7 Tips Memilih Mobil Bekas Yang Layak Uang Dihabiskan

Banyak orang yang kecewa setelah membeli mobil bekas. Mereka tertipu karena ternyata mobil yang dibeli tidak dalam kondisi prima. Tidak mudah dapat membeli mobil bekas berkualitas. Secara khusus, semakin ada banyak cara untuk mengubah kualitas mobil dan menjadikan mobil yang mengalami banjir sebelumnya, tabrakan sebelumnya sebagai mobil berkualitas. Akibatnya, banyak konsumen kecewa saat dihabiskan uang dengan jumlah yang tidak sedikit tapi membeli mobil bekas yang tidak berkualitas.

Ada beberapa tips dan trik untuk membeli mobil bekas yang harus Anda ketahui agar tidak merasa kecewa atau menderita kerugian karena membeli mobil bekas. Sebagai situs jual beli mobil terpercaya di Indonesia Hargamobil.com akan memberikan tips untuk Anda yang berminat membeli mobil bekas yang murah namun tetap berkualitas.

1.  Pilih tempat pembelian

banyak mobil berwarna putih sedang diparkir di tempat parkir mobilnya

Belilah di tempat penjualan dipercaya

Jangan membeli mobil bekas di sembarang tempat, apalagi di tempat-tempat penjualan yang ilegal dan tidak resmi. Belilah di tempat penjualan yang memang sudah memiliki brand dan memang bisa dipercaya. Tempat yang sudah memiliki brand (nama) selalu berusaha menjaga nama baiknya karena mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplay mobil untuk dijual. Biasanya mereka suplay mobil dari perusahaan-perusahaan produsen mobil yang sudah besar.

2. Cermati eksterior mobil

gambar jelas sisi eksterior mobil Nissan Serena berwarna hitam sedang diparkir di jalan

Selanjutnya bisa melihat dari sisi eksterior

Setelah Anda mendapatkan tempat yang oke untuk beli mobil bekas, selanjutnya bisa melihat dari sisi eksterior. Cek eksterior mobil menjadi langkah pertama , pastikan bahwa setiap bagiannya masih mulus, khususnya bagian body yang begitu mudah dilihat. Cek juga kondisi catnya, apakah sudah kasar atau tidak. Selain itu periksa bagian kaca, apakah retak atau tidak.

Selain itu, coba periksa bagian lampu, apakah seluruhnya masih bekerja dengan baik, cek juga tingkat keterangannya. Bagian yang perlu Anda lihat ialah ban, pastikan masih baik dan belum aus. Nah yang terakhir ialah kolong atau kaki-kaki mobil, apakah karatan atau tidak.

3. Cek performa mesin mobil bekas

sebuah gambar performa mesin mobil bekas yang ada di depan sedang terbuka

Kemudian mintalah untuk melakukan uji setir mobil

Meskipun Anda membeli mobil bekas, sebaiknya Anda benar – benar memperhitungkan kondisi mesin mobil yang akan Anda beli karena ini akan berpengaruh pada seberapa lama mobil tersebut akan bertahan. Pertama-tama Anda bisa mengecek suara mesin mobilnya, mobil yang masih bagus dicirikan dengan suara mesin yang masih halus dan tidak terlalu kasar. Cek apakah mobil dapat distarter dengan mudah dan pengoperan gigi pada mobil manual tidak tersendat. Kemudian mintalah untuk melakukan uji setir mobil, jika tidak ada kecenderungan ke kanan atau ke kiri pada setir mobil, maka dapat dikatakan mobil masih dalam keadaan baik. Jika tidak memenuhi syarat – syarat mesin mobil, sebaiknya urungkan niat Anda untuk membeli mobil tersebut.

4. Perhatikan Aksesoris dan Interior

sebuah gambar dalam sebuah mobil suzuki ertiga dengan interior dan aksesori

Pastikan untuk coba menduduki jok

Setelah selesai dengan bagian eksterior dan mesin, saatnya untuk mengamati bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu Anda cermati antara lain bagian dashboard, setel AC, karpet serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang dan cek kualitas pelapisnya. Bagian kaca juga tak boleh luput dari perhatian dengan mencoba menaik-turunkan kaca mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Yaang terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.

5. Pastikan Surat-surat

sebuah gambar surat izin mengemudi (SIM) dengan dokumen lainnya yang diperlukan untuk pengemudi

 Surat-surat kendaraan adalah hal wajib

Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli, surat-surat kendaraan adalah hal wajib. Tak boleh terlewati, perhatikan dengan teliti soal keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, lantaran saat ini tak sedikit beredar surat palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Jika sudah terbukti asli, maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama serta administrasi lainnya.

6.  Cek Fisik

seorang sedang mengecek fisik sebuah mobil di tempat melakukan ceknya

Cek fisik mobil bekas ke kantor Samsat terdekat

Agar Anda tidak ragu lagi, tidak ada salahnya melakukan cek fisik mobil bekas ke kantor Samsat terdekat. Hal ini diperlukan guna memastikan informasi dan data yang tercantum dalam surat-surat kendaraan, baik BPKB atau STNK. Namun, proses ini hanya bisa Anda lakukan setelah mendapat izin dari penjual mobil. Sehingga jangan sungkan untuk meminta pengajuan cek fisik pada penjual. Bila memang tidak ada yang disembunyikan oleh penjual, pasti penjual memperbolehkan cek fisik kendaraan.

Demikianlah ualasan singkat tentang tips memilih mobil bekas murah tapi masih berkualitas. Membeli mobil bekas murah bisa menjadi pilihan(alternatif là tính từ, trong trưòng hợp này phải dùng danh từ) bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau.

>>> Mungkin Anda tertarik, 5 Rekomendasi Mobil Bekas Terbaik Berharga 150 Jutaan

7. Perhatikan asuransi mobil

sebuah gambar dokumen asuransi mobil yang sedang dilihat dari kaca pembesar

Harus memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut

Yang terakhir, harus memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan Anda beli mempunyai asuransi, tentu ini akan sangat lebih baik. Bagaimana dengan nama pemiliknya? Jangan khawatir asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen jual-beli yang komplet agar proses balik nama asuransi ini bisa berjalan dengan lancar.

Nah itulah saran untuk siapa yang ingin membeli mobil bekas berkualitas. Bagi Anda sebagai calon pembeli mobkas, tentunya hal ini menjadi penting yang  harus  perhatikan supaya tidak kalah saat membelinya. Jadi, hati-hati saat membeli mobil tangan kedua (second hand).

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ini Lho Plat Nomor Papua
    Ini Lho Plat Nomor Papua Heradiranto Tips & trik mobil

    Provinsi Papua memiliki plat nomor yang sangat khas karena menjadi petunjuk khusus untuk pulau yang terletak di ujung timur Indonesia. Menjadi bagian dari plat nomor seluruh Indonesia, plat nomor kendaraan bermotor Papua mempunyai catatan sejarah tersendiri.

  • Mari Mengenal Plat Nomor Lampung
    Mari Mengenal Plat Nomor Lampung Anto Tips & trik mobil

    Sebagai bagian dari plat nomor seluruh Indonesia, plat nomor kendaraan bermotor Lampung menjadi salah satu panduan untuk mengetahui keberadaan di satu lokasi. Tentunya masih banyak lagi kegunaan yang dimiliki oleh plat nomor kendaraan bermotor.

  • Ini Lho Plat Nomor Banten
    Ini Lho Plat Nomor Banten Anto Tips & trik mobil

    Sebenarnya, plat nomor kendaraan bermotor dapat menjadi salah satu acuan tepat untuk mengetahui lokasi kita saat berada di satu daerah. Supaya tidak bingung, perhatikan dengan cermat plat nomor kendaraan bermotor tersebut.

Harga mobil terbaru

International