Suzuki Vitara Brezza 2018 Indonesia

27/03/2018 Heri Susanto Review Suzuki

Suzuki Vitara Brezza merupakan katalog anyar Suzuki di ranah SUV. Mobil yang diluncurkan pada tahun 2016 silam ini memang dikhususkan bagi mereka yang menggemari mobil dinamis dan maskulin serta mampu melaju di berbagai medan. Vitara Brezza sendiri hadir untuk menemani saudara-saudaranya Grand Vitara dan S-Cross. Akankah Brezza mampu bersaing dengan nama-nama lainnya ataukah Brezza hanya akan menjadi penggembira di ranah sejenis.

1. PENGANTAR

Gambar mobil Suzuki Vitara Brezza 2018 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Suzuki Vitara Brezza 2018 hadir dengan berbagai warna yang cukup fresh di mata

Spesifikasi Suzuki Vitara Brezza 2018 Indonesia - Ranah mobil SUV sejatinya merupakan ranah yang cukup seksi untuk digali. Kecenderungan pecinta otomotif dalam mengendarai mobil dengan jumlah penumpang banyak adalah kunci dari maraknya produsen otomotif memproduksi mobil jenis tersebut. Tak hanya itu, desainnya yang elegan serta kapasitas mesin yang mumpuni untuk dipacu di berbagai medan juga menjadikan SUV sebagai salah satu primadona di industri di luar MVP dan Green Car.

Menilik tren positif tersebut, Suzuki bergerak cepat dengan meluncurkan Suzuki Vitara Breeza. Mobil ini sendiri jelas berbeda dengan Grand Vitara. Keduanya memang diposisikan untuk mengarungi pasar yang sama. Vitara mungkin lebih terkesan universal sementara Brezza lebih dilontarkan untuk anak muda yang ingin tampil sporty dengan mobil SUV. Mobil ini sendiri kabarnya akan dipasarkan di Indonesia pada tahun 2018 ini. Terkait tanggal pastinya, Suzuki masih enggan buka suara mengenai mobil ini. Apakah Brezza nantinya mampu bersaing dengan nama lainnya? Terlalu dini untuk memberi penilaian sebelum mengetahui spesifikasi Suzuki Vitara Brezza 2018 Indonesia. Selamat membaca ya.

2. EKSTERIOR

Dari sisi eksterior Suzuki Vitara Brezza 2018 memang terasa begitu dominan akan kesan dinamis. SUV kompak ini juga memiliki desain yang sporty dan cukup gagah. Mobil yang terasa lebih muda dari Vitara ini siap memberikan perbedaan yang cukup berarti untuk kompetitornya tersebut. Lantas, apa saja yang tersemat pada bagian eksterior mobil ini?

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Suzuki Vitara Brezza 2018 berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Kesan stylish nan modern cukup tergambar di bagian depan mobil ini

Di bagian depan, Suzuki Vitara Brezza 2018 Indonesia memiliki tampilan yang cukup modern. Hal tersebut tergambar dari tampilan headlamp berukuran sedang dan menjorok sedikit ke samping. Lebarnya lampu utama ini di rasa cukup pas dengan space yang disediakan. Selain memiliki desain modern, lampu utama ini juga mampu memberikan penerangan maksimal karena sudah dilengkapi dengan teknologi LED sehingga Brezza dirasa mampu tampil lebih dominan saat melintasi medan yang minim pencahayaan. Di bagian tengah, terpasang grill yang menyerupai Grand Vitara. Bedanya, sisi rongga udara ini memiliki garnish sends. Alden chrome yang menyerupai huruf H memanjang. Tak lupa pula, logo kebesaran Suzuki hadir untuk memberikan identitas pabrikan.

Di bagian bawah, tersemat bumper berukuran besar uang memberikan kesan aerodinamis melalui fei tambahan yang hadir di bagian bumper. Untuk memberikan kesan kokoh, hadir pula bazel dengan aksen black doff yang menyelimuti sisi grill bumper sekaligus memberikan kesan kokoh pada bagian depan. Guna mempercantik sisi depan, hadir pula fog lamp dengan teknologi serupa lampu utama untuk memberikan pencahayaan tambahan di sisi depan saat cuaca tengah dalam kondisi kurang bersahabat.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Suzuki Vitara Brezza 2018 berwarna kuning dilihat dari sisi samping

Bagian samping mobil ini masih terasa cukup dinamis

Sementara di bagian samping, kesan dinamis terjaga berkat berbagai lekukan yang tersemat di sisi ini mulai dari pintu bagian tengah hingga suka bawah. Kesan kokoh juga diberikan melalui gemuknya space yang tersemat di aras bagian roda serta body yang dibuat sedikit tinggi gua memberikan kesan jenjang. Sisi modern juga ditawarkan melalui kehadiran electric spion yang bisa dikontrol melalui bagian kabin. Kesan fungsional juga dikontrol melalui roof rail yang tersemat di bagian atas untuk memberikan space tambahan apabila bagian bagasi sudah dipenuhi berbagai barang. Menutup sisi samping, tersemat juga roda dengan velg alloy bermotif racing guna tambahkan kesan sporty di bagian samping.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Suzuki Vitara Breeza 2018 berwarna orange dilihat dari sisi belakang dan di sebelah kanan ada sebuah model yang cantik berpakaian biru

Sisi belakang nampak sederhana namun tetap maskulin

Jika Grand Vitara memiliki aksesoris ban serep di bagian belakang, maka Suzuki Vitara Brezza 2018 Indonesia menanggalkan ban tersebut dan tampil sederhana di bagian belakang dengan tak banyak memberikan garnish. Sisi belakang ini nampak begitu alami dengan stop lamp berukuran besar yang dipadukan dengan roof skirt sehingga membubuhkan kesan sprty. Bagian belakang ini juga diperkuat dengan kehadiran bumper berukuran besar yang membuat mobil ini nampak begitu kokoh.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Masuk ke bagian dalam, interior Suzuki Vitara Brezza 2018 memiliki tampilan yang lumayan elegan melalui berbagai fitur yang tersemat di bagian dalam. Tak hanya itu, kenyamanan juga begitu terasa melalui seat yang terbilang nyaman dan karena merekap yang disediakan begitu empuk. Di luar itu, apalagi yang tersemat di bagian dalam dari Suzuki Vitara Breeza 2018 Indonesia?

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Suzuki Vitara Breeza 2018

Sisi dashboard sudah dilengkapi dengan fitur infotaiment yang mumpuni

Pada bagian dashboard, Suzuki Vitara Brezza 2018 Indonesia memiliki tampilan yang begitu elegan dengan hadirnya panel multimedia yang terbungkus rapih dengan AC. Melalui panel multimedia dengan layar sebesar 6 inci tersebut mampu menampilkan fitur infotainment sepeti radio, gps, dan media player lainnya. Sebagai pelengkap, hadir pula berbagai fitur tambahan seperti telepon, sms USB, AUX hingga Bluetooth connectivity. Bicara soal AC, Brezza sudah melengkapi diri dengan menyempatkan penyejuk ruangan tersebut di berbagai sisi.

  • Steering

Gambar bagian setir mobil Suzuki Vitara Breeza 2018

Sisi setir sudah dilengkapi dengan steering switch control

Bergeser ke bagian steering, tersemat pula fitur steering switches control yang siap memudahkan pengemudi dalam mengatur berbagai fitur pada bagian dashboard. Dengan demikian kualitas berkendara bisa tetap terjaga. Sementara untuk mempermudah bantingan, tersemat pula fitur power steering sehingga pengemudi tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk melakukan bantingan kepada mobil ini. Untuk melengkapi panel di bagian depan, tersemat panel MID yang siap memberikan informasi terantuk seputar tripmeter, fuel indikator level, hingga tachometer. Panel ini juga terasa cukup atraktif karena sudah dilengkapi dengan 5 mood light yang siap memberikan informasi dengan lebih atraktif.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Suzuki Vitara Breeza 2018 dengan kulit berwarna hitam

Kursi yang mampu menampung lima orang penumpang ini nampak begitu luas dan lapang

Masuk ke sisi seat, kenyamanan dihadirkan melalui material yang tersemat pada seluruh kursi. Bisa dipastikan, pengguna bisa dengan betah berlama-lama duduk di kursi ini. Selain mampu disetel untuk memaksimalkan rongga kaki, seat bagian depan juga sudah dilengkapi dengan storage untuk menyimpan berbagai barang bervolume sedang semisal botol minuman gelas dan lain sebagainya. Saat storage tersebut ditutup, maka akan hadir pula arm rest yang bisa dibagi dua antara kursi pengemudi dan penumpang disampingnya. Cukup fungsional bukan? Seakan tak ingin ketinggalan, seat bagian belakang juga sudah dilengkapi dengan berbagai riang penyimpanan dengan volume sedang. Secara keseluruhan, sisi interior Suzuki Vitara Breeza 2018 dirasa siap menghadirkan kenyamanan bagi penggunanya sepanjang perjalanan.

>>> Baca juga:

4. FITUR

Fitur airbag di mobil Suzuki Vitara Brezza 2018

Airbag yang tersemat mampu memproteksi penumpang dari kemungkinan terburuk sepanjang perjalanan

Salah satu kunci dari sebuah mobil adalah kelengkapan fitur di dalamnya. Oleh karena itu, Suzuki Vitara Breeza 2018 Indonesia juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang keselamatan seperti kombinasi pengereman ABS dan EDB yang siap memberikan kemudahan pada pengemudi dalam mengendalikan kecepatan dari mobil ini sekaligus memberikan kemudahan untuk menghasilkan pengereman yang optimal. Selain pengereman, sisi luar dari mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Suzuki TECT Body yang siap meredam benturan dari sisi depan sehingga penumpang di bagian kabin tetap merasa aman. Bagian samping mobil juga sudah diproteksi dengan side beam impact yang siap memberikan perlindungan maksimal apabila mobil mengalami benturan dari sisi samping. Untuk melindungi penumpang dan pengemudi di bagian depan saat kejadian terburuk terjadi, dihadirkan pula dual airbag yang siap meminimalisir resiko terjadinya cidera. Sementara untuk penumpang di bagian belakang, hadir pula seat belt yang siap meminimalisir terpentalnya penumpang ke bagian depan.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

5. OPERASI

Gambar mobil Suzuki Vitara Brezza 2018 berwarna merah

Mesin yang tersemat pada mobil ini terbilang cukup tangguh

Beranjak ke sisi mesin Suzuki Vitara Brezza 2018 Indonesia sudah dilengkapi dengan mesin disel bertipe DDiS 200 dengan 4 silinder. Mesin berkubikasi 1248 cc ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 66 kw pada putaran 4000 rpm. Sementara torsinya sendiri mampu mencapai titik 220 Nm pada putaran 1750 rpm. Sayangnya, mobil ini hanya dilengkapi dengan transmisi manual dengan lima percepatan. Sementara untuk sistem penekanan bahan bakar, mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem emisi BSIV yang mampu menekan konsumsi bahan bakar hingga 24.3 km/liter.

6. SPESIFIKASI

Bagaimana spesifikasi Suzuki Vitara Brezza 2018 ini?

Mesin

Seri mesin

DDiS 200, DOHC

Kubikasi

1248 cc

Tenaga maksimum (ps/rpm)

66 KW/4000 RPM

Torsi maksimum (kg.m/rpm)

200 NM @ 1750 RPM

Transmisi

Manual with 5 Speed

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3995 mm x 1790 mm x 1640 mm

Wheelbase

2.500mm

Tempat Duduk

5 Seat

Lain-lain

Ukuran Ban

R 16

Suspensi Depan

MacPherson strut with coil spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Kapasitas Tangki

48 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Vitara Breeza 2018 ini?

Kelebihan

Kekurangan

Desain unik

Ketersediaan di Indonesia masih belum jelas

Fitur lengkap

Status mobil kemungkinan besar CBU

Kabin luas

Pajak mobil akan lumayan mahal jika statusnya CBU

8. DAFTAR HARGA

Bedasarkan pantauan kami, harga yang ditawarkan oleh Suzuki untuk Brezza terkesan kompetitif. Namun harga ini adalah harga yang dijual di India. Bisa dipastikan, jika mobil ini masuk ke Indonesia dengan status CBU, tentu harga yang tersemat bisa lumayan mahal. Lantas, berapa harga mobil ini di pasar India?

Tipe mobil

Harga Suzuki Vitara Brezza (India)

Suzuki Vitara Brezza 2018

Rp 130-190 jutaan

9. VIDEO

Anda pasti penasaran dengan wujud dari mobil ini. Jangan khawatir karena kami telah mempersiapkan preview videonya untuk anda. Selamat menyaksikan.

10. KESIMPULAN

Suzuki Vitara Brezza 2018 Indonesia merupakan Mid SUV yang dipersiapkan Suzuki untuk menyongsong salesnya di ranah sejenis. Untuk sementara, mobil ini masih tersedia di India dan kabarnya, distributor merek Suzuki untuk Indonesia, PT Suzuki Indomobil Motor siap membawa mobil ini ke Indonesia guna meramaikan persaingan. Akankah nantinya Brezza mampu hadir dan duduk manis di singgasana Mid SUV sebagai penguasa sales? Well, kita tunggu saja.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer