5 Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tol Dengan Aman

31/10/2017 Adrian Suherman Tips & trik mobil

Jalan tol memang membantu kita untuk bisa cepat sampai ke tempat tujuan. Namun, entah karena terburu-buru, sadar atau tidak sadar, kita kadang kadang melanggar peraturan lalu lintas dalam berkendara di jalan tol dan pelanggaran ini mungkin membahayakan kita sendiri.

Berikut  5 tips aman mengendarai di jalan tol yang bisa bermafaat bagi Anda.

1. Siapkan Karcis Dan Uang Tol

seorang laki laki sedang siapkan Karcis Dan Uang Tol untuk membiaya jalan tol

 Anda harus mengambil karcis di gerbang masuk jalan tol

Ketika akan melewati jalan tol, maka Anda harus mengambil karcis di gerbang masuk jalan tol. Sementara untuk membayar, bisa di gerbang masuk atau juga di gerbang keluar. Untuk itu, maka sangat disarankan agar Anda sudah menyiapkan uang untuk melakukan pembayaran. Di beberapa gerbang tol, juga sudah tersedia fasilitas penggunaan kartu e-toll (e-money). Siapkan ketika Anda akan memulai perjalanan.

Dengan cara itu, maka Anda tidak perlu berlama-lama di gerbang tol untuk mencari uang di kantong atau dompet Anda. Jika tidak, maka Anda akan mendapat “tekanan” dari pengemudi lain yang mengantri di belakang Anda. Efeknya, hal ini akan menambah gugup saat Anda melaju di jalan tol.

Di samping itu, simpan kartu atau karcis jalan tol dengan baik di tempat yang mudah terjangkau. Sehingga tidak hilang atau sulit diambil saat akan keluar gerbang tol. Dan jangan pernah membuang sampah karcis parkir ke jalanan!

2. Ambil Jalur Yang Sesuai

banyak mobil sedang berkendara di jalan tol pada jam sibuk

Diperhatikan mengemudi di jalur yang tepat

Hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi di jalan tol ialah dengan mengetahui jalur yang tepat. Umumnya papan rambu jalan tol akan menganjurkan Anda melaju di lajur kiri. Sementara lajur kanan untuk mendahului. Sedangkan untuk jalan tol 3 jalur atau lebih, melajulah di jalur tengah. Karena jalur kiri umumnya diperuntukkan bagi truk dan kendaraan berat lain. Jangan pernah melaju di lajur kanan, sementara Anda berjalan dengan kecepatan yang biasa-biasa saja. Hal ini akan mengganggu kendaraan di belakang Anda yang sedang melaju dengan kecepatan kencang dan ingin mendahului Anda.

3. Perhatikan Rambu – Rambu

banyak rambu rambu di jalan tol dan dua kendaraan mobil MPV dan pickup truck sedang berkendara

Untuk di jalan tol juga terdapat rambu – rambu yang perlu untuk patuhi

Karena jalan bebas hambatan bukan berarti jalanan yang tanpa aturan karena ada aturan berkendara di jalan tol. Untuk di jalan tol juga terdapat rambu – rambu yang perlu untuk patuhi. Biasanya ialah kecepatan minimum dan juga kecepatan maksimum, larangan berhenti di jalan tol, larangan mendahului di lajur kiri serta  larangan melaju di bahu jalan tol.

Ternyata ada banyak sekali pengemudi yang tidak mematuhi peraturan tersebut. Sehingga Anda jangan heran bila melihat mobil yang melaju kencang sampai melebihi batas kecepatan atau juga berjalan melewati bahu jalan tol. Tetapi bukan berarti hal tersebut bisa dibenarkan serta boleh ditiru. Hal tersebut tentu saja sangat membahayakan untuk dirinya sendiri dan para pengguna jalan tol yang lainnya.

4. Selalu Jaga Jarak Aman

seorang pria sedang mengendarai mobilnya menjaga jarak dengan kendaraan di depannya

Menjaga jarak aman memang sudah seharusnya dipatuhi

Menjaga jarak aman memang sudah seharusnya dipatuhi oleh para pengendara untuk keselamatan diri. Jarak ideal antara kendaraan adalah sekitar 10-20 meter. Bagi Anda yang masih pemula, ada trik khusus yang sangat berguna untuk menjaga jarak aman kendaraan Anda yakni dengan metode ‘Jarak 3 Detik’. Dalam cara tersebut, Anda bisa menggunakan selisih waktu antara mobil yang Anda kendarai dengan mobil yang ada di depan Anda sekitar tiga detik.

Anda bisa menggunakan objek lain yang berada di pinggir jalan untuk dijadikan sebagai patokan, misalnya ada sebuah pohon, maka tunggulah mobil tersebut melewati pohon selama tiga detik dan lalu kemudian giliran Anda yang berjalan. Atau Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti melihat ban belakang dari kendaraan yang ada di depan. Ketika Anda masih bisa melihat ban belakang mobil depan, berarti itulah jarak aman antara kedua mobil tersebut.

5. Jangan Berpindah Jalur Sembarangan

Sebuah mobil sedang berpindah jalur sembarangan jika banyak mobil sedang berkendara, hal itu sangat bahaya

Memperhatikan semuanya jika Anda akan berpindah jalur

Jika Anda akan berpindah jalur di jalan tol sedikit berbeda pada saat di jalanan perkotaan. Pada dasarnya memanglah sama, Anda harus memberikan signal dengan cara menyalakan lampu sein serta selalu memastikan lajur sebelah kanan untuk mendahului posisinya dalam kondisi yang aman.

Tetapi perlu Anda diperhatikan juga bahwa pada saat di jalan tol, hampir semua mobil atau kendaraan melaju dengan kecepatan dengan relatif tinggi. Maka jika Anda akan berpindah jalur, selalu pastikan kalau semuanya sudah benar-benar aman.

Caranya ialah dengan melihat kaca spion untuk memastikan jika tidak ada kendaraan di jalur yang akan diambil. Meskipun terlihat masih jauh, kendaraan tersebut bisa saja sedang melaju dengan kecepatan sangat kencang dan tiba-tiba sudah berada di jarak yang sangat dekat.

Oleh sebab itu, gunakanlah selalu lampu sein sebagai tanda atau aba-aba bahwa Anda akan berpindah jalur. Bila kendaraan di belakang Anda menjaga jaraknya, berarti kondisi Anda sudah aman untuk memulai berpindah jalur.

Mudah-mudahan, informasi yang Hargamobil sampaikan ini akan  membantu anda  bisa  mengendarai secara aman di jalan tol.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Lagi Viral, Ini Perbedaan Varian Daihatsu Grand New Xenia 2019
    Lagi Viral, Ini Perbedaan Varian Daihatsu Grand New Xenia 2019 Abdul Tips & trik mobil

    Pada awal tahun 2019 telah digemparkan dengan kemunculan mobil terbaru dari Daihatsu yakni Grand New Xenia. Yang mana mobil ini dihadirkan untuk memberikan pilihan bagi masyarakat yang berkeinginan membeli sebuah mobil keluarga. Daihatsu Grand New Xenia 2019 masuk dalam jajaran Low MPV yang memakai model baru dan berbeda dengan generasi sebelumnya. Lantas apa perbedaan varian Daihatsu Grand New Xenia 2019? Mari kita simak penjelasannya.

  • Beberapa Tanda Yang Membuat Pemilik Harus Mengganti Filter Udara Mobil
    Beberapa Tanda Yang Membuat Pemilik Harus Mengganti Filter Udara Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai kendaraan dengan kondisi yang baik dan minim masalah tentu lebih nyaman. Selain itu juga dapat menghemat pengeluaran uang karena tidak perlu ada biaya tambahan untuk melakukan perbaikan karena terdapat masalah. Namun untuk bisa membuat mobil tetap kondisi yang baik, tentunya harus memperhatikan segala sesuatunya dengan benar. Seperti misalnya dalam mengganti filter udara mobil tidak boleh sampai telat.

  • Rekomendasi Pilihan Mobil Untuk Liburan Yang Dapat Dipilih
    Rekomendasi Pilihan Mobil Untuk Liburan Yang Dapat Dipilih Abdul Tips & trik mobil

    Liburan merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu oleh kebanyakan orang. Apalagi bagi seseorang atau keluarga yang memiliki aktivitas padat, tentu momen tersebut akan dimanfaatkan dengan pergi ke suatu tempat. Pergi menggunakan mobil tentu menjadi salah satu pilihan, hal tersebut karena faktor keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Nah, terdapat banyak pilihan mobil untuk liburan yang dapat dipilih.