3 Hal Buat Pengemudi Mobil Matic Tidak Mudah Lelah

12/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil matic menjadi idaman banyak orang terutama kaum hawa. Hal tersebut tidak terlepas dari kemudahan yang ditawarkan. Apalagi banyak kabar yang menyebutkan bahwa pengemudi mobil matic tidak mudah lelah, benarkah?

Ungkapan mengenai pengemudi mobil matic tidak mudah lelah termasuk benar jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual. Hal tersebut karena tidak dibekali dengan kopling sehingga kinerja kaki lebih mudah.

Dalam praktiknya, mengemudikan mobil matik hanya menggunakan kaki kanan saja yaitu untuk mengoperasikan pedal gas dan rem mobil. Berikut ini merupakan beberapa hal yang membuat pengemudian mobil dengan transmisi otomatis tidak mudah mengalami kelelahan.

1. Menggunakan 2 Pedal Saja

gambar ini menunjukkan 2 pedal pada mobil matic

Pengoperasian mobil matic hanya dengan kaki kanan saja

>>> Baca Juga, Perhatian, Jangan Lakukan Ini Pada Mobil Matic Anda

Pada mobil transmisi manual biasanya akan menemukan 3 pedal yakni gas, rem dan kopling. Namun berbeda dengan mobil transmisi otomatis yang hanya diberikan 2 pedal saja yaitu gas dan rem. Hal tersebut karena perpindahannya giginya dilakukan secara otomatis. Bahkan ada juga yang memakai sistem torque converter dan juga yang mengandalkan gaya sentrifugal yaitu pegas CVT.

Pada saat mengemudikan mobil matic yang digunakan adalah kaki kanan saja dan kaki kiri dibiarkan beristirahat. Sangat tidak boleh menekan pedal rem dengan kaki kiri kecuali sudah mendapatkan pelatihan khusus.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Tidak Perlu Mikir Soal Putaran Mesin

Gambar ini menunjukkan perpindahan pada tuas mobil matic

Untuk tuas transmisi bisa memakai D-3 di jalan datar dan L atau 2 untuk jalan menanjak

>>> Baca Juga, Mengemudi Mobil Matic Di Tanjakan Macet, Ini Yang Perlu Diperhatikan

Beberapa hal yang membuat pengemudi mobil matic tidak mudah lelah adalah pengendara tidak perlu memikirkan soal putaran mesin. Hal tersebut karena perpindahan gigi terjadi secara otomatis. Jadi gigi transmisi otomatis menyesuaikan dengan kondisi jalanan tergantung dengan pedal gas yang dioperasikan pengemudi memakai kaki kanan.

Perpindahan gigi yang dilakukan hanya menuju ke gigi rendah pada kondisi tertentu saja. Kita ambil contoh pada mobil Avanza matic, saat melaju di jalan menanjak maka tuas transmisi dipindah ke posisi 2 atau L supaya torsi yang didapatkan cukup. Akan tetapi jika melewati jalanan yang rata bisa memindah tuas transmisi menuju ke D-4.

3. Suara Lebih Halus

Suara mesin dan juga perpindahan gigi lebih halus bila menggunakan mobil transmisi otomatis. Apalagi pada mobil Toyota yang sudah memakai sistem transmisi CVT. Karena untuk transmisinya mengandalkan rasio kabut karet baja tidak memakai gigi. Oleh sebab itu kepresisian dan kesenyapan bisa didapatkan saat mengemudi mobil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza Matic tampak samping

Mobil matic saat ini semakin banyak peminatnya

Demikianlah informasi soal pengemudi mobil matic tidak mudah lelah. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Sobat yang berniat membeli mobil transmisi otomatis. Saat ini mobil matic banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia, tidak hanya kaum hawa saja, para pria juga menggunakannya karena memang lebih mudah dalam pengoperasiannya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International