Agar Mesin Bekerja Maksimal, Jangan Lupa Merawat Radiator Mobil

05/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Radiator mobil menjadi salah satu bagian pada kendaraan yang bertugas untuk mendinginkan mesin kendaraan, sehingga tidak terjadi overheat. Didfalamnya terdapat air radiator yang perlu diperhatikan volumenya dan kondisinya. Jadi jangan sampai lupa merawat radiator mobil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sederhananya radiator berperan sebagai alat yang mampu menjaga stabilitas temperatur pada mesin mobil. Mesin yang melakukan pembakaran distabilkan oleh air radiator agar tidak terjadi suhu yang berlebihan atau overheat.Sebelumnya, kita sudah membahas tentang mengatasi air radiator mobil yang cepat habis, dalam artikel itu dijelaskan secara gamblang penyebab air radiator bermasalah dan gampang menyusut. Selanjutnya, bagaimana cara merawat radiator mobil yang baik dan benar?

Gambar ini menunjukkan komponen radiator pada mesin mobil

Radiator mobil untuk mendinginkan suhu mesin mobil

>>> Baca Juga, Cek Selang Radiator Diperlukan Untuk Mencegah Kebocoran

Pemilik yang memperhatikan kendaraannya sadar betul dengan kesehatan mobilnya. Selain mengatasi air radiator yang cepat habis, juga merawatnya sebagai bentuk pencegahan. Pencegahan tersebut dilakukan agar tidak terjadi keborosan air dan kerja radiator tetap optimal.

Tips Merawat Radiator Mobil

1. Perhatikan Volume Air Di Radiator

Dalam daftar pertama, selalu perhatikan kondisi air yang ada di dalam radiator. Air yang menyusut bisa membuat kinerja pendingin mesin jadi tidak maksimal, sehingga berpotensi membuat mobil berasap dan bahkan meledak.

Ada banyak dampak kerugian yang ditimbulkan jika air dalam radiator berkurang. Oleh sebab itu selalu melakukan pengecekan rutin terhadap volume air radiator.

2. Lakukan Pembersihan Berkala

Tips merawat radiator mobil selanjutnya yaitu dengan melakukan pembersihan berkala. Pembersihan ini di antaranya juga dilakukan pada tangki radiator. Selain itu juga sebagai bentuk pencegahan kerusakan yang mungkin saja luput dari pandangan.

Pembersihan bisa dilakukan dengan minimal dua minggu sekali. Karena banyaknya kotoran bisa yang bisa saja terbawa aliran air lewat lubang dalam mesin. Dengan begitu, mesin akan tetap bekerja secara prima.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan pengecekan air radiator mobil

Gunakan air khusus air radiator mobil dan bersihkan tangki radiator

>>> Mungkin tertarik, Jangan Membuka Penutup Radiator Saat Mesin Sedang Panas

3. Hindari Penggunaan Air Keran

Air radiator selain berfungsi sebagai pendingin pada mobil, juga berfungsi menjaga agar saluran bebas karat yang ada di dalamnya. Nah, air keran sendiri sebenarnya memiliki kandungan zat yang dapat membuat saluran yang dilaluinya cepat korosi. Selain itu air keran juga memiliki kandungan karbon yang di atas rata-rata.

Sebagai alternatif air keran, kamu bisa menggunakan air coolant. Air ini lebih baik karena dapat membersihkan kotoran dan karat, selain itu mampu menjaga kondisi suhu mesin.

4. Mengganti Air Secara Rutin

Meski air bekas pembakaran dapat digunakan lagi, namun menjaga kualitas air radiator tetap penting. Selain itu, agar volume air di dalamnya tetap terjaga dan mesin tidak gampang overheat, sehingga pendingin akan bekerja dengan maksimal.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang mengisi air radiator mobil

Segera isi air radiator saat volumenyanya di bawah batas rekomendasi pabrikan

Gejala Mobil Yang Kekurangan Air Radiator

Seperti yang sudah dijelaskan kekurangan air radiator bisa membuat mobil overheat, lantas gejala yang seperti apa? Jika air radiator kurang, ketika macet kamu akan merasa lebih panas yang ditimbulkan oleh uapan mesin, selain itu embusan AC juga menjadi tidak maksimal

Selanjutnya mobil muncul suara-suara aneh yang tidak biasanya didengar. Keterlambatan penanganan maka akan mengalami cepat rusak.

Itulah artikel tips merawat radiator mobil. Mengetahui penyebabnya saja tidak cukup apabila abai dalam melakukan perawatan. Setiap komponen yang dirancang dalam mobil memiliki fungsi dan perannya masing-masing, oleh karena itu termasuk air radiator selalu jaga kesehatannya ya! Semoga bermanfaat.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International