada tinta yang meluber.

Umumnya penggunaan logo yang mempunyai tinta tebal bisa menjadikan permukann kaca film bergelombang. Apabila hal tersebut terjadi maka ketika terkena sinar lampu saat malam hari akan terpecah. Jadi pilihlah kaca film yang mempunyai cetakan logo rapih dan tintanya tipis.

>>> Baca juga, Beberapa Tanda Kaca Film Mobil Perlu Diganti Dan Perawatannya

2. Memperhatikan Ketebalan Kaca Film

Gambar ini menunjukkan mobil dengan kaca film

Memasang kaca film mobil miliki banyak manfaat

Adapun hal yang perlu diperhatikan selanjutnya supaya tidak mendapatkan kaca film palsu adalah ketebalannya. Dalam membedakannya dapat dilihat dari ketebalan kaca. Biasanya mempunyai ketebalan 1,5 - 1,7 mikron untuk kaca film yang dapat menahan panas. Apabila ukurannya ternyata di bawah angka tersebut maka sebaiknya menghindarinya. Tidak dipungkiri bahwa kaca film memang ukurannya tipis, meskipun begitu walaupun tipis tapi teksturnya kaku. Sementara untuk produk yang palsu biasanya lentur dan juga sangat tipis.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Memperhatikan Warna Dari Kaca Film

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan supaya mendapatkan kaca film asli dan berkualitas adalah warnanya. Untuk warna kaca film asli biasanya akan bertahan lama, namun untuk yang palsu memiliki kualitas seadanya dan perubahan akan terjadi seiring penggunaan. Di Indonesia yang merupakan negara tropis umumnya perubahan akan terjadi dalam 2 sampai 3 bulanan.

Gambar ini menunjukkan beberapa kaca film dengan beragam merek

Terdapat beragam jenis dan merek kaca film mobil

4. Harga Yang Ditawarkan

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, bahwa ada rupa ada harga. Barang dengan kualitas yang sangat baik harganya akan lebih mahal. Begitupun berlaku pada sebagai besar sparepart pada kendaraan. Bahkan kaca film juga sama, saat harganya mahal tentu kualitasnya sangatlah baik. Biasanya kaca film yang asli dan melalui distributor resmi saat masuk ke Indonesia  mempunyai harga yang jelas karena sudah disesuaikan dengan standar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

5. Memiliki Garansi

Adapun mengenai kaca film palsu biasanya tidak ada garansi yang diberikan. Kalaupun ada hanya dari pihak penjual dan hanya beberapa hari. Untuk kaca film asli biasanya akan terdapat kartu garansi resmi. Supaya aman sobat bisa melakukan pembelian kaca film di diler resmi yang telah terdaftar, dengan begitu nantinya urusan purna jual akan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Gambar ini menunjukkan kartu garansi dari Autofilm

Garansi meyakinkan pembeli bahwa produknya berkualitas

6. Melakukan Pengetesan Dengan Termometer

Adapun hal terakhir yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan supaya tidak mendapatkan kaca film palsu adalah dengan tes menggunakan termometer. Adapun caranya adalah dengan menjemur mobil dalam beberapa saat di bawah sinar matahari langsung. Setelah itu tes menggunakan termometer, apabila ternyata suhunya sangat tinggi maka bisa mencurigainya sebagai kaca film yang tidak asli.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International