Spesifikasi Toyota Land Cruiser 2011: SUV Mewah Bisa Untuk Off-Road

04/08/2021 Abdul Review Toyota

Toyota mempunyai nama yang baik di Indonesia. Beragam produknya telah meramaikan pasar Indonesia dengan banyak jenis ditawarkan. Salah satunya adalah mobil ikonik dari Toyota yakni Land Cruiser. Nah pada momen kali ini kami akan membahas mengenai spesifikasi Toyota Land Cruiser 2011.

1. PENGANTAR TOYOTA LAND CRUISER

Masuk dalam segmen SUV mobil ini bisa diandalkan untuk off-road. Produksi dari mobil besutan Toyota satu ini telah mendapatkan beragam model dari Toyota seperti convertible, station wagon, hardtop dan juga SUV. Mobil ini terkenal akan ketangguhan saat digunakan untuk melewati medan yang berat.

Dalam pembahasan kali ini adalah model J200 pre facelift. Lantas seperti apakah fitur mobil besutan Toyota yang bisa digunakan untuk off-road? mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR TOYOTA LAND CRUISER

Sisi Depan Toyota Land Cruiser 2011

Gambar ini menunjukkan bagian depan dan kanan Toyota Land Cruiser 2011

Selain gagah tampilan eksterior juga terlihat mewah

Kesan gagah tampak di bagian depan dengan headlamp dan grill ukuran besar. Untuk lampu utama mengandalkan crystal multi reflector yang juga mendapatkan headlamp washer dipadukan dengan grill yang mempunyai lis krom.

Logo Toyota ditempatkan pada bagian grill sebagai penanda bahwa mobil ini merupakan besutan Toyota. Sementara pada bagian bumper mendapatkan kisi-kisi angin yang dibuat menyambung dengan bagian foglamp. Desain fog lamp berbentuk persegi panjang mengandalkan crystal multi reflector.

Sisi Samping Toyota Land Cruiser 2011

Gambar ini menunjukkan sisi depan dan kiri Toyota Land Cruiser 2011

Mobil SUV siap digunakan untuk melintasi jalanan off-road

Pada saat melihat bagian samping akan terlihat besar menunjukkan akan ketangguhan dan kegagahannya. Di sisi atas sendiri terdapat roof rail yang bisa digunakan untuk menempatkan roof box dan juga roof rax sehinggi bisa membawa lebih banyak barang bawaan. Spion dan handle pintu didesain menggunakan sewarna bodi berpadu dengan lampu sein yang ditempatkan di bagian fender depan.

Velg mobil juga tampak terlihan tebal dan didesain keren yang senada dengan bodinya yang mempunyai ukuran 20 inci. Agar lebih mudah saat masuk ke kabin mobil pihak Toyota memberikan foot step.

Sisi Belakang Toyota Land Cruiser 2011

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Toyota Land Cruiser 2011

Tampilan gahar dan tidak terlalu banyak emblem pada bagian belakang

Kegagahan juga terlihat di bagian belakang. Desainnya tampak besar dengan bagian atas sendiri terdapat rear upper spoiler dipadukan dengan high mount stop lamp. Kaca belakang sudah terdapat defogger dengan wiper belakang untuk memberikan visibilitas arah belakang dengan cukup baik.

Bagian lampu belakang dibuat satu bagian meliputi lampu rem, lampu belakang dan lampu mundur. Sisi samping sendiri adalah lampu sein dengan masih menggunakan bohlam. Tidak banyak emblem dan aksen krom pada bagian belakangnya ini, hanya ada logo Toyota bagian tengah dipadukan dengan ornamen krom dengan tulisan Land Cruiser dan emblem tulisan V8 pada sisi kanan. Sementara untuk bumper dibuat menonjol dengan bagian atas dibuat rata dipadukan dengan reflektor pada sisi kanan dan kiri ukuran cukup besar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR TOYOTA LAND CRUISER

Sisi Dashboard & Kemudi Toyota Land Cruiser 2011

Gambar ini menunjukkan kabin depan Toyota Land Cruiser 2011

Interior mjewah dengan aksen krom dan wood panel

Kegagahan juga tampak di bagian interior yang diberikan. Bagian dashboardnya tampak ramai di bagian head unit yang dengan beragam tombol untuk memberikan kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam mobil. Sisi kanan dashboard bagian bawah terdapat 2 tuas yang berfungsi untuk membuka kap mesin dan tutup tangki bahan bakar. Kemudian bagian atasnya diberikan card holder dan beberapa tombol seperti headlmap washer, sensor parkir, tombol menonaktifkan curtain airbag,headlamp leveling dan electric mirror yang sudah electric retract.

Di sisi tengah terdapat beragam fungsi yang dapat memberikan kenyamanan dan hiburan. Bagian atas terdapat layar tipis yang dapat memberikan informasi tentang AC, jam digital dan lainnya. Kemudian head unit yang diberikan menggunakan monitor yang mempunyai beragam pengoperasian dipadukan dengan pengaturan AC mobil. Sementara di sisi kiri terdapat laci penyimpanan tertutup yang dapat dikunci.

Kemudi mobil mengandalkan  4 palang dilapisi kulit dengan audio steering switch pada sisi kiri dan untuk palang sebelah kanan terdapat tombol bluetooth, voice command, pengaturan MID, mode dan Telephony.

Bagian Jok Toyota Land Cruiser 2011

Gambar ini menunjukkan jok pengemudi Toyota Land Cruiser 2011

Terdapat 3 memory seat untuk pengaturan jok electrik

Berlanjut ke bagian jok mobil, bahan material yang digunakan  adalah kulit. Pada bagian pengemudi menggunakan pengaturan electrik dengan 3 memori seat. Jok mobil bagian depan telah mendapatkan headrest adjustable sehingga pengemudi dan penumpang depan bisa mendapatkan kenyamanan lebih. Di belakang jok pengemudi dan penumpang depan terdapat seat back pocket yang bisa digunakan untuk menempatkan barang ukuran sedang seperti majalah dan lainnya.

Mobil SUV ini mampu menampung hingga 8 penumpang dengan 3 baris jok mobil. Leg room dan head room terbilng lega, hanya saja untuk penumpang baris belakang posisi duduknya terlalu jongkok. Headrest tiap jok sudah diberikan dan dapat diatur ketinggiannya.

Sisi Bagasi Toyota Land Cruiser 2011

Keunikan pada mobil besutan Toyota satu ini adalah pada bagian pintunya. Pintu bagasi dibagi 2 yakni bagian ataus lebih besar dan bagian bawah. Untuk membukanya diharuskan bagian atas terlebih dahulu kemudian bagian belakang. Volume bagasi mobiol tidak terlalu besar, namun hika jok belakang dilipat maka volumenya menjadi besar.

 

4. FITUR TOYOTA LAND CRUISER

Ketika membahas tentang fitur terdapat banyak yang diberikan di dalamnya. Mungkin terdapat beberapa yang tidak kami sebutkan, hal tersebut terbilang pas dengan harganya yang terbilang cukup mahal.

Fitur Kenyamanan Toyota Land Cruiser 2011

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Toyota Land Cruiser 2011

Perjalanan jadi menyenangkan dengan fitur hiburan yang diberikan

Ketika membahas tentang kenyamanan berhubungan dengan hiburan yang ada di dalamnya. Head unit dapat digunakan untuk mengoperasikan beragam fitur. Mengandalkan monitor dapat digunakan untuk mengoperasikan kompas, Navigasi, Radio AM/FM, USB, CD/DVD, Bluetooth dan Aux. Kemudian AC mobil juga mempunyai pengaturan yang lengkap dan terpisah antara pengemudi ataupun penumpang depan.

Bahkan kisi-kisi AC mobil sampai baris ketiga mendapatkannya sehingga baris belakang tetap bisa merasakan kesegaran selama di dalam kabin. Pengaturan AC mobil juga terdapat pada baris kedua sehingga lebih maksimal karena terdapat pengaturan yang juga terbilang cukup lengkap.

Untuk membuat kabin tampak lebih lega, mobil ini dibekali dengan sun roof dengan posisi di atap penumpang depan. Pengaturan untuk membuka dan menutup sudah menggunakan sistem electrik.

Fitur Keselamatan Toyota Land Cruiser 2011

Gambar ini menunjukkan fitur airbag untuk kaki pada Toyota Land Cruiser 2011

Fitur keselamatan mumpuni buat pengemudi dan penumpang lebih tenang

Mobil ini dibekali dengan 10 titik airbag yang dapat mengurangi resiko cidera parah dalam perjalanan. Airbag yang diberikan tersebar ke seluruh kabin mobil dari bagian depan sampai menuju ke sisi samping, bahkan lutut penumpang depan dan pengemudi juga mendapatkannya. Bila Sobat sedang melakukan off-road perlu menonaktifkan fitur Roll Sensing Curtain Airbags (RSCA) yang tempatnya di sisi kanan kemudi.

Tujuannya adalah ketika sedang melakukan off-road dan mobil terguling bisa membahayakan pengemudi dan penumpang ketika mengembang. Sistem pengereman ABS, EBD dan BA juga turut diberikan untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Fitur Berkendara Toyota Land Cruiser 2011

Gambar ini menunjukkan pengatur pilihan mode berkendara Toyota Land Cruiser 2011

Terdapat 3 pilihan mode bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Mobil ini merupakan sebuah kendaraan dalam segmen SUV dengan kemewahan di dalamnya. Bahkan keunggulan yang dimiliki adalah dapat digunakan untuk melintasi jalanan off-road. Terdapat pilihan mode pada mobil ini yakni mode Normal, Comfort dan Sport yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Untuk pengubahan dapat dilakukan dengan melalui tombol yang berada dekat tuas perseneling.

SUV Toyota ini sudah dibekali dengan penggerak 4WD sehingga pengendaraan off-road bisa dilakukan. Agar tambah asik terdapat tombol L4 (low speed position) dan H4 (low speed position) yang posisinya berdekatan dengan head unit.

>>> Beberapa Aksesoris Mobil Toyota Yang Dapat Dipasangkan Pada Kijang Innova & Fortuner

5. OPERASI TOYOTA LAND CRUISER

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Land Cruiser 2011

Mesin tangguh dapat diandalkan apalagi dengan adanya turbo

Menuju ke sektor performa, pihak Toyota memberikan mesin D-4D V8 DOHC yang mempunyai kapasitas 4.461 cc. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 272 Ps serta torsi maksimalnya adalah 650 Nm. Tidak sampai disitu saja, mesin tersebut juga telah dibekali dengan turbo yang membuat efisiensi BBM lebih baik tapi tenaganya optimal.

Torsi dan tenaga disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan sistem transmisi otomatis 6 speed. Ruang mesin dan kap mesin telah dilakukan pengecatan dan mendapatkan peredam sehingga di dalam kabin akan terasa lebih nyaman.

>>> Melihat Fungsi Turbo Timer Pada Mobil Dengan Mesin Turbocharger

6. SPESIFIKASI TOYOTA LAND CRUISER

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Land Cruiser 2011:

DIMENSI

Panjang

4.950 mm

Lebar

1.980 mm

Tinggi

1.865 mm

Wheelbase

2.850 mm

Rem

Velg

285/50 R20

Rem Depan / Belakang

Disc Brake / Disc Brake

MESIN

Tipe Mesin

V8 DOHC VVT-i

Tenaga Maksimum

289 dk

Torsi Maksimum

650 Nm

Isi Silinder

4.461 cc

Transmisi

Otomatis 6-Speed

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA LAND CRUISER

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Land Cruiser 2011:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan Tangguh dan mewah

Perawatan membutuhkan biaya yang mahal

Fitur sangat mumpuni untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan

Dalam kondisi bekas harganya masih mahal sehingga hanya kalangan atas yang bisa memilikinya

Bisa diajak Off-Road

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA LAND CRUISER

Kalau membahas tentang harga memang yang bisa menjangkaunya hanya kalangan kelas atas saja meskipun kondisinya bekas. Untuk harga bekas Toyota Land Cruiser 2011 berada di angka Rp 1 milliar. Harga tersebut bisa saja berbeda dengan mobil yang sama di daerah Sobat tergantung kondisinya.

9. VIDEO TOYOTA LAND CRUISER

10. KESIMPULAN TOYOTA LAND CRUISER

Sebuah mobil SUV yang siap diajak berpetualang melintasi beragam medan jalan. Alhasil pengemudi bisa membawa mobil ini kemanapun yang diinginkan, apalagi mesin V8 yang diberikan pada Toyota Land Cruiser 2011 membuatnya bisa diajak untuk berkeliling Indonesia.

Dari segi fitur sangatlah mumpuni, baik dari keselamatan hingga fitur hiburan di dalamnya. Meskipun harganya cukup tinggi tapi dengan beragam keunggulan yang didapatkan tentu akan sangat memuaskan. Ditambah lagi nama Toyota sudah terkenal dan banyak bengkel resmi di Indonesia, sehingga urusan perawatan bisa serahkan pada ahlinya.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Link Terpopuler

International