Agar Lebih Awet, Begini Tips Merawat Tangki Bahan Bakar Mobil

29/06/2020 Abdul Tips & trik mobil

Tangki bahan bakar mungkin sering luput dari dari perhatian setiap pemilik mobil. Padahal, selayaknya komponen lain, tangki bahan bakar juga perlu perawatan. Tangki bahan bakar yang terlalu dibiarkan lama berpotensi terjadinya pengeroposan yang diakibatkan oleh adanya proses pengkaratan. Oleh sebab itulah merawat tangki bahan bakar mobil diperlukan.

Masalah lainnya yaitu menghambat proses jalannya bahan bakar ke dalam mesin, sehingga performa mobil jadi tidak maksimal. Bahkan, kemungkinan terburuknya kamu malah harus sering parkir mobil di bengkel karena kerusakan pada injektor, selang bahan bakar atau sampai ke mesin mobil lainnya. Merawat tangki mobil sebenarnya tidak terlalu sulit dan membutuhkan teknik khusus. Berikut merawat tangki bahan bakar mobil seperti dikutip dari berbagai sumber.

Merawat Tangki Bahan Bakar Mobil

1. Menjaga Volume Bahan Bakar

Selalu perhatikan isi bahan bakar yang ada di mobil kamu. Jumlah volume bahan bakar sangat berpengaruh terhadap awet tidaknya bahan bakar di mobil. Jika kamu yang hobi mengisi bahan bakar ketika volume bensin hampir habis, mulai sekarang kurangi kebiasaan buruk tersebut. Karena jika dibiarkan dalam waktu lama, bisa jadi itu sebagai pemicu munculnya kotoran di tangki bahan bakar.

Gambar ini menunjukkan petugas SPBU mengisi bahan bakar pada mobil putih

Jangan sampai kehabisan bahan bakar

>>> Baca Juga, Ini Gaya Mengemudi Yang Bikin Mobil Boros BBM Menurut Rifat Sungkar

Selain kotoran, kebiasaan itu juga menyebabkan munculnya karat atau korosi pada permukaan. Faktanya, volume bahan bakar yang tidak terisi penuh nantinya akan menguap dan menyebabkan karat. Karat yang jatuh ke dasar tangki akan lebih berbahaya lagi. Pasalnya hal tersebut berimbas pada kerusakan sejumlah komponen, seperti mesin, selang bahan bakar atau injektor.

2. Kurangi Penggunaan Bahan Bakar Premium

Bahan bakar premium memang yang paling murah dibandingkan bahan bakar sejenis. Namun, disarankan untuk mengurangi penggunaan jenis premium karena jenis tersebut menimbulkan endapan kotoran lama yang jika berkelanjutan akan memicu pengeroposan pada mobil. Banyak contoh kasus pemilik kendaraan yang baru membeli mobilnya kaget karena mobil baru tersebut kedapatan keropos pada bagian tangki. Oleh karena itu jangan selalu menggunakan premium. Cobalah sesekali menggunakan kombinasi pertalite dan pertamax. Hal tersebut menjadi salah satu langkah dalam merawat tangki bahan bakar mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan tangki bahan bakar mobil yang dilepas

Gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan

>>> Penyebab Indikator Bahan Bakar Yang Ngaco Pada Mobil

3. Pengurasan Tangki Secara Berkala

Merawat bahan bakar mobil selanjutnya yaitu dengan menguras tangki secara berkala. Apalagi kalau kamu gemar dengan penggunaan bahan bakar yang mengandung oktan rendah. Hal itu malah menampung kotoran lebih cepat di dasar tangki. Lakukanlah pengurasan secara berkala. Selain itu proses kuras juga dapat membantu kamu mendeteksi terjadinya keropos atau karat pada tangki mobil.

4.  Jangan Biarkan Mesin Off Terlalu Lama

Biasanya karena sedang pulang kampung atau bepergian dalam waktu yang terlalu lama, kamu membiarkan mobil terparkir lama. Kondisi ini malah kemungkinan terjadinya penyebab keropos atau berkarat pada tangki. Terlebih didiamkan dengan bensin yang tidak terisi penuh. Solusi yang perlu diterapkan yaitu dengan meminta tolong teman atau kerabat untuk memanaskan mobil, selain itu perhatikan juga volume bensin agar diisi penuh.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil sedang dibuka kapnya dan seorang mekanik

Servis berkala juga diperlukan agar mobil tetap maksimal

5. Servis Berkala Di Bengkel Resmi

Setiap pemilik mobil tidak semuanya jago dalam hal memperbaiki. Boro-boro jago, bahkan ada sebagian yang tidak mengenal nama-nama komponen alias hanya bisa menyetirnya saja. Kalau sudah begini, sangat disarankan untuk membawa ke bengkel agar dilakukan perawatan berkala. Setiap bengkel tentunya memiliki mekanis yang lebih tahu, oleh karena itu serahkan kepada mereka. Dan selamat tinggal kerusakan tangki bahan bakar.

Itulah cara merawat tangki bahan bakar mobil. Meski terlihat sepele dan jarang dibicarakan, namun tangki bahan bakar perlu dilakukan perawatan. Jika terus dibiarkan maka akan berpengaruh ke komponen lainnya, yang ujung-ujungnya harus mengeluarkan kocek lagi.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Begini Tips Mengatasi Mobil Mogok Untuk Perempuan
    Begini Tips Mengatasi Mobil Mogok Untuk Perempuan Abdul Tips & trik mobil

    Mobil yang tiba-tiba mogok merupakan masalah yang tidak hanya mengganggu pria, namun juga mimpi buruk bagi semua wanita, karena biasanya wanita tidak terlalu paham mengenai persoalan mengatasi mobil mogok.

  • Beberapa Alasan Pilih Mobil MPV Dibandingkan Lainnya
    Beberapa Alasan Pilih Mobil MPV Dibandingkan Lainnya Abdul Tips & trik mobil

    Industri otomotif di Indonesia terus mengalami perkembangan. Hal ini didasari dari penjualan kendaraan khususnya mobil yang setiap tahun berkembang pesat. Dari beragam mobil yang tersedia, mobil MPV jadi salah satu mobil yang digemari di Indonesia, khususnya mereka yang sudah berkeluarga. Terlebih, produsen-produsen mobil dari sejumlah negara membanjiri pasar otomotif di tanah air dengan berbagai produk MPV terbaru.

  • Tips Jaga Emosi Saat Berkendara Pada Fase New Normal
    Tips Jaga Emosi Saat Berkendara Pada Fase New Normal Abdul Tips & trik mobil

    Pengemudi perlu memperhatikan tips jaga emosi saat berkendara di era new normal. Setelah pandemi corona masuk ke wilayah Indonesia banyak kebiasaan yang berubah di masyarakat, termasuk aktivitas berkendara. Ketika diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pengendara wajib mengenakan masker dan jumlah penumpang dibatasi.

International