Apakah Benar Mobil Matic Boros Bahan Bakar?

18/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ada kabar beredar bahwa mobil matic boros bahan bakar. Apakah hal tersebut benar atau hanya isu belakang atau karena ada masalah pada komponennya. Kali ini kami akan membahas hal tersebut semoga bisa memberikan informasi buat Sobat semua.

Popularitas mobil saat ini mengalami peningkatan. Banyak yang berkeinginan membeli mobil karena kenyamanan yang ditawarkan, selain itu persaingan antar produsen membuat banyak mobil baru. Hasilnya banyak mobil bekas yang semakin dilirik masyarakat dengan budget minim tapi ingin sebuah kendaraan. Dikabarkan bahwa mobil matic boros bahan bakar, apakah itu benar?

Gambar ini menunjukkan mobil melaju di jalan daerah pegunungan

Ada anggapan mobil matic boros bahan bakar

>>> Lihat Juga, Kampas Rem Mobil Matic Lebih Cepat Habis, Jangan Kaget Ini Alasannya

Dengan adanya kabar tersebut bisa membuat pamor mobil matic sedikit menurun. Padahal dari segi keunggulannya mobil jenis ini mudah dioperasikan. Namun disarankan sebelum mengklaim sesuatu yang belum tentu benar, lebih baik mencari kebenarannya terlebih dahulu.

Berkaitan dengan kabar mobil matic boros bahan bakar dijelaskan oleh Aji Prima Barus Nurcahya selaku Training Development, Section Head PT ADM (Astra Daihatsu Motor). Pihaknya menjelaskan bahwa anggapan terkait mobil matic yang bahan bakarnya boros merupakan pendapat yang keliru.

"Ada paradigma yang mengatakan mobil matic itu boros. Tapi itu tidak benar. (Boros tidaknya itu) bergantung dari penggunaan sendiri," buka Aji pada saat berada dalam diskusi bertema 'Tips & Trik Penggunaan Transmisi AT' yang digelar secara virtual pada 15/9/2020.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan panel instrumen pada mobil

Untuk mengetahui keefisiensi bahan bakar bisa melalui indicator Economic

>>> Langkah Tepat Mengatasi Rem Mobil Matic Blong Di Jalan Menurun atau Datar

Pihak Aji menambahkan soal anggapan mobil matic boros bahan bakar, bahwasanya terdapat beberapa tips untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang efisien dapat dilakukan oleh pengendara mobil transmisi otomatis. Adapun tahapan pertama adalah menempatkan tuas pada posisi D ketika berkendara.

Kemudian saat mobil berjalan usahakan tetap stabil kecepatannya. Untuk kecepatan yang disarankan adalah rpm atau putaran mesin berada pada kisaran 2.000 sampai 3.000 rpm. Dengan putaran mesin konstan maka bisa membuat bahan bakar jadi hemat.

Namun ternyata ada cara yang lebih gampang untuk melakukannya yakni dengan memperhatikan bagian indicator Economic Driving.

"Kalau (panel instrumennya) sudah muncul lambang ECO indicator, maka Anda sedang berkendara di kondisi efisien bahan bakar," ujarnya lagi.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang tuas transmisi mobil matic

Bahan bakar mobil matic bisa lebih efisien dengan perilaku berkendara dengan baik

Tidak hanya itu saja, agar dapat tercapai bahan bakar yang efisien maka perilaku berkendara perlu diperhatikan dengan baik saat mengemudikan mobil matic. Untuk teknisnya pihak AJi menyebutkan yaitu dengan menjaga kecepatan mobil tetap stabil, tidak di gas mendadak, tidak dihentak dan menjaga kecepatan dalam rpm 2.000 sampai 3.000 rpm.

Itulah informasi mengenai benarkah anggapan mobil matic boros bahan bakar itu benar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International