Ada Etika Membunyikan Klakson Mobil, Lakukan Dengan Bijak Ya

19/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Klakson merupakan salah satu bagian mobil yang berguna untuk memberikan tanda atau informasi kepada pengendara lain saat akan menyalip atau hal lainnya. Terdapat etika membunyikan klakson yang perlu diketahui oleh para pengendara.

Salah satu piranti wajib pada kendaraan adalah klakson, fungsinya adalah untuk melakukan komunikasi terhadap pengendara lain dan lingkungan sekitar. Mengandalkan bunyinya maka komunikasi dapat dilakukan. Namun terdapat etika membunyikan klakson yang baik di jalan raya.

Untuk tingkat kebisingannya juga telah didesain sedemikian rupa sehingga bisa dipakai untuk peringatan atau sekedar untuk menyapa. Pada peraturan yang dikeluarkan pihak pemerintahan, untuk suara klakson jarak yang bisa mendengarnya adalah 60 meter dengan rentang bunyinya berada di angka 83 desibel (dB) untuk yang paling rendah dan maksimalnya adalah 118 dB.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalan

Klakson berguna untuk berkomunikasi dengan pengendara lain

>>> Baca juga, Mengetahui Jenis Dan Cara Kerja Klakson Mobil

Bahkan dengan klakson bisa menunjukkan kondisi pengemudi seperti sedang emosi terhadap pengendara lain. Bahkan bisa juga memicu pertikaian, oleh sebab itu ada etika untuk membunyikan klakson di jalan raya. Berikut beberapa etika dalam menyalakan klakson yang dilansir dari laman Mitsubishi.

Waktu Membunyikan Klakson

Adapun untuk etika membunyikan klakson, pengendara harus memposisikan dirinya seperti pengendara lain. Jadi hal tersebut seperti orang yang sedang berbicara, oleh sebab itulah penggunaan klakson ada etikanya agar pengendara lain tidak terganggu.

Untuk membunyikan klakson, waktu yang paling tepat adalah pada saat akan menyalip kendaraan. Sobat bisa menekannya satu atau 2 kali dan menghidupkan lampu dim. Durasi menekan tombol klakson juga pendek, sehingga pengendara lain bisa memberikan jalan pada mobil yang dikendarai.

Selain itu, Sobat juga bisa membunyikan klakson saat melintasi jalanan yang berliku dan juga jarak pandang yang terbatas seperti jalur pegunungan. Untuk menekannya cukup 2 kali dengan panjang dan bila ada kendaraan lain dari arah berlawanan maka akan mendapatkan balasan bunyi klakson.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang kemudi dan menekan klakson

Membunyikan klakson dilakukan pada waktu tertentu

>>> Lihat Juga, Ternyata Begini Cara Menghindari Stress Saat Terjebak macet Di Jalan

Biasanya ini yang kerap terjadi, jadi ketika berada di lampu lalu lintas pengendara membunyikan klakson saat lampu lalu lintas berubah hijau. Hal tersebut seakan menyuruh pengendara di depan segera maju. Jika melihat mengenai etika membunyikan klakson tergolong kurang baik. Sobat bisa membunyikan klakson ketika lampu sudah cukup lama hijau namun kendaraan tidak kunjung maju. Cukup membunyikan klakson dengan singkat cukup satu kali saja.

Sobat juga bisa membunyikan klakson ketika kendaraan lain mengalami masalah, seperti pintu belakang tidak tertutup dan hal lainnya. Tujuannya adalah supaya dapat menepi dan mengecek kendaraannya.

Kebiasaan Membunyikan Klakson  Berbeda Lain Negara

Ternyata setiap negara mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda terkait penggunaan klakson. Untuk negara besar yang sudah maju seperti Jepang, Amerika dan Eropa maka akan jarang mendengar klakson. Hal tersebut karena Minim pelanggaran dan lebih taat terhadap peraturan lalu lintas yang diberlakukan.

Biasanya klakson akan dibunyikan ketika pengendara terlalu marah dan kesal terhadap pengguna jalan lain yang melakukan pelanggaran. Sangat berbeda dengan Indonesia yang merupakan hal wajar mendengar bunyi klakson. Untuk negara Vietnam dan India suara klakson akan terdengar setiap saat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil dengan SRS airbag dan klakson

Klakson merupakan piranti wajib pada kendaraan

Jadi pada saat pengendara banyak yang tertib maka akan jarang mendengar suara klakson. Meskipun begitu, ada beberapa tempat yang dilarang untuk menekan tombol klakson. Umumnya ada tanda berupa gambar terompet yang disilang, biasanya tanda tersebut ditempatkan di area yang terdapat rumah sakit atau rumah ibadah dan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai etika membunyikan klakson selama berkendara di jalan raya. Semoga bisa bermanfaat bagi Sobat semua dan lebih bijak dalam membunyikan klakson mobil.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International