Ada Larangan Di Jalan Tol Yang perlu Dipatuhi, Jika Melanggar Ada Sanksinya

19/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Jalan tol merupakan jalanan umum yang ditujukan untuk kendaraan roda 4 atau lebih dan harus membayar ketika melintasinya. Uang yang didapatkan dari hasil pembayaran pengendara dipakai untuk pengembangan, pemeliharaan dan investasi. Meskipun begitu, terdapat beberapa larangan di jalan tol yang perlu diperhatikan.

Dengan membayar saat melewati jalan tol membuat perjalanan jadi lebih cepat dan juga nyaman. Jalanan juga mulus dan lebih lancar sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan melewati non tol. Adanya larangan di jalan tol juga membuat kendaraan yang melewatinya lancar di tidak mengalami kendala.

Gambar ini menunjukkan Gerbang Tol dalam kondisi sepi

Saat melintasi jalan tol perlu membayar dan pengendara mendapat kenyamanan dan waktu lebih cepat dalam perjalanan

>>> Baca Juga, 2 Sistem Transaksi Di Jalan Tol, Apa Itu?

Ada Aturan terpisah Di Jalan Tol

Menjadi jalan bebas hambatan, terdapat aturan baku di jalan tol yang perlu dipatuhi oleh para pengendara yang melewatinya. Aturan yang diberikan juga termasuk larangan, jadi pengendara harus mematuhinya karena penggunaan jalan tol biasanya untuk rentang jarak yang jauh dan kecepatan tinggi.

Meskipun begitu, para pengguna jalan tol tidak semua mengetahui ataupun paham dengan aturan yang diberikan. Hal tersebut dibuktikan dengan masih adanya para pelanggar yang melintasi jalan tol. Untuk larangan di jalan tol dituliskan dalam PP (Peraturan Pemerintah) Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005. Dimana untuk larangan dikhususkan pada pasal 41 meliputi:

Beberapa Larangan Di Jalan Tol

  • Dilarang menarik/menderek/mendorong  kendaraan lain, kecuali penarik/penderek/pendorong dari pihak pengelola  jalan tol.
  • Dilarang  menaikkan atau menurunkan penumpang  dan / atau barang dan / atau hewan.
  • Dilarang  untuk mendahului kendaraan  melalui bahu jalan tol.
  • Dilarang melintasi   median oleh kendaraan untuk memotong jalur (putar  balik).
  • Dilarang  membuang sampah  di jalan tol baik disengaja maupun tidak  disengaja.

>>> Baca Juga, Jangan Merasa Jago Mengemudi Karena Bisa Jadi Penyebab Tabrakan Di Jalan Tol

Gambar ini menunjukkan jalan Tol dan info mengenai lajur mendahului

Ada aturan dan larangan saat melintasi jalan tol

Selain itu ada larangan lain yang tetap perlu diperhatikan dan ditunjukkan pada pasal 42. Dimana pengguna jalan tol tidak boleh membuang sampah sembarangan di jalan tol baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Bahkan pengguna juga tidak boleh melaju melebihi batas kecepatan yang sudah ditentukan.

Dalam ketentuannya dicantumkan dalam PP Nomor 79 Tahun 2013 dan diperkuat juga dengan adanya Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan. Untuk batas kecepatannya dijelaskan dalam PP, kecepatannya adalah antara 60 - 100 Km/jam  dan juga disesuaikan dengan rambu yang sudah dipasangkan di jalan tol.

>>> Baca Juga, Sering Lewat Tol, Ini Tarif Layanan Derek Mobil Di Jalan Tol Jasa Marga

Melanggar Larangan Di Jalan Tol Ada Sanksinya

Bagi para pelanggar harap waspada dan perlu diperhatikan. Jika melanggar terkait batas kecepatan yang telah ditentukan maka akan dikenai sanksi denda dengan jumlah sebesar Rp. 500.000. Besaran tersebut disesuaikan dengan Pasal 287 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sedangkan jika melanggar larangan putar balik maka sanksi dendanya adalah 2 kali lipat dari tarif yang paling jauh pada tol yang sedang dilewati. Hal tersebut tercantum dalam PP Nomor 2005.

Gambar ini menunjukkan batas kecepatan di jalan Tol dan beberapa mobil

Ada sanksi saat melanggar peraturan

Dimana untuk pasalnya adalah pasal 86 dan terdapat di ayat 2 poin a sampai c yang meliputi:

Pengguna jalan tol wajib  membayar denda  sebesar dua kali tarif tol  jarak terjauh pada suatu ruas jalan tol dengan sistem tertutup  dalam hal:

a. Pengguna jalan  tol tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk jalan tol  pada saat membayar tol;

b. Menunjukkan bukti tanda masuk yang  rusak pada saat membayar tol; atau

c. Tidak dapat menunjukkan  bukti  tanda masuk yang benar atau yang sesuai dengan arah perjalanan pada saat   membayar tol.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International