Apakah Kebiasaan Putar Kemudi Sampai Pol Berbahaya? Ini Penjelasannya

21/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Memaksakan putar kemudi sampai pol tidak boleh dilakukan oleh pengemudi. Biasanya hal tersebut dilakukan saat melakukan putar balik. Sebenarnya tidak masalah jika tidak dilakukan terlalu sering.

Terdapat info terkait pengemudi yang tidak boleh putar kemudi sampai pol atau mentok. Bagi mobil yang sudah menggunakan Power Steering hidrolik tidak boleh melakukannya karena beresiko membuat komponen setir mengalami kerusakan. Umumnya hal tersebut dilakukan oleh pengemudi ketika melakukan putar balik.

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil Toyota

Kemudi mobil yang menggunakan power steering hidrolik perlu waspada

>>> Baca Juga, Beberapa Masalah Pada Sistem Kemudi Mobil Yang Perlu Diwaspadai

Jadi pada saat Power Steering mentok akan membuat tekanan oli Power Steering posisinya akan tinggi yang membuat naiknya temperatur. Pada saat hal tersebut terjadi maka komponen Power Steering yang terbuat dari bahan karen menjadi bahaya, contohnya adalah seal pompa.

Berkaitan dengan hal tersebut seperti diungkapkan oleh Danang Wiratmoko selaku Product Planning PT SGMW (Wuling) Motors Indonesia dilansir dari laman kumparan. "Steering sudah mentok itu kan tekanan pompa power steering-nya paling besar, nah risikonya seal bocor karena tekanannya itu."

Fungsi Dari oli Power Steering tidak hanya sebagai pelumas saja, akan tetapi juga bertugas untuk menjadi penyalur fluida hidrolik (tenaga) ke steering rack dari pompa Power Steering. Dengan begitu saat berbelok dapat dilakukan dengan mudah.

Masih terkait soal putar kemudi sampai pol. Pada saat seal mengalami kebocoran biasanya tidak akan muncul gejala, namun akan terlihat adanya rembesan oli Power Steering yang biasanya mempunyai warna merah muda tampak dari bagian kolong di tie rod dan komponen rack. Jika oli habis maka akan muncul suara mendengung ketika kemudi dibelokkan dan akan membuat feeling terasa lebih berat dari biasanya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan tangan memegang kemudi mobil untuk dibelokkan

Setelah putar kemudi mobil sampai pentok ada yang perlu diperiksa

>>> Lihat Juga, Tips Mudah Merawat Power Steering Supaya Tetap Nyaman

"Karena tekanan di dalam piping (pressure line untuk menyalurkan tenaga) tidak tercapai. Hidroliknya enggak berfungsi," tambah Danang.

Oleh sebab itu komponen Power Steering perlu dijaga kondisinya supaya bisa lebih awet. Salah satunya dengan tidak putar kemudi sampai pol. Jika terlanjur melakukannya dapat melakukan putar balik kemudi agar tekanannya turun..

Lakukan pengecekan pula tabung reservoir untuk mengetahui volume oli Power Steering. Jika diperlukan lihat bagian kolong apakah terjadi rembesan pada bagian tie rod. Karena jika ternyata ada masalah dan dibiarkan maka bisa membuat komponen lain juga mengalami kerusakan.

"Intinya mutar setir mobil sampai mentok pun sebenarnya tidak berakibat buruk jika kejadiannya normal (tidak sering), dan sistem yang terlibat dalam kondisi sehat," tutup Danang.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang polisi mengatur mobil putar balik

Putar kemudi sampai mentok tidak apa-apa asal tidak terlalu sering dilakukan

Itulah informasi mengenai putar kemudi sampai pol atau mentok. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sobat semua serta bisa menggugah pemilik untuk menjaga mobil yang dimiliki.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International