Ada Bau Rokok Di Dalam Kabin, Begini Cara Menghilangkannya

25/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Merokok di dalam mobil sangat tidak dianjurkan karena dapat membahayakan penumpang dan pengemudi. Selain itu biasanya asap rokok akan tertinggal di dalam mobil lebih lama. Alhasil semuanya menjadi tidak nyaman. Jika begitu menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil sangat diperlukan.

Menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil bukanlah perkara yang mudah lantaran asap tersebut bisa menempel pada bagian-bagian di dalam mobil seperti kursi dan karpet. Bahkan bisa lebih parah lagi kalau asap tersebut masuk ke dalam sirkulasi udara.

Gambar ini menunjukkan seseorang merokok di dalam mobil

Merokok dalam interior mobil bisa buat kabin bau apek

Memang, cara cepat membersihkannya dengan memberi semprotan pengharum ruangan, namun begitu cara ini tidak berlangsung lama meski sudah disemprot beberapa kali. Resiko ruangan mobil yang terpapar asap rokok bisa jadi memakan biaya servis yang mahal.

Namun, ada langkah-langkah pencegahan agar asap rokok yang kadung berada di dalam mobil dibersihkan secara efektif. Berikut ini Cara menghilangkan bau rokok di dalam kabin seperti Mobilmo kutip dari berbagai sumber.

Cara Menghilangkan Bau Rokok Di Dalam Kabin Mobil

1. Membersihkan Sampah

Singkirkanlah semua sampah yang berada di dalam kabin atau beranda mobil termasuk pada bagian jok dan karpet. Bersihkanlah dengan tambahan alat vacuum cleaner. Langkah selanjutnya usap semua ruangan mobil dengan cairan pembersih secara mendetail dan menyeluruh.

Gambar ini menunjukkan menyedot debu di kabin dengan vacuum cleaner

Bersihkan mobil secara berkala untuk membuat kabin bersih serta bau apek dan asap rokok hilang

>>> Baca Juga, Beberapa Bagian Perlu Dibersihkan Untuk Menghilangkan Bau Tidak Sedap Dalam Kabin Mobil

2. Menggunakan Cairan Berbahan Enzim

Cara menghilangkan bau rokok di dalam kabin selanjutnya dengan menggunakan penghilang bau yang mengandung enzim. Bahan ini cukup efektif menghilangkan bau tak sedap termasuk asap rokok. Biasanya bahan jenis ini cukup mahal, namun manfaat yang diberikan sangat worth it dengan harga yang ditawarkan.

3. Membersihkan Sistem Sirkulasi Udara

Sistem sirkulasi udara sangat berperan penting terhadap kualitas udara yang ada di mobil kamu. Oleh sebab itu bersihkan alat ini dan dengan tambahan pengharum ruangan atau penetral bau. Langkah ini bisa dilakukan meski asap rokok belum mendominasi sistem udara di mobil.

4. Menggunakan Bahan Alami Seperti Bubuk Kopi

Langkah terakhir dalam hilangkan bau rokok di dalam kabin mobil yakni menggunakan bahan-bahan alami. Kamu bisa menggunakan bahan yang biasanya berada di dapur. Beberapa bahan dapur yang cukup efektif yaitu vanilla, bubuk kopi, kayu manis dan meletakkannya di kabin mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan serbuk kopi di dalam kabin mobil

Kopi menjadi salah satu bahan untuk hilangkan bau rokok dalam kabin mobil

>>> Baca Juga, Ketahui Beberapa Bau Tidak Sedap Dalam Kabin Mobil Yang Bisa Menimbulkan Masalah

Nantinya bubuk tersebut akan menyebarkan aroma khas sesuai dengan bahan yang ditaruh. Sebaiknya langkah ini dilakukan saat mobil terparkir lama agar bubuk tidak menyebar dan malah mengotori ruang mobil.

Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Bau Rokok Di Kabin

1.Kulit Jeruk

Dengan aroma yang segar dan asam yang cukup menyengat kulit jeruk cukup ampuh mengusir bau tak sedap dan bau rokok di dalam kabin mobil. Cara menerapkannya cukup mudah, sediakan beberapa kulit jeruk dan letakkan di setiap sudut kabin, kemudian diamkan beberapa hari agar mobil terasa lebih segar.

2. Teh Celup

Beberapa sumber mengatakan teh celup dapat menetralisir bau yang tidak sedap. Prakteknya cukup mudah, kamu bisa meletakkan teh celup di wadah yang memiliki lubang atau ventilasi kemudian meletakkannya di bawah jok pengemudi atau penumpang. Diamkan beberapa hari dan voila, bisa menghilangkan bau rokok juga.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan teh celup ditata berjejer

Teh celup digadang-gadang bisa menghilangkan bau rokok di kabin mobil

3. Cuka

Mungkin cuka merupakan kebutuhan dapur yang lebih efektif dan cepat menghilangkan bau tak sedap. Cara menerapkannya kamu cukup menuang cuka ke mangkuk kecil dan letakkan di beranda mobil kemudian diamkan selama 3 sampai 4 jam. Cuka akan membuat aroma di ruangan mobil lebih netral dan menekan hingga menghilangkan bau rokok yang menyengat.

Itulah cara menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil. Langkah-langkah di atas bisa kamu terapkan kapan saja dan di mana saja. Semoga bermanfaat dan berhasil menghilangkan bau asap rokok di mobil!

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International