Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan

16/07/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mobil mempunyai beberapa bagian yang unik seperti misalnya bunyi yang muncul saat lampu sein menyala. Suara yang muncul tersebut umumnya adalah tik pada saat menyalakan lampu sein. Fungsi dari lampu sein adalah untuk memberi tanda kepada pengendara lain saat akan berbelok. Yang jadi penasaran adalah mengenai lampu sein berbunyi “tik“ saat diaktifkan.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa lampu sein merupakan salah satu bagian mobil yang masuk dalam fitur keamanan. Bagaimana tidak? Jika lampu sein mengalami masalah maka dapat beresiko terjadi tabrakan karena kurangnya komunikasi sesama pengendara. Lampu sein berbunyi “tik” saat dinyalakan dan berbunyi secara berulang-ulang sampai lampu sein dimatikan.

Gambar in menunjukkan lampu sein kiri menyala warna kuning

Lampu sein menjadi penanda saat akan membelok

>>> Baca Juga, Merawat Lampu LED Juga Diperlukan

Dalam hal ini sebagian pengemudi merasa terganggu, namun bagaimana lagi karena bunyi tersebut merupakan bawaan pabrikan. Daripada pusing, lebih baik mengetahui awal mula lampu sein mengeluarkan bunyi. Jadi sinyal belok yang berkedip pertama kali dimunculkan pada akhir tahun 1930-an. Di kala itu Buick menyematkannya pada beberapa model yang dimiliki. Jika dilihat secara tradisional, suara yang dihasilkan saat lampu sein berkedip terjadi dikarenakan panas.

Jadi untuk versi awal, pada saat pengemudi menyalakan lampu sein maka pegas bimetal akan dipanaskan dalam kendaraan, sehingga pegas menjadi bengkok dan membuatnya menyentuh logam kecil. Setelah kedua komponen tersebut terhubung dan dilewati oleh arus listrik maka lampu sein akan menyala. Ketika lampu sein dimatikan maka pegas akan kembali ke bentuk semula dengan cepat dan kembali dingin. Pada saat proses tersebut maka akan memunculkan suara “klik”.

Untuk masalah lampu sein berbunyi “Tik”, Seiring berjalannya waktu teknologi mulai berkembang dan berevolusi. Masih menggunakan trik serupa namun berbeda sistem, sistem terbarunya ini akan mengirim pulsa elektronik menuju medan elektromagnetik dengan mengandalkan chip. Ketika dinyalakan maka gulungan kawat akan ditarik oleh elektromagnetik kemudian arus yang berfungsi menyalakan cahaya lampu akan diputus.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan tuas lampu sein pada mobil

Saat lampu sein dinyalakan akan terdengar bunyi "tik" secara terus menerus

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Ketika sistem elektromagnetik dimatikan tanpa denyut dari chip yang dimiliki maka gulungan kawatnya akan kembali menuju posisi awal dan menjadi jembatan sirkuit yang mempunyai fungsi untuk memberi daya ke bagian bola lampu. Pada proses tersebut maka saat diaktifkan gulungan kawat akan memunculkan suara “klik” sama dengan yang menggunakan pegas termal.

Sedangkan untuk yang lebih modern dan terkini sudah menggunakan yang lebih canggih lagi. Jadi untuk lampu sein sudah bekerja dengan lebih baik dan terkomputerisasi. Untuk saat ini banyak kendaraan yang kinerja dari lampu sein sudah menggunakan perintah komputer dan proses yang menghasilkan suara “tik” dapat dihilangkan.

Akan tetapi saat bunyi lampu sein dihilangkan ternyata berpengaruh terhadap sebagian besar dari para pengemudi. Bahkan beberapa diantaranya merasa gelisah karena tidak mendengar lampu sein berbunyi “tik”. Oleh sebab itulah meskipun sudah menggunakan sistem komputer, suara yang dihasilkan saat menyalakan lampu sein tetap ada dengan disiarkan melalui audio pada kendaraan.

>>>  Lihat Juga, Mengulas Fungsi Fog Lamp Pada Mobil Yang Perlu Diketahui

Gambar ini menunjukkan speedometer dengan indikator lampu sein  menyala

Selain bunyi, penanda lampu sein menyala adalah lampu indikator

Selain itu, dengan bunyi tersebut juga dapat memberikan tanda bahwa lampu sein belum dimatikan. Sehingga ketika melaju di jalan lurus dan lampu sein menyala maka dapat segera dimatikan karena terdengar bunyi.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International