8 Alasan Utama Mobil Tidak Bisa Menyala ketika di Starter

12/02/2018 Padli Nurdin Tips & trik mobil

Mobil memiliki komponen dan biasanya bisa dihidupkan sesuai kapan kita memerlukannya. Tapi, jika ada penanganan dan perawatan yang kurang, ada beberapa alasan mobil tidak bisa menyala dan menyusahkan pemilik mobil.

Ketika Anda sedang terburu-buru ingin pergi ke suatu tempat, dan mobil Anda tidak mau hidup, mungkin rasa kesal akan menghampiri Anda. Karena itu, Anda sebagai pemilik mobil perlu mengetahui beberapa alasan mobil tidak bisa menyala untuk meniminalisir terjadinya kejadian tidak mengenakan ini.

1. Baterai Mati

Baterai mati adalah penyebab pertama dai mobil yang tidak bisa menyala. Jika baterai lemah, tapi tidak mati total, starter bisa berubah perlahan. Anda akan mendengar suara RRR-RRR-RRR yang lambat dan mengerang.

gambar yang menunjukan mekanik yang sedang mengeluarkan baterai dari kap mobil

Baterai merupakan penyebab pertama mobil tidak bisa menyala 

Seiring voltase turun lebih jauh, suaranya bisa menjadi staccato K-K-K. Bila voltase baterai turun lebih jauh lagi, tidak akan ada suara. Bahkan lampu peringatan pada panel instrumen mungkin redup saat Anda memutar kuncinya.

2. Alternator

Jika alternator rusak, baterai mungkin tidak terisi daya. Meski alternator bisa menjadi pelakunya, jangan mengabaikan sabuk yang sudah mulai usang dan tergelincir. Jika alternator gagal atau jeda pada sabuk, lampu peringatan akan menyala. Jika output sistem pengisian buruk, mungkin lampu peringatan tidak menyala.

Gambar yang menunjukan bagian alternator mobil yang sudah berkarat dan bermasalah

Alternator yang bermasalah bisa merusak baterai mobil 

Jika Anda memiliki alat pengukur pada panel instrumen Anda, pada keadaan baik akan muncul voltase sekitar 14 volt. Bahkan alternator yang berfungsi sempurna mungkin tidak mengisi ulang baterai selama perjalanan singkat, terutama jika lampu depan, wiper, pemanas, radio, defoger jendela belakang dan pemanas kursi dihidupkan.

3. Starter

Starter yang buruk dapat memberi ilusi pada baterai lemah jika menarik arus lebih dari yang dapat diberikan baterai. Starter akan berputar perlahan dan menarik tenaga yang berlebihan. Ini akan membuat suara seperti ggrrrrr, mirip dengan suara yang terjadi ketika baterai lemah.

Gambar yang menunjukan bagian starter pada mesin mobil

Perhatikan juga bagian starter dan roda kemudi pada mobil 

4. Roda kemudi terkunci

Terkadang, kunci tidak akan menyala di saklar pengapian. Sebagai fitur anti-pencurian, roda kemudi terkunci saat kuncinya dilepas. Terkadang, roda kemudi  bergerak kembali melawan sistem penguncian, mencegah Anda untuk memutar kunci. Cobalah menyenggol setir ke kiri atau ke kanan saat Anda memutar kunci.

>>> Berminat REVIEW TOYOTA FORTUNER 2016 INDONESIA, klik di sini

5. Bensin

Apakah mobil Anda memiliki bensin ? Mungkin itu terdengar bodoh, namun sering terjadi. Cobalah untuk melihat indikator bensin terlebih dahulu sebelum menyalakannya.

Gambar yang menunjukan garis E pada penunjuk bahan bakar pada dashboard mobil

Bahan bakar dan bensin juga harus diperhatikan jika mobil tidak menyala 

6. Pompa bahan bakar

Bahkan jika ada banyak bahan bakar di dalam tangki, pompa bahan bakar yang lemah atau relay pompa bahan bakar yang rusak dapat mencegah bahan bakar mencapai mesin. Jika Anda mendengarkan dengan seksama, Anda harus bisa mendengar pompa dalam tangki yang berjalan selama beberapa detik saat Anda pertama kali memutar kunci ke posisi "on" - sebelum memutar starter.

>>> Mungkin Anda tertarik, 7 HAL YANG TIDAK HARUS ANDA LAKUKAN SAAT MENGEMUDI

7. Busi

Masalah sistem pengapian sekunder, meskipun ini jarang terjadi, bisa menyebabkan mobil tidak bisa menyala. Sangat mudah untuk melupakan jadwal penggantian busi, sebaiknya lakukan ketika sudah mencapai 50,000 km.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang memasang busi yang sudah usang

Sistem busi juga berperan penting dalam menghidupkan mobil 

8. Sistem keamanan

Akhirnya, sistem keamanan elektronik bisa membuat pengemudi bingung. Mencoba menyalakan mobil dengan kunci kontak yang salah bisa menyebabkan penundaan 20 menit. Demikian pula, remote keyless entry dan remote start devices telah dikenal untuk menciptakan malapetaka. Kunci ini sangat mudah hilang, seperti membiarkannya berada di jaket atau tas lain.

Mengawali pagi dengan terburu-buru menjadi salah satu pengalaman yang paling mengesalkan. Apalagi ditambah dengan mobil yang tidak bersahabat, tentu saja menjadi awal yang buruk. Karena itu, pastikan untuk selalu menjaga mobil dan hindari beberapa alasan mobil tidak bisa menyala seperti yang telah dibicarakan di atas.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International