Spesifikasi Toyota Yaris G 2020 : Tampilan Sporty Dengan pilihan 3 AB dan 7 AB

22/07/2021 Abdul Review Toyota

Mobil Toyota Yaris G 2020 menjadi tipe terendah karena hanya diberikan 2 tipe yakni G dan TRD Sportivo. Meskipun tipe terendah tapi tampilannya terlihat sporty dengan fitur yang cukup mumpuni. Lantas seperti apakah desain dan fitur yang dimiliki?

1. PENGANTAR TOYOTA YARIS G 2020

Mobil Yaris pertama kali dihadirkan di Indonesia pada tahun 2006. Masuk dalam segmen Hatchback mobil ini mendapatkan tanggapan yang positif. Pada saat itu Yaris dihadirkan dalam 2 tipe yaitu E dan S serta terdapat model S Limited. Setelah itu, pada tahun 2009 versi facelift dihadirkan dibarengi dengan model TRD Sportivo yang mendapatkan tambahan suspensi sport dan body kit sehingga tampilannya lebih sporty.

Tahun 2014 pihak Toyota menghadirkan generasi keduanya yang membawa 3 tipe yakni E,G dan TRD Sportivo yang sudah diperkenalkan terlebih dahulu pada tahun 2013. Kemudian dilanjutkan peluncuran Toyota Yaris Heykers yang dilakukan pada tahun 2016 masuk dalam kelas crossover. Tidak cukup disitu, pada tahun 2018  facelift dilakukan dengan bodi yang dibuat berbeda. Nah pada tahun 2020 sampai saat ini terdapat 2 tipe yakni G dan TRD Sportivo dengan pilihan transmisi dan airbag di dalamnya.

2. EKSTERIOR TOYOTA YARIS G 2020

Sisi Depan Toyota Yaris G 2020

gambar  ini menunjukkan bagian depan Toyota Yaris G 2020

Tampilan depan terlihat sporty dengan grill dan bumper model trapezoid

Tampilan depan terlihat cukup sporty dengan menggunakan desain yang diberikan. Headlamp yang digunakan adalah projector dipadukan dengan lampu jauh dan lampu sein masih halogen. Terdapat cover fog lamp namun belum diberikan fog lamp karena mobil ini menjadi tipe terendah. Desain grill dan bumper terbilang baru dengan menggunakan model trapezoid. Terdapat sedikit aksen krom pada bagian depannya yakni pada logo Toyota dan juga sedikit garis tengah pada grill sebelah logo Toyota.

Sisi Samping Toyota Yaris G 2020

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Yaris G 2020

Sebuah kendaraan hatchback siap melintasi jalanan perkotaan dengan nyaman

Pada bagian sampingnya mengandalkan velg dengan ukuran 16 inci warna two tone yang membuatnya terlihat lebih sporty. Spion mobil didesain dengan sewarna bodi, begitupun pada hanle pintunya. Menariknya lagi, pihak Toyota memberikan talang air di atas kaca mobil Yaris G. Adanya talang air membuat pengemudi dan penumpang akan lebih nyaman ketika sedang menghadapi musim penghujan. Terdapat lampu sein pada bagian fender dengan di bawah emblem tulisan Dual VVT-i. Desain body bagian samping tidak sepenuhnya polos, namun terdapat sedikit lekukan dari belakang miring ke depan.

Sisi Belakang Toyota Yaris G 2020

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Yaris G 2020

Tidak ada spoiler karena yang mendapatkannya adalah tipe TRD

Menuju ke sektor buritan, bagian bawahnya terdapat muffler di sisi kanan. Di bumper belakang ada reflector pada sisi kanan dan kiri menggunakan warna merah dengan ukuran cukup besar. Bagian ini juga terdapat 2 buah sensor parkir pada bumper dipadukan dengan emblem huruf G pada pintu belakang sebelah kanan dan tulisan YARIS di sebelah kiri.

Lampu belakang menggunakan desain runcing ke bagian dalam seakan menunjuk logo Toyota aksen warna krom. Sebagai tempat logo Toyota aksen warna black glossy yang mempunyai fungsi tempat wiper belakang dan penutup plat nomor. Terdapat lampu LED bar menggunakan bentuk string dengan lampu sein berada pada bagian ujung masih memakai bohlam. Kaca belakang dibekali defogger dipadukan dengan antena model Shark Fin, hanya saja pihak Toyota tidak memberikan roof spoiler seperti pada tipe TRD SPortivo.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA YARIS G 2020

Dashboard Dan Kemudi Toyota Yaris G 2020

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Toyota Yaris G 2020

Kemudi masih polos dan belum diberikan kamera belakang

Hal yang paling terlihat ketika masuk ke bagian kabin depan dan menjadi pembeda dengan tipe TRD adalah kunci kontak. Jadi masih perlu mencolokkan anak kunci dan belum mendapatkan tombol start/stop button. Bagian dashboard sebelah kanan terdapat airbag untuk lutut dipadukan dengan ruang penyimpanan tertutup dan tombol Vehicle Stability Control serta headlamp leveling. Di atasnya diberikan kisi-kisi AC framing gray dan ada krom pada sisi tengahnya.

Bahan material yang digunakan adalah hard plastik. Di bagian tengah mendapatkan head unit monitor layar sentuh yang bisa dikoneksikan dengan Smartphone. Pengoperasiannya dilengkapi dengan Bluetooth, Miracast dan USB yang siap menemani selama perjalanan. Sisi bawah head unit terdapat 2 kisi-kisi AC dibuat berjejer dan tombol hazard dan rear defogger. Pengaturan AC masih analog dengan pengaturan arah semburan hingga ke bagian kaki.

Sedangkan untuk bagian kiri terdapat airbag, tweeter dan laci penyimpanan tertutup ukuran besar. Desain bagian depan ini menggunakan warna hitam dipadukan dengan black glossy sisi tengah dan gray untuk samping kanan dan kiri head unit. Kemudi mobil menggunakan material bahan soft touch dengan perpaduan warna hitam dan krom. Hanya saja pada setirnya ini masih polos belum ada tombol pada palang sisi kanan dan kiri. Sementara pengaturan kemudi mobil hanya Tilt saja.

Jok Toyota Yaris G 2020

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Yaris G 2020

Jok nyaman dengan headrest adjustable

Jok mobil nyaman diduduki dan desainnya mendapatkan warna biru yaitu pada jahitannya. Pada jok pengemudi memiliki pengaturan yang lengkap dengan height adjuster. Di bagian kabin belakang terbilang nyaman, apalagi pada lantainya rata sehingga membuatnya tampak lebih lega. Setiap jok mobil baik bagian depan dan belakang mendapatkan headrest yang dapat diatur ketinggiannya. Dengan begitu pengemudi atau penumpang bisa duduk dengan nyaman disesuaikan postur pengemudi mobil.

Pengemudi dan penumpang juga mendapatkan 3-Point Seat Belt with Pretensioner & Force Limiter yang dapat meningkatkan keamanan selama berkendara. Jok belakang dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40.

Bagasi Toyota Yaris G 2020

Gambar ini menunjukkan ban cadangan Toyota Yaris G 2020

Velg pada ban cadangan sama dengan yang digunakan pada Yaris

Menuju ke ruang bagasi mobil Toyota Yaris G , dari segi kapasitasnya terbilang cukup lega untuk sebuah kendaraan Hatchback. Bagasi yang dimiliki terdapat separator dan di bawah lantai bagasi menjadi tempat penyimpanan ban serep dan perlengkapan untuk penggantian roda. Untuk memberikan penerangan di sebelah terdapat lampu bagasi sehingga lebih mudah dalam menata barang terutama saat malam hari.

>>> Baca Juga:

4. FITUR TOYOTA YARIS G 2020

Fitur Kenyamanan Toyota Yaris G 2020

gambar ini menunjukkan head unit Toyota Yaris G 2020

Head unit dapat dihubungkan dengan Smartphone

Untuk mendapatkan kenyamanan dan rasa menyenangkan selama perjalanan, mobil ini diberikan fitur hiburan berupa head unit yang dapat dikoneksikan dengan Smartphone. Dimana hal tersebut dapat dilakukan dengan melalui Bluetooth, Miracast dan USB. Selain itu, mobil ini juga telah dibekali dengan AC yang bisa membuat kabin lebih nyaman selama perjalanan. Pengaturannya masih analog namun terbilang lengkap seperti arah semburan ke bagian kaki.

Fitur Safety Toyota Yaris G 2020

Jika membahas soal safety tentunya menjadi sesuatu yang menarik. Salah satu fitur di dalamnya namun memiliki pilihan  adalah airbag, karena terdapat pilihan 3 airbag atau 7 airbag. Untuk 3 airbag berada pada bagian kemudi mobil, bawah kemudi dan sisi depan penumpang depan. Sementara untuk 7 airbag meliputi 3 seperti yang telah disebutkan dan mendapatkan tambahan 2 Side Airbag serta 2 curtain Airbag.

Gambar ini menunjukkan airbags Toyota Yaris G 2020 7 buah

Piih 3 Airbag atau 7 Airbag pada Toyota Yaris G tahun 2020

Fitur Toyota Yaris G 2020 lainnya adalah Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist. Tidak hanya itu saja, pihak Toyota juga memberikan sistem pengereman ABS, EBD dan BA. Isofix juga diberikan pada jok mobil sehingga saat membawa anak kecil bisa terlindungi dengan menempatkan child seat.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Review Mobil Toyota Lainnya Di Hargamobil.com

5. OPERASI TOYOTA YARIS G 2020

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Yaris G 2020

Mesin mumpuni hemat konsumsi bahan bakar

Menuju ke sisi performa, pihak Toyota memberikan mesin Toyota Yaris G 2020 masih sama dengan model sebelumnya. Kode yang dimiliki adalah 2NR-FE 4 silinder dengan kapasitas 1.500 cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan mengandalkan mesin tersebut adalah 107 Ps dan torsi puncaknya mencapai 140 Nm pada putaran 4.200 Rpm. Torsi dan tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan 2 pilihan transmisi yakni manual 5 speed dan CVT 7 speed.

>>> Lihat Juga, Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 : Mobil Hatchback Fitur Menarik Desain Sporty

6. SPESIFIKASI TOYOTA YARIS G 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Yaris G 2020:

MESIN

Tipe Mesin

2NR-FE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Tenaga Maksimum

 105,5 Hp (107 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 140 Nm (14,3 Kgm) @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

 1,496 cc

Jumlah Katup

 16 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT with 7 Speed Sequential Mode & Manual 5-speed, Front Wheel Drive (FWD)

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi Depan

Macpherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

14" Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ban

195/50 R16

Sistem Kemudi

Rack and Pinion, Electric Power Steering, With Tilt

Sistem Rem

ABS + EBD + BA

DIMENSI

Panjang

4.145 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.500 mm

Wheelbase

2.550 mm

Radius Putar

 5,1 Meter

Kapasitas Tangki BBM

 45 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA YARIS G 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris G 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai tampilan yang stylish dan juga sporty sehingga cocok untuk anak muda

Kemudi mobil polos tidak dibekali tombol

Pilihan 7 airbag memberikan safety lebih meningkat

Mesin masih sama dengan model sebelumnya

Pelek pada ban cadangan sama dengan yang terpasang sehingga saat penggantian karena ban kempes atau bocor tidak perlu diganti lagi setelah ditambal

Tipe G menjadi tipe terendah dan tidak ada fog lamp

8. DAFTAR HARGA TOYOTA YARIS G 2020

Berikut ini merupakan daftar harga Toyota Yaris G 2020 dilansir dari laman resmi Toyota per Juli 2021:

VARIAN

HARGA

Yaris G M/T 3 AB

Rp. 248.300.000

Yaris G M/T 7 AB

Rp. 252.900.000

Yaris G CVT 3 AB

Rp. 258.200.000

Yaris G CVT 7 AB

Rp. 262.800.000

9. VIDEO TOYOTA YARIS G 2020

10. KESIMPULAN TOYOTA YARIS G 2020

Sebuah mobil perkotaan yang siap menemani aktivitas keseharian dengan nyaman dan juga aman. Pilihan airbag tinggal sesuai budget yang dimiliki, apakah memilih yang punya 3 airbag dan 7 airbag? Namun untuk yang 7 airbag tentunya lebih memberikan keselamatan bagi pengemudi ataupun penumpang depan dan belakang. Toyota Yaris G 2020 menjadi tipe terendah karena hanya ada 2 varian yaitu G dan TRD Sportivo. Mobil ini cocok untuk anak muda dan juga para ibu muda, selain fitur yang diberikan juga mempunyai bagasi mumpuni. Apalagi tampilan dari segi eksterior dan interior terlihat sporty, sehingga cocok juga untuk digunakan bergaya.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Link Terpopuler

International