Spesifikasi Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021 : Mobil Mesin Kecil Dengan Turbo

10/05/2021 Abdul Review Toyota

Toyota Raize dihadirkan dalam beberapa varian dengan harga yang berbeda. Mobil ini masuk dalam segmen SUV Compact yang dapat memberikan pilihan baru bagi masyarakat di Indonesia. Bahkan dikabarkan ada varian 1.2L yang akan dihadirkan pada kuartal kedua tahun 2021. Nah pada segmen kali ini kami akan memberikan informasi mengenai spesifikasi Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021.

1. PENGANTAR TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

Toyota dan Daihatsu seakan menjadi produsen yang tidak dapat terpisahkan. Dimana kerjasama antara keduanya bisa menghasilkan mobil baru. Bahkan 2 mobil yang kembar juga kerap hadir dengan beragam hal menarik ditawarkan di dalamnya, sebut saja Agya-Ayla, Avanza-Xenia, Calya-Sigra dan Terios-Rush. Nah baru-baru ini mobil baru muncul kembali yakni Rocky-Raize.

Pada pembahasan kali ini adalah tentang Toyota Raize. Dimana pihak PT Toyota Astra Motor menghadirkan Raize secara resmi pada 30 April 2021. Yang menarik adalah mobil besutan Toyota tersebut menggunakan mesin 1.0L tapi telah dibekali dengan turbo. Untuk saat ini mobil yang kita bahas kali ini merupakan varian tertinggi dari Raize. Nah untuk lebih jelasnya mengenai spesifikasi di dalamnya, mari kita simak informasinya.

2. EKSTERIOR TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

Sisi Depan Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Ketangguhan dan desain sporty terlihat dengan pemberian body kit

Pada saat melihat bagian depan akan tampak sebuah mobil SUV dengan tampilan sporty di depan. Salah satu hal yang menjadikan sporty dan gagah adalah lekukan pada bagian depan dan adanya add on body kit. Di bagian depannya ini juga terdapat radar yang mendukung salah satu fitur pada Toyota Safety Sense.

Di bagian depan ada aksen warna black glossy di atas logo Toyota. Sementara headlamp mempunyai desain tidak terlalu besar. Lampu utama menggunakan LED multi reflector dipadukan dengan lampu sein sequential di atasnya. Sementara di sisi bawah yakni bumper terdapat DRL dan fog lamp menggunakan crystal multi reflector halogen. Untuk grill menggunakan model trapesium warna hitam dan ada aksen tebal di tengah sebagai tempat plat nomor. Di sisi bawah sendiri tampak body kit yang menjadi penanda bahwa mobil ini varian GR Sport.

Sisi Samping Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Sebuah SUV Compact siap temani pemiliknya melakukan aktivitas

Menuju ke sektor samping, dimana tampilan SUV compact tampak dari arah samping. Untuk bagian atas sendiri tampak terdapat talang air warna black glossy yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang terutama saat musim hujan. Pada pilar A diberi warna black out dipadukan dengan list window. Spion mengandalkan warna black glossy sedangkan handle pintu mengandalkan aksen warna krom. Bagian fender depan bawah spion ada emblem tulisan TURBO sebagai penanda bahwa mesin telah dibekali dengan turbo.

Velg yang digunakan menggunakan akses warna black glossy untuk finishing dengan ukuran 17 inci. Di bagian bawah terdapat side skirt mendukung tampilan pada bagian sampingnya. Nah salah satu ciri khas mobil SUV juga tetap diberikan pada bagian ini yakni over fender dengan warna hitam doff.

Sisi Belakang Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Tampilan sporty dan juga gagah

Menuju ke sektor belakang Toyota Raize 2021, untuk desain stop lamp menggunakan LED bar. Sementara untuk lampu sein belakang masih mengandalkan bohlam. Di sisi atas terdapat shark fin antena dipadukan dengan rear spoiler desain minimalis dengan high mount stop lamp. untuk bagian tengah antara lampu belakang kanan dan kiri ada aksen warna hitam glossy membuatnya terlihat cukup menarik. Sementara di bagian bagian pintu bawah sebelah kanan dan kiri ada emblem tulisan RAIZE dan GR Sport.

Untuk bumper terdapat reflektor dan aksen warna hitam doff yang membuat perpaduan warna hitam di sisi belakang lebih banyak. Menurut kami, tampilan belakangnya ini tampak sporty dengan desain yang diberikan dan gagah berkat lekukan dan aksen warna hitam cukup banyak dipadukan dengan aksen body kit.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

Sisi Dashboard Dan Kemudi Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Desain dashboard cukup menarik dengan head unit yang paling menonjol

Bahan material dashboard menggunakan hard plastik. Tampilan dashboard juga terlihat sporty dengan perpaduan warna hitam dan silver. Seperti pada kisi-kisi AC mobil yang menggunakan framing warna silver. Di sisi tengah terdapat head unit dengan model floating. Bawah head unit terdapat tombol hazard dan kisi-kisi AC. Sementara itu, di bagian bawahnya lagi terdapat pengaturan AC menggunakan model digital auto climate, hanya saja tidak ada arah semburan. Untuk sisi kiri ada SRS Airbag untuk bagian penumpang depan dipadukan di bawahnya ada tempat penyimpanan tertutup.

Pada bagian kemudi mobil akan tampak perbedaan antara GR Sport TSS dan non TSS. Dimana pada palang sebelah kanan terdapat tombol cruise control untuk varian TSS, sedangkan non TSS ada tombol tapi juga untuk mengatur audio mobil. Kemudi menggunakan aksen warna hitam dan silver 3 palang dengan palang sebelah kiri audio steering switch. Pengaturan stir sudah tilt dan telescopic. Paddle shift juga sudah diberikan pada mobil ini sehingga memungkinkan pengemudian ala mobil sport.

Jok Mobil Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Jok nyaman perpaduan antara fabric dan kulit

Di bagian kabinnya terbilang lapang, jok mobil mengandalkan bahan material yang merupakan kombinasi antara fabric dan kulit. Jok depan sudah mendapatkan headrest adjustable memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang depan yang bisa disesuaikan dengan postur tubuh. Untuk jok pengemudi sangat lengkap dan sudah menggunakan height adjuster.

Pada bagian jok baris kedua mempunyai legroom yang cukup lega dan headroomnya juga. Bahkan headroomnya terbilang luar biasa luas. Terdapat 3 buah headrest di biagian belakangnya ini dan semuanya sudah dapat diatur ketinggiannya.

Bagasi Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Bagasi luas siap digunakan untuk bawa barang banyak

Soal bagasi tidak perlu khawatir, karena kapasitasnya cukup banyak. Dengan hanya digunakan untuk penumpang 5 orang membuat bagasinya lebih luas. Bagasinya terdapat separator yang menggunakan model lentur. Di bawah lantainya terdapat ban cadangan model full size. Jika kurang lega dan jok belakang tidak digunakan maka bisa dilipat rata lantai sehingga menambah kapasitas bagasi.

>>> Baca Juga:

4. FITUR TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

Gambar ini menunjukkan tombol Cruise Control Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Toyota Safety Sense bikin keselamatan lebih terjaga

Salah satu keunggulan dari mobil ini dalam hal fitur adalah Toyota Safety Sense (TSS). Memang ada varian GR Sport yang non TSS dan ini yang menjadi pembedanya. Nah mobil ini mempunyai beragam fitur di dalamnya seperti Adaptive Cruise Control, Pre Collision System, Peda Misoperation Control, Lane Departure Assist, Front Departure Alert, Blind Spot Monitoring dan Rear Crossing Traffic Alert.

Fitur lain yang diberikan di dalam Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021 adalah Airbag 6 buah, Rear Parking camera, rear Parking Sensor dan Hill Start Assist. Tidak lupa pula sistem pengereman menggunakan Anti-lock Braking System.  Ada juga Vehicle Stability Control, Seatbelt Warning serta Alarm + Immobilizer.

Gambar ini menunjukkan Airbag Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Ada 6 Airbag untuk varian GR Sport TSS

Pada bagian head unit menggunakan ukuran 9 inci yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio, USB dan Bluetooth. Yang menarik adalah  ruang penyimpanan terbilang cukup banyak yang bisa digunakan untuk menyimpang barang bawaan ukuran kecil. Seperti yang kita tahu bahwa mobil baru saat ini diwajibkan ada APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Pihak Toyota memberikannya di bawah penumpang depan.

>>> Spesifikasi Mobil Toyota Calya G MT 2017 : Mobil MPV LCGC Irit BBM & Ramah Lingkungan

5. OPERASI TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021

Mesin 3 silinder yang telah dibekali dengan turbo

Menuju ke sektor mesin Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021. Dimana pihak Toyota memberikan mesin pada mobil tersebut dengan kode 1KR-VET 3 silinder turbo 12 Valve DOHC In-Line CVT. Kapasitas mesinnya adalah 998 cc dan tenaga maksimal yang dapat dihasilkan oleh mesin tersebut adalah 98 Ps dengan torsi puncak mencapai 14.3 Kgm atau 140 Nm. Berdasarkan pendapat beberapa orang yang pernah menjajalnya didapat dari beberapa sumber menyebutkan, bahwaanya putaran bawahnya terasa padat sehingga saat digunakan stop and go bisa diandalkan. Akselerasi yang dimiliki juga sangat baik sehingga bisa menjadi salah satu mobil yang dapat diandalkan di Indonesia.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020 : Banyak Kelebihan Penunjang Kenyamanan

6. SPESIFIKASI TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021:

DIMENSI

Panjang

4.030 mm

Lebar

1.710 mm

Tinggi

1.635 mm

Wheelbase

2.525 mm

Jarak Pijak Depan

1.475 mm

Jarak Pijak Belakang

1.470 mm

Jarak Terendah

200 mm

HANDLING & SUSPENSI

Sistem Rem Depan

15' Ventilated Disc Brake

Sistem Rem Belakang

Leading - Trailing Drum Brake

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion - Beam

Steering Gear

Rack & Pinion, Electric Power Steering

Ukuran Ban

205/60R17 (Black)

MESIN

Tipe Mesin

1KR-VET, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i

Daya Maksimal

98 Ps / 6000 Rpm

Torsi Maksimal

140 Nm/ 2400 - 4000Rpm

Kapasitas Tangki

36 Liter

Sistem Bahan Bakar

Sistem Injeksi Elektronik / Electronic Fuel Injection (EFI)

Transmisi

CVT

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain gagah dan juga tampilan sporty

Head unit belum Android Auto dan Apple Carplay

Interior lapang dan jok nyaman diduduki

Varian mesin hanya 1.0L dan untuk 1.2L masih menunggu

Bagasi luas dan ban cadangan full size

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

Berikut ini merupakan daftar harga Toyota Raize 2021 per bulan April dari laman resmi Toyota:

VARIAN

HARGA

Toyota Raize 1.0T MT One Tone

Rp. 219,9 juta

Toyota Raize 1.0T MT Two Tone

Rp. 222,2 juta

Toyota Raize 1.0T G CVT One Tone

Rp. 233,1 juta

Toyota Raize 1.0T G CVT Two Tone

Rp.  235,4 juta

Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT One Tone

Rp. 244,7 juta

Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT Two Tone

Rp. 247 juta

Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS One Tone

Rp. 263,7 juta

Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS Two Tone

Rp. 265,9 juta

9. VIDEO TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

10. KESIMPULAN TOYOTA RAIZE GR SPORT CVT TSS 2021

Toyota Raize bisa menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat di Indonesia. Dengan harga yang bervariasi dan beberapa varian tinggal pilih sesuai budget dan selera. Jika ingin yang maksimal maka dapat memilih varian tertinggi yakni Toyota Raize GR Sport CVT TSS 2021 yang sedang kita bahas kali ini. Selain dapat diandalkan di jalan perkotaan, saat melewati jalanan kurang baik juga bisa diandalkan karena merupakan sebuah kendaraan dalam segmen SUV. Dari segi tampilan juga sangat sporty dan gagah, bahkan menurut kami mobil ini cocok untuk digunakan oleh para anak muda di Indonesia.

>>> Baca Artikel Menarik Tentang Review Mobil Lain Di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Link Terpopuler

International