5 Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Menyetir Jarak Jauh

23/11/2017 Adrian Suherman Tips & trik mobil

Saat anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil pribadi tentunya banyak hal harus dipersiapkan mulai dari kesiapan fisik, perlengkapan kendaraan dan bekal Hal ini sangat penting karena dalam perjalanan jauh tentunya rawan terjadi masalah seperti kecelakaan dan lainnya. Selain itu, anda juga mengetahui cara berkendara aman dalam jarak jauh agar perjalanan anda dapat nyaman dan aman.

Untuk itu kami akan perkenalkan beberapa tips yang bisa anda gunakan agar anda dapat mengemudi dengan nyaman dan aman dalam perjalanan yang jauh.

1. Pilih Jalur yang Tepat

sebuah jalan sangat sepi dan ada banyak mobil sedang diparkir di pinggir jalan

Anda perlu memilih jalur yang mudah dilewati

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jalur yang mudah dilewati tanpa hambatan sehingga jarak tempuh menjadi singkat dan semakin efisien. Untuk mengetahui jalur tersebut cukup gunakan navigasi peta yang tersedia pada mobil atau smartphone Anda. Navigasi tersebut akan memberi informasi kepada Anda jalur yang dekat dan bebas hambatan. Navigasi sangat Anda butuhkan jika Anda sering mengemudi menuju luar kota.

2. Beristirahat Sejenak

Seorang pria menunjuk arloji berwarna hitam yang dia pakai dalam mobilnya

Harus ada waktu yang disisihkan untuk beristirahat sejenak

Berkendara jarak jauh pastinya membutuhkan persiapan yang matang. Selain itu, berkendara jarak jauh bukan berarti terus menerus berjalan sampai tujuan tanpa istirahat, harus ada waktu yang disisihkan untuk beristirahat sejenak.

Menurut Instruktur Rifat Drive Lab (RDL), Andry Berlianto, setiap dua jam perjalanan, merupakan waktu ideal pengendara beristirahat saat berkendara jarak jauh. Selain itu, berkendara maksimal 10 hingga 12 jam sehari agar kondisi badan lebih segar, saat berkendara jarak jauh.

3. Tahan Emosi dan Menghibur Diri

seorang wanita sedang senyum sambil mengemudi mobilnya

Hasilnya pengemudi tunggangan yg mudah emosi

Dalam perjalanan jarak jauh tidak mampu dihindari jalan yang padat serta menyebabkan kemacetan total. Hasilnya pengemudi tunggangan yg mudah emosi. Bila terjebak macet sebaiknya tahan emosi anda menggunakan cara menghibur diri. Anda mampu mendengarkan lagu favorit atau sekadar mengobrol menggunakan sesama pengemudi lainnya. Manfaatkan semaksimal mungkin kemacetan buat melakukan hal-hal yg menyenangkan atau sekadar ketika buat beristirahat sejenak.

>>> Baca juga: 4 Tips Mengemudi Mobil Di Tanjakan Dengan Aman

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

seorang pria telah berhenti mobilnya untuk minum air dalam mobilnya

 Jangan malah minum minuman manis seperti kopi dan teh ya

Pastikan Anda telah menyiapkan air minum yang cukup di dalam mobil. Konsentrasi yang penuh dan duduk terlalu lama bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak energi. Jadi cukupi kebutuhan cairan dan penuhi cadangan cairan dalam tubuh dengan minum air putih. Jangan malah minum minuman manis seperti kopi dan teh ya. Bakal bikin kamu jadi cepat haus.

5. Tidur Minimal 1 Jam

beberapa orang sedang tidur dalam sebuah mobil yang tidak berkendara

Setiap empat jam, pengemudi harus istirahat

Setiap empat jam, pengemudi harus istirahat. Lamanya mengemudi itu tergantung usia tetapi merujuk pada peraturan internasional maksimal mengemudi itu empat jam. Tetapi kembali lagi kalau usianya 30 ke atas itu kasih toleransi kalau memang sudah capai, dua jam istirahat.Anda bisa tidur 30 menit atau 40 menit itu berkualitas.

Ini adalah beberapa tips-tips menyetir mobil jarak jauh yang aman dan nyaman. Selalu perhatikan keselamatan dan berhati-hati dalam berkendara. Semoga panduan mengemudi jarak jauh yang sudah kami berikan tadi berguna untuk anda.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International