Ada Beberapa Penyebab Blower AC Mati Buat Kabin Tidak Nyaman

07/09/2021 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat penyebab blower AC mati yang bisa membuat kenyamanan di dalam kabin mobil jadi tidak maksimal. Pengendara dan penumpang perlu membuka jendela mobil supaya angin dari luar bisa masuk yang kerap dikenal dengan nama AC alami.

AC mobil menjadi salah satu fitur yang standar pada kendaraan saat ini. Bahkan kinerjanya sangat membantu kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan. Namun bagaimana jika saat menyalakan AC ternyata tidak berfungsi karena blower yang mati. Lantas apa yang menjadi penyebab blower AC mati?

Adapun blower AC merupakan salah satu komponen di AC yang bertugas untuk menghembuskan udara berasal dari evaporator. Sehingga di dalam kabin mobil akan terasa sejuk, oleh sebab itu kinerja blower sangat diperlukan untuk mendukung kenyamanan di dalam kabin.

Gambar ini menunjukkan tangan ditempatkan di depan kisi-kisi AC mobil

AC bekerja maksimal bisa buat kabin jadi nyaman

Pada saat blower AC bermasalah atau mati maka sirkulasi udara menjadi tidak lancar. Dengan begitu pengendara perlu membuka jendela supaya di dalam kabin bisa mendapatkan angin agar lebih nyaman dalam perjalanan.

Penyebab Blower AC Mati

Masalah yang terjadi pada blower bisa dikarenakan terdapat komponen yang terputus atau rusak. Umumnya terdapat 5 penyebab yang bisa membuat blower bermasalah. Bahkan hal tersebut ada hubungannya dengan komponen pendukungnya.

1. Sekring Blower Rusak

Kinerja AC mobil mengandalkan aki dan juga dinamo guna mengalirkan energi listrik. Bila sekring blower mengalami kerusakan maka menandakan ada kabel yang terputus sehingga aliran listrik tidak terjadi.

Hal tersebut sama dengan sekring yang berada di rumah dengan tugas mengamankan arus listrik ketika mengalami konsleting. Begitupun dengan AC, ketika menyalakannya dan sekring putus menjadi tanda bahwa korsleting terjadi.

Solusinya dengan memperbaikinya di bengkel supaya diatasi oleh teknisi ahli. Jika bisa memperbaiki sendiri tidak masalah, namun apabila hanya mencoba-coba bisa beresiko membuat semakin parah kerusakannya.

2. Relay Blower Rusak

Relay yang rusak juga bisa menjadi penyebab blower AC mobil bermasalah. Fungsinya adalah untuk memisahkan arus listrik yang memaki daya kecil dengan daya yang besar. Arus listrik tersebut mengalir menuju ke bagian mesin blower yang berasal dari aki. Jadi ketika relay rusak maka blower tidak bisa dioperasikan.

>>> Baca Juga, Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV

Gambar ini menunjukkan relay blower AC mobil

Saat blower AC mati maka kenyamanan kabin jadi berkurang

3. Resistor Blower Rusak

Adapun penyebab blower AC mati selanjutnya adalah resistor blower yang bermasalah. Resistor sendiri merupakan susunan tahan listrik yang besar kecilnya diatur sehingga membuat putaran blower terpengaruh kecepatannya. Jika resistor dalam kondisi putus maka blower tidak mendapatkan arus listrik. Dengan begitu maka AC tidak dapat menyala ketika dinyalakan.

Pada saat arus listrik melewati tahanan yang kecil maka mesin blower akan berputar dengan cepat, namun saat melewati tahanan yang besar maka mesin blower berputar pelan.

4. Motor Blower Rusak

Kerusakan selanjutnya yang membuat blower mati adalah motor atau mesin blower rusak. Adapun motor ini adalah dinamo yang mendapatkan arus listrik sehingga dapat berputar. Terdapat beberapa komponen didalamnya seperti magnet, carbon brush dan kumparan dalam mendukung kinerjanya.

Apabila terdapat salah satu komponen bermasalah maka motor blower jadi mati. Biasanya yang bermasalah adalah carbon brush atau kumparan pada dinamo blower. Jika mengalami kerusakan maka penggantian motor blower perlu dilakukan.

>>> Mungkin Tertarik, Agar Berkendara Tetap Nyaman, Kenali Gejala AC Rusak

Gambar ini menunjukkan motor blower AC mobil

Segera perbaiki jika AC mobil bermasalah

Penyebab blower AC mati yang terakhir adalah saklar blower yang rusak. Saklar disebut juga dengan switch yang posisinya ada di console AC yang mempunyai icon dengan gambar kipas. Terdapat beberapa titik putaran yang dimiliki dengan fungsi sebagai pengurang dan penambah kecepatan kipas pada blower. Bagian ini sangat jarang bermasalah, namun jika rusak maka listrik tidak dapat disalurkan sampai ke blower.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International