Ada 2 Tanda Kaca Mobil Berjamur Perlu Diperhatikan, Begini Mengeceknya

09/06/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mempunyai mobil tentu harus perawatan supaya tampilannya tetap baik dan kondisinya prima. Dari segi tampilan yang kadang perlu diperhatikan karena selalu dipandang adalah kaca mobil. Saat berjamur maka kaca tidak enak untuk dipandang, jika parah bisa mengganggu visibilitas berkendara. Terdapat tanda kaca mobil berjamur yang bisa diketahui, dengan begitu dapat segera dibersihkan.

Ketika didapati jamur di kaca mobil tentunya akan muncul rasa kurang menyenangkan dan segera ingin melakukan pembersihan. Untuk tanda kaca mobil berjamur terdapat 2 yang pengecekannya mengandalkan visual. Kadangkala jika dilihat sekilas mata memang tidak begitu tampak. Berikut ini merupakan tanda jamur di kaca mobil yang perlu diperhatikan.

Gambar ini menunjukkan kaca mobil dalam kondisi bersih

Saat kaca mobil bersih maka pandangan ke jalan akan tambah jelas

>>> Baca Juga, Apakah Dapat Diklaim Asuransi Jika Kaca Mobil Pecah Karena Kejahatan?

Cek Tanda Kaca Mobil Berjamur

1. Pengecekan Dari Luar

Kaca mobil apakah berjamur atau tidak dapat diketahui dengan melihatnya. Salah satu langkahnya adalah dengan mencuci kendaraan seperti biasanya yakni diberi sabun , dibilas dan dilakukan pengelapan sampai kering. Sobat bisa juga membawa ke car wash atau tempat pencucian jika tidak ingin repot. Apabila sudah bersih selanjutnya memperhatikan kaca mobil.

Pada saat didapati bercak putih di bagian kaca setelah dilakukan proses di atas dan tidak dapat hilang meskipun sudah dilakukan pengelapan. Hal tersebut menandakan bahwa jamur tumbuh pada kaca mobil Sobat. Jamur tidak terdapat pada kaca jika setelah melakukan pencucian dan pengelapan kaca bisa bersih dengan sempurna.

2. Pengecekan Saat Malam Hari

Untuk mengetahui tanda kaca berjamur bisa dilihat ketika malam hari. Dalam pengecekan terlebih dahulu memastikan kaca mobil bersih. Jadi pada saat mengemudikan mobil di malam hari dan kendaraan lain tidak bisa terlihat dengan jelas atau cahaya lampu dari kendaraan lain tak jelas karena berpendar maka itu menandakan kaca berjamur. Bahkan dalam kondisi ini bisa lebih buruk ketika turun hujan, cahaya dari kendaraan lain yang berpendar dapat berpengaruh terhadap visibilitas berkendara.

Setelah mengetahui kedua tanda kaca mobil berjamur maka sebaiknya segera dilakukan pembersihan dengan cairan khusus atau menyerahkan ke bengkel terpercaya.

>>> Baca Juga, Jaga Visibilitas Berkendara, Beberapa Cairan Pembersih Jamur Di Kaca Mobil

Gambar ini menunjukkan kaca mobil dalam kondisi berjamur

Visibilitas pengendara dapat terganggu saat kaca depan berjamur

Penyebab Munculnya Tanda Jamur Di Kaca Mobil

Pemilik mobil tentu tidak ingin jamur hinggap di kaca kendaraan yang dimiliki. Meskipun begitu kadang tanpa disadari tiba-tiba sudah muncul dan membuat pandangan saat malam hari terganggu. Biasanya jamur muncul disebabkan oleh sisa air yang terkena panas dan mengering atau dibiarkan tanpa ada pengelapan. Untuk contoh yang dapat diambil adalah ketika melakukan pencucian, kemudian air bekas yang digunakan untuk membilas tetap berada di permukaan kaca tanpa adanya pengelapan. Keringnya sisa air tersebut dikarenakan cuaca panas.

Hal tersebut berdampak pada permukaan kaca yang muncul jamur. Saat turun hujan dan dibiarkan mengering tanpa ada pembilasan serta pengelapan juga bisa memunculkan jamur di kaca mobil. Oleh sebab itulah saat mobil digunakan dan kehujanan, sampai di rumah disarankan untuk melakukan pembilasan dan pengeringan.

>>> Beberapa Tanda Kaca Film Mobil Perlu Diganti Dan Perawatannya

gambar ini menunjukkan pengelapan kaca mobil dengan kain

Setelah dicuci lakukan pengelapan sampai kering

Demikianlah informasi mengenai tanda kaca mobil berjamur. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kondisi mobil dari segi tampilan dan juga kinerjanya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International