Ada Keuntungan Punya Mobil Listrik, Apa Saja Itu?

13/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beberapa keuntungan punya mobil listrik. Salah satunya yang banyak diketahui adalah ramah terhadap lingkungan. Selain itu ada fasilitas dari pihak pemerintah yang didapatkan seperti pajak yang lebih rendah dalam pembelian awal, tidak terkena ganjil genap dan bebas DP.

Banyak negara yang sedang berlomba untuk menghadirkan kendaraan listrik yang menggunakan tenaga baterai. Hal tersebut juga dilakukan di Indonesia, apalagi banyak keuntungan punya mobil listrik yang bisa didapatkan.

Berkaitan dengan hal tersebut, dari pihak  Makmur selaku Managing Director PT HMID (Hyundai Motors Indonesia) menyebutkan bahwa di Indonesia ada fasilitas penggunaan mobil listrik  yang bisa didapatkan seperti DP 0 persen, pajak lebih rendah di pembelian awal, tidak terkena ganjil genap, insentif non fiskal dan pajak tahunan juga lebih rendah.

Gambar ini menunjukkan mobil listrik Hyundai melaju di jalan

Banyak keuntungan yang didapatkan dengan memiliki mobil listrik

>>> Lihat Juga, Mobil Listrik Menerjang Banjir, Aman Atau Tidak?

Pihaknya juga menyebutkan bahwa di Jakarta, Surabaya, Makasar dan Bali untuk saat ini sudah disebar SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). Adapun beberapa lokasinya adalah PLN Rayon Mattoangin Makassar, PLN ULP Embong Wungu Surabaya, PLN ULP Denpasar, PLN Gedung Sate Bandung, PLN UP3 Bandung untuk yang luar Jabodetabek. Sementara itu, untuk Jabodetabek meliputi Supermall Karawaci, TangCity Mall, Aeon Mall BSD City, Senayan City Mall dan PLN Distribusi Jakarta Raya Gambir.

Disediakan pula stasiun pengisian kendaraan listrik oleh pihak HMID selain infrastruktur yang telah dibangun pihak pemerintah. Untuk fasilitasnya tersebut disebar ke diler resmi mobil Hyundai dan juga mitra bisnis lain yang terdapat pada beberapa titik. Kalau lokasinya meliputi di Padang, Palembang, Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Cirebon, Bandung, Cilandak, Tendean, Radio Dalam, Sunter, Bintaro dan area Alam Sutera.

Tidak hanya itu saja, pihak HMID juga melakukan Kerjasama dengan pihak PT Jasa Marga Related Business dalam menyediakan infrastruktur pengisian yang berupa DC Fast Charging. Untuk lokasinya berada di Rest Area KM 519B (Sragen) jalur Tol Surabaya-Jakarta dan Rest Area KM 519A (Sragen)Jalur Tol Jakarta-Surabaya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan Mobil Hyundai Ioniq putih tampak depan

Saat ini cukup banyak stasiun pengisian listrik di beberapa wilayah

>>> Baca juga, Beberapa Tips Merawat Mobil Hybrid, Tidak Jauh Beda Dengan Mesin Konvensional

“Hyundai pun membekali konsumen dengan portable charger di kendaraan sehingga pemilik bisa melakukan pengisian ulang baterai mobil listrik Ioniq Electric dan Kona Electric di rumah atau di mana saja, tidak perlu antre. Bahkan bisa sambil melakukan aktivitas lain dengan nyaman. Charger yang kami sediakan menggunakan steker yang umum di Indonesia sehingga pengisian daya semudah mengecas baterai smartphone. Pemilik mobil listrik tak perlu antre di SPBU,” kata Makmur.

Perawatan Lebih Minim

Keuntungan punya mobil listrik yaitu soal perawatan yang dilakukan lebih mudah dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar solar atau bensin. Dengan tidak adanya suara mesin menjadikan mobil listrik jadi lebih senyap. Berhubungan dengan hal tersebut dari pihak Putra Samiaji selaku General Managing Service PT Hyundai Motors Indonesia juga menyebutkan bahwa kendaraan listrik tetap membutuhkan perawatan secara berkala, hanya saja berbeda dengan mobil konvensional karena lebih jarang.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa servis yang dilakukan intervalnya adalah 15.000 km atau ketika mobil telah dipakai 1 tahun. Sementara untuk mobil bensin hanya 6 bulan dan intervalnya adalah 10.000 km. Soal perawatan, yang perlu dilakukan penggantian rutin adalah AC filter yang berhubungan dengan sirkulasi udara di dalam kabin mobil. Komponen selanjutnya adalah rem beserta olinya dan fluida yakni pendingin baterai atau baterai cooler yang perlu dilakukan penggantian setelah mencapai jarak 60 ribu km.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan mobil Hyundai Kona tampak bagian depan

Mobil listrik tetap membutuhkan perawatan

Putra Samiaji juga menyebutkan bahwa engine running tidak diberikan pada kendaraan listrik. Namun yang membutuhkan pelumas adalah pada bagian motor penggerak roda. Untuk kebutuhan pelumas adalah 1 liter dan dapat bertahan cukup lama. Itulah beberapa keuntungan punya mobil listrik yang dapat dirasakan oleh pemiliknya

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International