Alasan Garasi Mobil Harus Dimiliki Pemilik Mobil

22/07/2021 Abdul Tips & trik mobil

Pada saat berniat membeli mobil perlu mempertimbangkan untuk membuat garasi mobil. Ketika tidak memiliki garasi maka resikonya adalah mengganggu tetangga. Bahkan saat parkir di pinggir jalan, pengguna jalan lain dapat terganggu dan bisa menimbulkan masalah.

Seperti misalnya berada di perumahan dan tidak memiliki garasi, maka kebanyakan akan melakukan parkir di depan rumah yang merupakan jalanan. Alhasil kenyamanan pengguna jalan lain dan juga tetangga sekitar jadi berkurang. Namun apabila rumah mempunyai garasi mobil maka pemilik tidak akan melakukan parkir sembarangan. Selain itu, kendaraan juga terhindar dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari secara langsung.

Gambar ini menunjukkan mobil warna biru tampak samping

Garasi bisa dibuat minimalis asalkan punya lahan

1. Terhindar Dari Guyuran Hujan Dan SInar matahari Langsung

Jadi jika membahas mengenai alasan pemilik mobil harus mempunyai garasi mobil tentunya sudah terlihat jelas. Oleh sebab itulah sebelum memutuskan membeli mobil alangkah baiknya membuat garasi di rumah terlebih dahulu. Jangan sampai mobil sudah dibeli tapi tidak ada tempat untuk menempatkannya di rumah. Hal tersebut bisa beresiko menyebabkan masalah di kemudian hari, bahkan eksterior mobil juga dikorbankan keawetannya.

Pada beberapa daerah yang berada di Indonesia, terdapat aturan terkait garasi rumah. Tujuannya tidak terlepas dari kehidupan bermasyarakat supaya tetap aman dan juga rukun dan tidak menimbulkan masalah dengan tetangga.

Tidak sampai disitu saja, dengan adanya garasi mobil dapat terlindungi dengan baik. Jadi ketika garasi sudah diberikan atap maka lebih aman ketika melakukan parkir. Hal tersebut dikarenakan mobil terhindari dari guyuran air hujan dan paparan sinar matahari sehingga cat mobil tidak mudah pudar. 

>>> Baca Juga, Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Garasi Mobil di Rumah

Gambar ini menunjukkan mobil tampak belakang di garasi rumah

Mobil lebih terawat saat berada di garasi rumah

>>> Baca Juga, Menghitung Ukuran Tempat Parkir Mobil Untuk Mobil Kecil, Sedang Dan Besar

Bahkan saat garasi tidak ada atap, lama kelamaan dapat membuat jamur timbul pada bagian bodi mobil yang diakibatkan oleh noda bekas air hujan yang telah mengering dengan sendirinya tanpa dilakukan pembersihan.  Pada saat dipandang juga terasa kurang nyaman dan kurang menarik.

Selain itu, ketika tidak ada atap pada garasi, nantinya lelehan air hujan dapat masuk melalui sela-sela bodi pada kendaraan. Contohnya adalah di bagian handle pintu, tutup tangki bahan bakar, grill, dudukan plat nomor dan celah antara bodi dan pintu mobil. Hal tersebut bisa membuat kotor dan bila tidak dilakukan pembersihan bisa memunculkan bau tidak sedap.

2. Mudah Dalam Perawatan

Ketika mobil berada di dalam garasi milik sendiri dan mempunyai ruang tertutup, maka perawatan dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, alat-alat seperti kunci, pompa dan lainnya bisa ditempatkan di garasi untuk nantinya digunakan ketika melakukan pengecekan atau perbaikan ringan kendaraan. Apalagi saat masa pandemi saat ini, kebanyakan mobil akan tetap berdiam diri di garasi kecuali ingin melakukan hal yang penting.

>>> Lihat Juga, Parkir Di Luar Rumah, Perlukah Pakai Body Cover Mobil?

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna putih di garasi

Sebelum membeli mobil pastikan sudah ada garasinya

3. Untuk Keamanan

Mempunyai garasi mobil tertutup bisa mencegah resiko terjadi pencurian pada mobil yang dimiliki. Kejahatan terjadi bukan hanya karena telah direncanakan sebelumnya, namun juga karena adanya kesempatan sehingga melakukannya. Begitupun pencurian mobil, ketika mobil terparkir di luar dan sedang dalam kondisi sepi maka resiko menjadi sasaran tindak pencurian lebih besar. Meskipun teknologi keamanan pada kendaraan semakin canggih, bukan berarti harus membiarkannya begitu saja. Bukan tidak mungkin para pencuri

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah
    Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah Abdul Tips & trik mobil

    Modifikasi kerap dilakukan oleh beberapa pemilik mobil. Tujuannya adalah untuk membuat tampilan kendaraan lebih menarik dan tampil beda. Salah satu modifikasi ringan yang kerap dilakukan adalah mengganti velg beserta bannya. Alhasil pemilik perlu menyimpan ban mobil dan velg nya supaya tetap awet serta dapat digunakan kembali.

  • Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu
    Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu Abdul Tips & trik mobil

    Perjalanan menggunakan mobil tidak hanya ingin wisata atau bersenang-senang bersama keluarga saja. Apalagi di masa pandemi saat ini, banyak tempat wisata yang ditutup sementara sebagai langkah pencegahan virus Covid-19. Namun untuk sektor pekerjaan tetap dilakukan. Jika tidak mempunyai kendaraan bisa sewa mobil untuk perjalanan bisnis. Tujuannya supaya lebih nyaman dan tetap prima sampai ke tempat tujuan.

  • Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV
    Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV Abdul Tips & trik mobil

    Banyak mobil yang dibekali dengan sistem pendingin kabin atau yang dikenal dengan Air Conditioner (AC). Dimana dengan adanya fitur ini maka kenyamanan selama perjalanan lebih menyenangkan. Nah AC sendiri terdapat Single Blower dan Double Blower. Kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan AC Double Blower.

International