Ada Apa Dengan Datsun, Penjualan Cross Bulan April 2018 Kok Terjun Bebas?

22/05/2018 Fat Tips & trik mobil

Datsun nampaknya harus mengevaluasi kembali penjualan Datsun Cross. Bulan kedua sejak resmi dipasarkan di Indonesia pertengahan Maret 2018 penjualan Cross menunjukkan grafik kurang menyenangkan. Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat Datsun Cross hanya laku sebanyak 13 unit saja di bulan April 2018, itupun yang transmisi manual saja.

Gambar Datsun Cross yang menawan dan keren dilihat dari arah depan

Datsun Cross hadir memutuskan stigma masyarakat yang menganggap Datsun identik dengan mobil murah

Angka ini berbeda sangat jauh dibanding penjualan Cross di bulan Maret 2018 yang tercatat mencapai 2.223 unit dengan perincian sebanyak 784 adalah transmisi manual dan sisanya sebanyak 1.439 adalah transmisi otomatis continuously variable transmission (CVT).

Salah satu awak media yang mencoba menggali informasi dari pihak Datsun mengenai masalah penjualan Cross ini belum mendapat respon hingga berita ini ditulis.

Seperti diketahui bersama, Datsun meluncurkan Cross di Indonesia dengan status world premiere atau peluncuran perdana untuk pasar global pada Kamis, 18 Januari 2018 di Kota Kasablanka. Kehadirannya melengkapi dua pendahulunya yang telah mengaspal lebih dulu, yakni hatchback GO dan MPV GO+ yang menempati segmen mobil murah LCGC.

>>>  Terus ikuti perkembangan berita otomotif dan harga mobil di hargamobil.com

Gambar interior Datsun Cross yang terlihat mewah

Memiliki berbagai kelebihan dibanding GO dan GO+, Datsun Cross dijual dengan harga lebih mahal dari keduanya

Meski demikian, Cross tidak hadir di segmen yang sama dengan keduanya karena kasta Cross lebih tinggi. Cross punya karakter sebagai crossover dan merupakan yang pertama model Datsun di Indonesia yang sudah punya transmisi CVT. Harganya pun lebih mahal dari keduanya. Datsun Cross dijual dengan harga Rp 161,49  juta untuk manual dan Rp 172,99 juta untuk CVT.

Kehadiran Datsun Cross bagi Datsun sangat penting guna memutus stigma masyarakat yang menganggap Datsun identik dengan mobil-mobil murah. Dan memang, pada bulan pertama diluncurkan penjualan Cross terbilang luar biasa.

Sebagai bukti kedua setelah meluncurkan Datsun Cross, 8 Mei 2018 lalu Datsun meluncurkan versi terbaru dari hatchback Go, All New Datsun GO dengan beberapa perubahan. Termasuk yang paling mencolok yaitu penambahan pilihan transmisi otomatis continuously variable transmission (CVT).

>>> Resmi Punya Transmisi Matic, Inilah Daftar Harga Datsun Go dan Go+ Terbaru

Gambar mobil Datsun GO CVT saat diluncurkan

Datsun meluncurkan All New GO dengan dilengkapi transmisi CVT sebagai bukti kalau Datsun juga bisa main di segmen lebih mahal dari LCGC

Harga yang dipatok untuk All New Datsun GO CVT yaitu Rp 142,19 juta, menjadikan mobil ini tidak lagi masuk dalam kategori LCGC karena komponen lokalnya rendah.

Datsun tidak menyediakan pilihan transmisi CVT pada MPV GO+ sebab dikhawatirkan harga jualnya bentrok dengan harga  penjualan Cross .

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International