Spesifikasi Toyota Yaris GR Sport 2021 : Buat Anak Muda Lebih Bergaya

31/08/2021 Abdul Review Toyota

Pihak Toyota menghadirkan 5 line up baru dan satu diantaranya model limited atau terbatas. Diantara mobil tersebut adalah Toyota Yaris GR Sport 2021. Dimana untuk line up baru Toyota ini mendapatkan nuansa Gazoo Racing dengan tampilan lebih sporty.

1. PENGANTAR TOYOTA YARIS 2021

Kehadiran mobil Toyota Yaris GR Sport menjadi pengganti dari tipe TRD SPortivo. Terdapat perbedaan antara GR Yaris yang sebelumnya pernah diproduksi secara massal namun dengan jumlah yang terbatas. Nah dengan adanya model terbarunya ini, sebelumnya yang melirik GR Yaris yta[i tidak mendapatkannya maka bisa memilih model terbaru dari Toyota ini.

Tampilannya lebih sporty dengan terdapat beberapa pembaruan.  Hal ini tentunya menjadikan customer yang sebelumnya ingin memiliki mobil dengan nuansa Toyota Gazoo Racing sport namun belum bisa memilikinya dapat memilih Yaris GR Sport. Lantas seperti apakah desain dan fitur yang diberikan di dalamnya? Mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR TOYOTA YARIS 2021

Sisi Depan Toyota Yaris GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan sisi depan Toyota Yaris GR Sport 2021

Desain headlamp seakan menatap tajam ke arah depan

Mobil besutan Toyota ini memiliki tampilan sporty. Desain yang diberikan membuat auranya terlihat lebih stylish dan mempuanyai nuansa youthful yang sesuai dengan karakter jiwa muda. Di bagian headlamp menggunakan LED  multi reflektor dipadukan dengan DRL. Sementara untuk fog lamp juga mengandalkan LED.

Lekukan-lekukan yang diberikan menjadikannya tampak gagah. Sementara di bagian grill mempunyai lekukan ala-ala Lexus yang siap membuat pemiliknya tetap bergaya. Bagian bumper juga mendapatkan Stunning New Front Bumper Spoiler. Dimana tampilannya tampak berani dan enak untuk dipandang.

Sisi Samping Toyota Yaris GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan sisi samping Toyota Yaris GR Sport 2021

Kesan aerodinamika terpancar begitupun aura sporty dari arah samping

Pada sisi ini yang menjadikannya terlihat sangat menarik dan sporty adalah diberikannya New Exquisite GR Side Skirt Design. Velg yang diberikan mengandalkan ukuran 18 inci dipadukan dengan tulisan Toyota pada belakang roda depan. Sebelumnya pada tulisan Toyota adalah tulisan TRD Sportivo.

Di bagian fender depan terdapat emblem tulisan Dual VVT-i. Spion mengandalkan sewarna bodi dan handle pintu diberikan aksen warna krom. Mobil ini telah diberikan talang air yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang saat turun hujan.

Sisi Belakang Toyota Yaris GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Yaris GR Sport 2021

Desain sederhana tapi sporty

Menuju ke sektor belakang, tampak bagian atas sendiri terdapat antena shark fin dipadukan dengan New Rear Roof Spoiler. Di bawahnya terdapat hogh mount stop lamp, rear defogger dan rear wiper.

Pada sisi tengah terdapat logo kebanggaan Toyota dengan aksen warna krom. Sementara sisi kanan dan kiri terdapat lampu belakang yang terlihat runcing ke dalam. Desain stop lamp LED bar dengan lampu sein masih mengandalkan bohlamp. Untuk sisi kanan pintu terdapat emblem GR dan sisi kiri emblem tulisan Yaris.

Bumper mobil terdapat reflektor pada sisi kanan dan kiri. Pada sisi ini mendapatkan New Striking Rear Bumper Spoiler yang membuatnya tampil lebih sporty.

>>> Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 : Mobil Hatchback Fitur Menarik Desain Sporty

3. INTERIOR TOYOTA YARIS 2021

Sisi Dashboard & Kemudi Toyota Yaris GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Toyota Yaris GR Sport 2021

Dashboard tampil sporty dan modern

Bagian interior menawarkan desain sporty yang dibuat cukup menarik. Beragam fitur diberikan di dalamnya sehingga saat perjalanan kesan menyenangkan akan didapatkan. Untuk bagian dashboard sebelah kanan terdapat tombol engine start/stop button dipadukan dengan tombol stability control dan headlamp leveling.

Bahan dashboard mengandalkan hard plastik yang kerap digunakan pada kendaraan. Pada bagian tengah terdapat head unit monitor yang memiliki beragam fitur menarik seperti pengingat ganjil genap. Di bawahnya terdapat kisi-kisi AC, tombol hazard dan pengaturan AC menggunakan tombol-tombol yang cukup keren karena memakai aksen krom. Sementara di sisi kiri diberikan tweeter, airbag penumpang depan dan laci penyimpanan tertutup yang sudah soft opening.

Di bagian kemudi telah dilapisi kulit dengan jahitan warna merah. Mengandalkan 3 palang dengan palang sebelah kiri terdapat tombol audio steering switch. Sementara untuk palang sebelah kanan diberikan tombol untuk mengatur layar MID. Kemudian untuk pengaturan setir mobil hanya Tilt saja, radius putarnya juga bertambah menjadi 5.1 m.

Jok Mobil Toyota Yaris GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan jok belakang Toyota Yaris GR Sport 2021

Jok bahan fabric dengan corak merah

Kenyamanan dapat dirasakan ketika duduk di bagian kursinya. Bahan jok Yaris mengandalkan fabric. Menariknya lagi adalah jok mobil diberikan corak dan jahitan warna merah. Bagian pengemudi dan penumpang depan telah mendapatkan headrest yang dapat diatur ketinggiannya.

Pengaturan jok pengemudi cukup lengkap karena sudah ada heigh adjuster. Di bagian jok belakang mempunya ruang yang cukup lapang dengan leg room yang lega dan lantai rata. Seat back pocket hanya diberikan pada bagian belakang jok penumpang depan. Sementara headrest penumpang belakang mendapatkan 3 buah yang dapat diatur ketinggiannya.

Bagasi Toyota Yaris GR Sport 2021

Bagasi terbilang luas dan terdapat lampu bagasi pada sisi kiri untuk penerangan saat mengambil barang di tempat gelap. Di bagian ini juga ada sparator serta bagian lantainya menjadi tempat ban cadangan model full size.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Review Mobil Toyota Lainnya Di Hargamobil.com

4. FITUR TOYOTA YARIS 2021

Fitur Kenyamanan Toyota Yaris GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Yaris GR Sport 2021

Perjalanan jadi lebih menyenangkan dengan fitur hiburan yang diberikan

Selama perjalanan pengemudi dan penumpang membutuhkan hiburan. Nah hal tersebut dapat dirasakan ketika mengendarai mobil Yaris GR Sport. Dimana di dalamnya telah dibekali dengan head unit yang memiliki beragam menu seperti pengingat tanggal ganjil genap, radio, media, USB, Bluetooth dan Miracast.

Head unit dipadukan dengan 6 speaker yang dapat memberikan perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Pengaturan AC yang diberikan adalah Auto Climate dengan pengaturan arah semburan sampai ke bagian kaki. Panel instrumen cukup menarik karena saat dinyalakan terdapat animasi keren Yaris dari Toyota pada layar MID.

Di bagian ini terdapat speedometer dengan desain yang keren. Layar MID juga diberikan dengan beragam informasi yang dapat membantu pengemudi dalam mengetahui informasi pengendaraan Yaris GR Sport.

Pada transmisi CVT diberikan paddle shift yang dapat memberikan pengendaraan lebih menyenangkan ala mobil sport. Ada juga pilihan mode yakni ECO Mode dan Sport untuk transmisi CVT. Kemudahan dalam menyalakan dan mematikan mesin dapat dirasakan karena menggunakan Smart Engine Start/Stop Button.

Fitur Keselamatan Toyota Yaris GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur HSA Toyota Yaris GR Sport 2021

Fitur keselamatan mumpuni dukung pengendaraan lebih tenang

Agar pengendara dapat merasa aman selama di dalam mobil, pihak Toyota memberikan fitur keselamatan mumpuni di dalamnya. Seperti airbag yang terdapat 2 pilihan yakni 3 airbag dan 7 airbag yang dapat dipilih sesuai selera dan budget yang dimiliki. Fitur selanjutnya adalah VSC (Vehicle Stability Control) yang dapat berguna untuk menjaga mobil supaya tetap stabil dan mengikuti jalur ketika berpindah jalur ataupun menikung.

Fitur lainnya yang diberikan adalah Hill-Start Assist yang bertugas untuk menjaga mobil supaya tidak mundur ketika berada di tanjakan. Sistem pengereman yang diberikan adalah ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Braking Distribution) dan BA (Brake Assist) sehingga pengereman dapat maksimal membuat keselamatan mengalami peningkatan.

>>> Lihat Juga, Review Toyota Yaris 2006: Mobil Hatchback Dengan Model Bakpao

5. OPERASI TOYOTA YARIS 2021

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Yaris GR Sport 2021

Mesin mumpuni meskipun masih kalah dengan GR Yaris

Menuju ke sektor mesin Toyota Yaris GR Sport 2021. Rasa penasaran tentunya hinggap di benak masyarakat terutama peminat mobil ini terkait mesinnya. Pihak Toyota memberikan mesin In-line 4 silinder dengan 16 katup DOHC. Teknologi Dual VVT-i diberukan di dalamnya dipadukan dengan sistem bahan bakar fuel injection.

Kapasitas mesinnya adalah 1.496 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 Ps dan torsi puncaknya mencapai 140 Nm. Terdapat perbedaan dengan Toyota GR Yaris yang menggunakan mesin 1.600 cc 3 silinder turbo direct injection. Dibandingkan Yaris GR Sport, tenaga yang dimiliki lebih besar yakni 268 dk dengan torsi 370 Nm.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Toyota Yaris G 2020 : Tampilan Sporty Dengan pilihan 3 AB dan 7 AB

6. SPESIFIKASI TOYOTA YARIS 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Yaris GR Sport 2021:

DIMENSI

Panjang

4.145 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.500 mm

Jarak Sumbu

2.550 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

15" Ventilated

Rem Belakang

15" Solid Disc

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Sistem Kemudi

Rack and Pinion, Electric Power Steering, With Tilt

Sistem Rem

ABS + EBD + BA

Ban

195/50R16

MESIN

Tipe Mesin

In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Transmisi

5-Speed Manual & CVT 7 speed

Bore x Stroke

72.5 x 90.6 mm

Isi Silinder/Displacement

1.496 cc

Daya Maksimum

107 ps/ 6,000 rpm

Torsi Maksimum

14.3 kgm/ 4,200 rpm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA YARIS 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris GR Sport 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan sporty dan lebih keren

Belum diberikan Toyota Safety Sense

Fitur cukup mumpuni yang dapat memberikan kenyamanan dan menyenangkan

Ada yang menyebutkan ground clearance terlalu rendah

Brand Image Toyota yang sudah memiliki dealer dan bengkel resmi tersebar di Indonesia

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA YARIS 2021

Berikut ini merupakan daftar harga Toyota Yaris GR Sport 2021:

TIPE

HARGA

Toyota Yaris GR Sport MT 3 AB

Rp 268.800.000

Toyota Yaris GR Sport MT 7 AB

Rp 273.400.000

Toyota Yaris GR Sport CVT 3 AB

Rp 279.500.000

Toyota Yaris GR Sport CVT 7 AB

Rp 284.000.000

9. VIDEO TOYOTA YARIS 2021

10. KESIMPULAN TOYOTA YARIS 2021

Bagi Sobat yang menginginkan sebuah kendaraan yang bergaya sporty dengan fitur mumpuni di dalamnya bisa memilih Toyota Yaris GR Sporty 2021. Tinggal pilih mau yang pakai 3 airbag atau 7 airbag dan juga pilih transmisi manual atau CVT. Sesuaikan dengan selera dan budget yang dimiliki. Bagi para anak muda, dengan mobil ini sudah bisa bergaya dan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International