Spesifikasi Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 : Desain Menawan Dengan Fitur Mumpuni

23/06/2021 Abdul Review Toyota

Jika menginginkan sebuah kendaraan SUV dari Toyota ada pilihan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021. Apabila melihat varian hybrid, dari segi fitur varian Gasoline tidak kalah. Bahkan dari segi hara tergolong lebih terjangkau.

1. PENGANTAR TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

Produsen mobil Toyota telah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dengan produknya yang cukup mumpuni dan telah dipercaya siap untuk menemani aktivitas para pemiliknya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai Corolla Cross Gasoline 2021, masuk dalam segmen SUV mobil ini siap memberikan yang terbaik kepada penggunanya. Salah satu yang terbilang mumpuni adalah dari segi fitur yang diberikan di dalamnya cukup lengkap. Mobil ini juga mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia, meskipun varian hybrid lebih diutamakan oleh  pihak PT Toyota Astra Motor.

2. EKSTERIOR TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

Sisi Depan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Tampilan maskulin dan terlihat agresif

Menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture), di bagian depan mobil tampak menggunakan desain terbaru yang tampil lebih agresif. Pada bagian fascia depan menggunakan grill dengan ukuran besar dipadukan logo Toyota pada sisi tengahnya yang menggunakan aksen warna krom.

Pada bagian headlamp menggunakan model tipis dengan DRL pada sisi atas. Untuk lampu utama mengandalkan LED proyektor dipadukan dengan lampu jauh yang memakai bi beam. Sementara lampu sein menggunakan led pada sisi bagian dalam. Kemudian untuk foglamp juga menggunakan LED sehingga bisa lebih hemat energi dan juga terang.

Sisi Samping Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Gambar ini menunjukkan bagian samping sisi samping Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Sebuah SUV gagah dan terlihat mewah

Di bagian samping akan tampak sebuah kendaraan yang siap menemani konsumen dengan baik. Untuk sisi bawah terdapat instalasi body cladding sehingga membuat tampilannya tampak lebih kokoh. Pelek mengandalkan ukuran 18 inci yang menambah tampilan gagah di bagian eksteriornya yang dipadukan dengan ban Michelin Primacy. Over fender juga diberikan menggunakan warna hitam doff sebagai penambah kegagahan pada mobil Corolla Cross.

Di bagian atap diberikan roof rail dipadukan dengan windows lane sisi atas warna krom. Sedangkan handle pintu dan spion dibuat sewarna dengan bodi mobil serta ada lampu sein di spion yang bisa memberikan informasi kepada pengendara lain saat ingin berbelok.

Sisi Belakang Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Bagian belakang tampak gagah dengan lakukan dan garis-garis yang diberikan

Berlanjut ke bagian belakang, pada sisi atap terdapat antena model shark fin dipadukan dengan rear spoiler dan juga high mount stop lamp. Kaca belakang terdapat rear wiper dan rear defogger yang dapat memberikan visibilitas ke belakang lebih baik. Sementara pada bagian lampu didesain sipit dengan LED bar dipadukan dengan lampu sein menggunakan halogen.

Bumper belakang terdapat body cladding yang menggunakan warna hitam. Di atasnya ada dudukan plat nomor dan aksen krom untuk menambah kesan mewah yakni emblem logo Toyota dan emblem tulisan Corolla Cross. Desain belakangnya tersebut tampak maskulin dan juga kokoh.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

Sisi Kabin Depan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Gambar ini menunjukkan kabin depan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Kabin tampak mewah dengan perpaduan warna hitam dan ada aksen warna silver

Menuju ke bagian kabin depan, dimana Sobat akan dihadapkan dengan full black. Power window sudah full auto yang dapat memberikan kemudahan untuk menaikkan dan menurunkan kaca mobil. Pada sisi kanan dashboard terdapat headlamp leveling dengan di atasnya terdapat kisi-kisi AC yang menggunakan aksen warna silver. Bahan material dashboard yang digunakan adalah hard plastik yang kerap dijadikan standar pada mobil.

Di bagian tengah menggunakan head unit ukuran 8 inci dipadukan dengan pengaturan AC mobil model knop putar yang mudah dioperasikan. Kemudian di bawahnya ada laci penyimpanan terbuka dipadukan dengan tombol stability control dan tuas transmisi serta 2 buah cup holder. Untuk bagian dashboard sebelah kiri terdapat tweeter, airbag untuk penumpang depan dan laci tertutup soft opening.

Kemudi mobil mengandalkan 3 palang dengan perpaduan warna hitam, silver dan krom. Pengaturan cukup lengkap yaitu tilt dan telescopic sehingga pengemudi bisa menyesuaikannya sesuai kenyamanan masing-masing. Palang sebelah kiri diberikan audio steering switch dan sebelah kanan cruise control. Kenyamanan juga bertambah ketika memegang kemudinya karena telah dilapisi dengan kulit.

Jok Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Jok nyaman diduduki dengan menggunakan bahan material kulit

Material jok mengandalkan bahan kulit yang dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan. Yang menarik adalah, tubuh pengemudi seakan dipeluk dengan bagi dengan adanya side support yang dijadikan sandaran punggung dan alas duduk. Jadi ketika ingin melakukan manuver akan tetap merasa nyaman. Pengaturan jok menggunakan sistem tuas dan masih manual namun pengaturannya cukup fleksibel.

Fitur reclining diberikan pada penumpang belakang sehingga kenyamanan bisa lebih didapatkan. Kelegaan legroom dan headroom bisa menambah kesen lega dan terasa menyenangkan selama perjalanan. Tiap jok dibekali dengan headrest yang dapat bermanfaat untuk memberikan kenyamanan pada bagian kepala yang disesuaikan dengan postur penumpang. Kesejukan juga dirasakan berkat adanya kisi-kisi AC pada bagian konsol tengah.

Bagasi Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Bagasi luas siap membawa barang bawaan yang diperuntukkan di perjalanan dan tempat tujuan

Kapasitas bagasinya adalah 487 liter yang menunjukkan bahwa ruangnya sangat lega. Dengan diisi 5 penumpang mobil ini siap membawa barang bawaan untuk kebutuhan di perjalanan ataupun tempat tujuan. Di sebelah kiri terdapat lampu bagasi dipadukan dengan hook sebelah kanan dan kiri maksimal 2 kg.

>>> Baca Juga:

4. FITUR TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

Fitur Kenyamanan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Head unit mendapatkan fitur cukup lengkap dan sudah ada NFC

Salah satu fitur yang membuat kabin tampak lebih lega adalah adanya moonroof. Berkat fitur tersebut cahaya langit dapat dilihat dengan jelas tanpa perlu mengkhawatirkan adanya udara dari luar yang masuk. Plafon dapat dilakukan pergeseran ke belakang yang membuat ruang kepala tetap terjaga. Menariknya lagi tersedia fitur tilt dan juga dapat digeser menggunakan sistem elektrik.

Untuk fitur lain yang diberikan dapat memberikan hiburan selama perjalanan adalah adanya head unit 9 inci layar sentuh. Dalam head unit terdapat fitur radio AM/FM stereo, NFC, Miracast, Voice Command, USB dan Bluetooth. Sebagai informasi, bahwasanya untuk fitur NFC mempunyai fungsi untuk membuat sisa saldo e-toll dapat diketahui. Jadi hal tersebut mencegah kehabisan saldo di gerbang tol karena sebelum masuk tol bisa melakukan pengecekan saldo dengan mudah.

Fitur Keselamatan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Gambar  ini menunjukkan salah satu fitur pada mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Fitur keselamatan juga mumpuni

Sistem keselamatan pasif dan aktif diberikan di dalam mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021. Untuk sistem keselamatan aktif terdapat sistem pengereman ABS, EBD dan BA.  Sementara itu, fitur lain yang diberikan adalah Emergency Braking Signal (EBS) yang mempunyai fungsi untuk menginformasikan kepada pengemudi lain di belakang pada saat pengemudi Corolla Cross melakukan pengereman panik sehingga pengendara lain dapat menjaga jarak dengan aman.

Hill Start Assist juga diberikan yang memiliki fungsi untuk mencegah mobil berjalan mundur ketika berada di tanjakan. Fitur Vehicle Stability Control (VSC) juga turut diberikan di dalamnya sehingga dapat melakukan manuver meskipun dalam kondisi yang ekstrim.

>>> Lihat Juga, Review Toyota Corolla Altis 2008 : Mobil Sedan Nyaman Dengan Ruang Kabin Lega

5. OPERASI TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021

Mesin bertenaga siap hadapi segala medan jalan di Indonesia

Performa yang dimiliki oleh Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 tergolong responsif. Dimana secara linear segenap output dapat mengalir dari putaran bawah sampai putaran tinggi. Untuk torsi maksimal yang bisa didapatkan berada di angka 172 Nm dan tenaga maksimalnya adalah 138 Hp. Kapasitas mesinnya adalah 1.798 yang dipadukan penggunaan sistem katup Dual VVT-i, DOHC 16 katup (2 intake & 2 exhaust per cylinder). Mesin yang diberikan berkode 2ZR-FE dengan 4 silinder.

>>> Baca Juga, Review All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019, Tingkatkan Gengsi Minim Polusi

6. SPESIFIKASI TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021:

DIMENSI

Panjang

4.460 mm

Lebar

1.825 mm

Tinggi

1.620 mm

Ground Clearance

 165 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.640 mm

Kapasitas Tangki

47 Liter

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Cakram ventilasi

Rem Belakang

Cakram

Suspensi Depan

MacPherson Strut/Torsion Beam 

Suspensi Belakang

MacPherson Strut/Torsion Beam

Velg

Alloy 18 inci

Ban 

225/50 R18 

Teknologi Sasis

Toyota New Global Architecture

Struktur Sasis

Monokok TNGA-C, SUV C-Segmen

MESIN

Tipe 

4 Cylinders In-Line 16 Valve DOHC chain drive with Dual VVT-i

Tenaga 

138 hp/6.400 rpm

Kapasitas 

1.798 cc

Tenaga 

138 hp/6.400 rpm

Torsi  

172 Nm/4.000 rpm

Transmisi & Sistem Penggerak 

CVT, FWD

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai tampilan menarik dan tampak mewah di bagian eksterior maupun interiornya

Tidak diberikan fitur TSS (Toyota Safety Sense) di dalamnya

Nyaman ketika di kendaraan dan dapat memberikan kesan menyenangkan dalam perjalanan

Hanya disediakan varian 5 penumpang saja dan untuk 7 seater belum ada

Penggunaan mesin mempunyai tenaga yang mumpuni

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

Jadi untuk mobil Corolla Cross ini dihadirkan dalam varian bensin dan hybrid. Jika membahas tentang harganya keduanya mempunyai perbedaan. Dibandingkan varian hybrid, yang menggunakan bensin lebih terjangkau harganya. Untuk harga Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 dilansir dari laman resmi Toyota yaitu Rp. 463.510.000. Sedangkan untuk varian hybrid harganya mencapai Rp. 518.480.000.

9. VIDEO TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

10. KESIMPULAN TOYOTA COROLLA CROSS 1.8 GASOLINE 2021

Sebuah mobil SUV yang dapat digunakan untuk menemani aktivitas keseharian. Dimana dari segi tampilan, mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 terlihat menarik dan beragam fitur mumpuni diberikan di dalamnya. Apalagi dengan jok kulit membuat kenyamanan bisa dirasakan di dalam mobil. Sedangkan di bagian interior, selain didesain dengan full black tapi dengan adanya aksen warna silver yang diberikan pada beberapa bagian seperti kisi-kisi AC membuat tampilannya jadi lebih mewah. Untuk soal harga jual kembali tidak perlu takut karena nama besar dari Toyota menjadi salah satu nilai plus pada mobil ini.

>>> Baca Artikel Menarik Tentang Review Mobil Lain Di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International