11 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Hanya Keluar Angin

13/10/2017 Adrian Suheman Tips & trik mobil

Pasti sangat tidak nyaman saat anda mengemudi mobil dan AC mobil tidak dingin dan hanya keluar mobil khususnya pada hari hari panas. Sudahkah anda mengenal penyebab penyebap AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin dan bagaimana cara mengatasinya? Kalau belum, silakan mengikuti informasi informasi di bawah iniMenurut Hargamobil.com ada 11 penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin.

1. Filter Kabin Kotor

Kondisi filter kabin yang kotor akan menyebabkan sirkulasi udara menjadi terhambat, maka harus ganti filter kabin setiap jarak tempuh 16.000 km.

Tangan seorang berdebu setelah memeriksaFilter Kabin Kotor

Filter kabin perlu cek rutin

Saat melihat kondisi filter sudah kotor, harus ganti dengan yang baru jangan tunggu sampai ada masalah pada AC atau ketika melakukan servis rutin mobil. Saat filter sudah kehilangan fungsi dan udara kotor masuk tentu AC mobin menjadi kurang dingin dan hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan penumpang dan pengendaranya.

2. Puli Kompresor Tidak Berputar Karena Belt Putus

Belt pada kompresor berfungsi menggerakkan puli pada kompresor dan menghubungkannya dengan power steering ,pompa air , alternator dan kipas pendingin. Belt yang putus mengakibatkan overheating. Hal ini dikarenakan kipas pada pendingin radiator dan pompa air pada mesin mobil tidak berfungsi yang mengakibatkan overheating dan pada akhirnya mobil menjadi mogok.

Sebuah kompressor AC mobil berwarna silver dan kuning yang hadir di meja

Belt putus bisa membuat AC tidak beroperasi lancar

Selain itu, hal ini juga akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin karena tidak ada proses pendinginan freon AC di evaporator yang juga dilakukan oleh kipas pendingin radiator. Selain itu indikator gambar baterai pada dashboard juga akan menyala karena alternator (dynamo ampere) tidak bekerja, hal ini menyebabkan aki mobil tidak tersuplai listrik.

3. Kehabisan Freon Karena Kebocoran Selang

Terjadinya kebocoran pada selang yang diakibatkan Oli Kompresor yang tidak pernah diganti dan bisa jadi disebabkan gesekan dengan komponen yang lainnya. Freon pada sistem AC mobil hanya bersifat sirkulasi dan tidak ada alasan Freon habis jika tanpa adanya kebocoran.

Sistem AC dalam mobil yang dibuka dan kita bisa terlihat Kompressor AC

Freon yang habis akan membuat AC tidak dingin

Freon yang habis akan menyebabkan gas yang dikeluarkan katup ekspansi akan menjadi minim. Hal tersebut akan menyebabkan udara yang dihembuskan tersebut hanya sekedar angin biasa bahkan  angin terasa panas.

4. Magnetic Clutch Pada Kompressor AC Rusak

gambar deskripsi Magnetic Clutch dalam AC mobil dan beberapa bagian lain

Magnetic clutch ini berada di dalam kompresor 

Posisi magnetic clutch ini berada di dalam kompresor dan kebanyakan magnetic clutch ini rusak di bagian gulungan spulnya karena arus pendek. Magnetic clutch jika rusak bisa menyebabkan armature asembly tidak terhubung dengan puli kompressor AC yang berputar dengan mesin.

5. Rusaknya Thermistor AC Atau  Peraba Suhu Evaporator

Thermistor ini adalah kependekan dari terminal resistor. Fungsi utama dari thermistor ini adalah mengukur suhu yang diberikan oleh kompresor. Bayangkan jika sebuah sistem AC tanpa adanya thermistor,hal ini akan menyebabkan Evaporator beku. Hal tersebut disebabkan karena suhu yang dikeluarkan oleh kompresor tidak diatur dengan baik.

6. Putusnya Sekring AC Karena Arus Pendek

Arus pendek mengindikasikan adanya konsleting pada bagian kelistrikan AC mobil. Hal yang harus segera anda lakukan adalah membawanya ke bengkel spesialist AC mobil. Kelistrikan harus benar benar dikerjakan oleh ahli di bidang kelistrikan,jika anda  coba mengecek sendiri maka yang akan terjadi bisa lebih fatal.

7. Kerusakan Pada Resistor Variabel

Gambar Deskripsi Resistor Variabel dalam AC

Resistor Variabel juga mempengaruhi AC

Memang masalah yang terjadi kebanyakan masih seputar urusan kelistrikan. Karena resistor variable ini berada pada bagian saklar switch on/off AC mobil.

8. Kompresor AC Aus

Jika kompresor AC mobil yang aus indikasinya bisa  anda  rasakan pada saat terdapat tekanan tidak normal, maka akan timbul bunyi gesekan. Hal yang satu ini bisa mengakibatkan sight glass yang terlihat hitam, receiver drier dan katup ekspansi yang tersumbat.

9. Suhu Mesin Terlalu Tinggi

Mesin terlalu lama menyala, ataupun pada kondisi perjalanan jauh dan tanpa istirahat bisa menyebabkan kondisi suhu mesin mobil yang terlalu tinggi.  Hal itu juga memperngaruhi terhadap kompresor AC mobil yang akan menyuplai tenaga udara dingin.

mesin dalam mobil sedang menggerutu setelah beroperasi terlalu dan seorang pria sedang cek mobilnya

Jangan suhu mesin terlalu tinggi

Oleh karena itu, satu hal yang perlu diingat saat berkendara jauh adalah jangan berkendara terus menerus tapi perlu istirahat antara tahap-tahap.

10. Celah Pada Centerpiece Terlalu Lebar

Celah pada centerpiece yang terlalu lebar dapat disebabkan karena magnet yang tidak sanggup menarik centerpiece. Umunya daya magnetik tidak akan bekerja maksimal juga terjadi overheat. Overheat yang terjadi ini dapat disebabkan banyak faktor misalkan karena drivebelt yang putus,maupun mesin AC yang bekerja terlalu lama.

11. Evaporator Yang Kotor

Evaporator merupakan alat yang berfungsi untuk mendistribusikan udara dingin ke kabin mobil anda . Evaporator akan bekerja jika telah menerima proses dari pengembunan gas pendingin oleh freon. Bila evaporator ini kotor maka udara yang didistribusikan tersebut akan terhalang oleh kotoran dan akan menyebabkan udara yang keluar juga menjadi tidak bersih.

Dua Evaporator Mobil, satu kotor dan satu bersih setelah membersihkan

Membersihkan evaporator sangat penting

Solusi ampuhnya tentu saja dengan cara melakukan pengurasan evaporator dan lebih baikn berbahas dengan bengkel spesialist AC mobil anda mengenai kondisinya.

Itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin saat anda menggunakannya. Jadi selalu lakukan pelayanan AC mobil secara rutin sehingga anda bisa mendeteksi sesegera mungkin kondisi AC mobil.

Mudah-mudahan, informasi yang Hargamobil sampaikan ini bisa bermanfaat dan membantu anda jika anda mengalami masalah tentang AC.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International