Apa Perbedaan Marka Putih Dan Kuning? Ini Penjelasannya

19/05/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mengemudi mobil perlu mematuhi aturan yang telah diberikan, selain itu etika berkendara juga perlu diperhatikan. Pada segmen kali ini kami akan membahas mengenai marka jalan. Jadi marka ini adalah rambu berupa garis yang berada di tengah jalan yang meliputi garis putus-putus, tunggal ataupun ganda. Terdapat perbedaan marka putih dan kuning yang berada di jalan raya.

Memang dengan tambahan marka maka jalan akan terlihat keren. Akan tetapi tujuannya bukan seperti itu, melainkan mempunyai maksud yang beragam sesuai bentuk garis dan warnanya. Bahkan ada perbedaan marka putih dan kuning di jalan raya, terdapat maksut sendiri sendiri.

Pengertian Garis Marka

Jika melihat dari Permenhub ( Peraturan Menteri Perhubungan) pada Nomor PM 34 Tahun 2014 maka akan dijelaskan mengenai marka jalan. Jadi dari pihak pemerintahan membagi marka yang berada di jalan dengan beberapa kategori yang meliputi marka kotak, marka serong, marka lambing, marka melintang, marka membujur dan yang lain. Sementara untuk marka yang berada di tengah jalan adalah marka membujur yang bertugas memisahkan jalur kiri dan kanan.

Gambar ini menunjukkan jalanan dengan marka warna putih dan kuning

Terdapat beberapa jenis marka jalan

>>> Baca Juga, Ikuti Arahan Polisi Atau Patuh Rambu-Rambu? Ini Yang Harus Dilakukan

Pada marka membujur satu ini terbagi menjadi 4 jenis yang meliputi marka putus-putus, marka utuh, marka ganda utuh dan marka ganda satu putus-putus dan satu utuh. Adapun makna dari marka tersebut yaitu :

1. Marka Utuh

Adapun fungsi dari marka ini adalah sebagai pembagi dan juga pembatas jalur. Pada umumnya terdapat pada area yang berbahaya seperti jalan yang mempunyai kontur cembung atau tikungan. Pengemudi dilarang melintasi garis seperti menyalip karena membahayakan.

2. Marka Putus-Putus

Marka jenis ini berfungsi untuk membag dan pembatas jalur. Berbeda dengan yang utuh, marka ini bisa dilintasi untuk digunakan menyalip atau mendahului kendaraan lain. Hanya saja perlu berhati-hati dan memperhatikan kendaraan dari arah berlawanan.

3. Marka Ganda Utuh

Fungsinya masih sama yakni membagi dan pembatas jalur, hanya saja adanya garis ini jadi lebih tegas. Kendaraan di jalur kiri ataupun kanan dilarang keras untuk melintasi garis ini.

4. Markan Ganda Satu Putus-Putus Dan Satu Utuh

Fungsinya sama hanya saja kendaraan di sisi marka dengan garis yang utuh tidak boleh melewati garis. Sementara untuk kendaraan di sisi marka putus-putus bisa menyalip kendaraan lain dengan tetap hati-hati.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan jalanan dengan beberapa mobil dan motor serta pembatas tengah

Mengemudi di jalan raya ada aturannya

Perbedaan Marka Putih Dan Kuning Di Jalan Raya

Tentunya para pengendara sudah pernah menemui jalan raya dengan marka berwarna kuning. Untuk warna tersebut penggunaannya baru pada tahun 2018. Adapun tujuannya hanya sebagai pembeda saja dan juga identitas. Dalam hal ini seperti dijelaskan dalam pasal 16 Ayat 2 Permenhub No.67 Tahun 2018 Tentang perubahan atas peraturan menteri perhubungan nomor pm 34 tahun 2014 Tentang marka jalan yang telah disebutkan marka membujur dengan warna kuning digunakan sebagai jalan nasional dan pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah pusat. Sedangkan untuk warna putih dipakai untuk jalan nasional dan juga selain jalan nasional.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan jalanan dengan marka tengah utuh dan putus-putus

Agar patuh terhadap marka harus mengerti fungsinya

Kalau dilihat dari sisi fungsi dan bentuknya, perbedaan marka putih dan kuning tidak ada. Untuk sanksi apabila melanggar aturan pada marka tersebut akan dikenai pidana kurungan dengan waktu paling lama 2 bulan atau denda dengan nominal paling banyak Rp. 500 ribu.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca