Spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020: Kabin Lega Body Mobil Dirakit Oleh Karoseri

27/12/2020 Abdul Review Suzuki

Suzuki New Carry Minibus 2020 merupakan sebuah kendaraan yang mempunyai kabin lega. Baru saja dihadirkan di indonesia langsung menarik perhatian masyarakat. Selain kabinnya yang lega mobil ini terbilang bertenaga dan juga hemat bahan bakar sehingga bisa digunakan untuk beragam kebutuhan.

1. PENGANTAR SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

Perlu diketahui bahwa Suzuki Carry adalah salah satu bagian dari sejarah Suzuki di Indonesia selama 50 tahun. Jadi Suzuki memasarkan produknya di Indonesia sejak tahun 1970 dan mempunyai produk yang merupakan strategi penjualan yakni Suzuki Carry.

Berkaitan dengan hal tersebut seperti diungkapkan pihak Suzuki di laman resminya yang menyebutkan, bahwa karirnya berjalan di Indonesia untuk pertama kali menghadirkan Suzuki Carry Pick-Up ST10. Kemudian kiprahnya dilanjutkan dengan menghadirkan mobil Super Carry ST20. Nah kali ini mobil Suzuki menggebrak pasaran mobil di Indonesia dengan menghadirkan versi Minibus dari Carry yang melibatkan karoseri PT Putra Ganda Jaya Pratama  dalam proses pembuatannya.

Lantas seperti apakah mobil yang banyak dibicarakan oleh masyarakat tersebut, mari kita simak informasinya.

2. EKSTERIOR SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

Spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan Bagian depan Suzuki New Carry Minibus 2020

Sisi depan tampak rapi dan modern

Ketika dihadapkan pada bagian depannya akan tampak sebuah desain yang modern dan juga menarik perhatian. Memang dari segi desain tidak jauh berbeda dengan New Carry Pick up. Di sisi kaca depan tampak terlihat luas dengan di bawahnya ada 2 bilah wiper yang panjang. Kemudian di sisi bawahnya ada permukaan yang luas dengan ukuran cukup besar yang membuat mobil ini lebih menarik.

Di bawahnya lagi terdapat grille dengan didesain dengan krom tebal dipadukan dengan logo Suzuki di bagian tengahnya. Pada sisi kanan dan kirinya terdapat headlamp dengan ukuran biasa dan disampingnya terdapat lampu sein. Kemudian di bagian bawahnya menggunakan bumper yang dibuat sewarna bodi sehingga tampak lebih menarik.

Spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Suzuki New Carry Minibus 2020

Sisi samping menunjukkan dimensinya yang besar

Sebagai sebuah kendaraan Minibus tentunya akan nampak tampilannya yang cukup besar seakan dapat menampung banyak penumpang. Tampilannya cukup menarik dengan desain kemiringan di bagian depan dan potongan pintunya tampak begitu rapi. Untuk pintu belakang sudah menggunakan model geser dengan handle ukuran yang besar guna menarik pintunya.

Untuk pembuatan bagian samping ini memakai body plat galvanis dengan ketebalan 1mm. Sementara untuk insulator bodi mengandalkan PU Foam. Pada sisi ini jendela kacanya dilapisi dengan kaca film dengan kegelapan 60% sehingga bagian dalam lebih aman dan tidak tampak jelas dari luar.

Spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Suzuki New Carry Minibus 2020

Tampilan sederhanan dan tampak besar di sisi belakang

Menuju ke area buritan, tampilannya terlihat mengkotak dengan kaca belakang dibuat lebar.  Untuk bukaan pintunya menggunakan model dibuka ke atas seperti pintu yang dimiliki mobil Hatchback sehingga mudah dalam memasukkan barang. Kaca belakangnya ini menggunakan ketebalan 5 mm dengan model tempered dan dilapisi kaca film dengan kegelapan 60%. Di sisi kanan dan kiri terdapat lampu yang didesain vertikal dan bagian bumper belakang ada mata kucing dan sensor parkir yang disediakan secara opsional.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

Spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020 : Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Suzuki New Carry Minibus 2020

Dashboard memiliki banyak ruang penyimpanan

Di bagian dashboardnya ini akan banyak ditemukan tempat penyimpanan terbuka baik untuk pengemudi maupun di depan penumpang depan. Sementara itu, pada sisi pengemudi ada cup holder yang berada di bagian kanan tepatnya di depan kisi-kisi AC mobil. Sedangkan tuas transmisi juga diberikan dekat pengaturan AC mobil. Yang mana untuk pengaturan AC masih mengandalkan knop putar dengan di bawahnya ada ruang penyimpanan ukuran kecil.

Pada bagian kemudi mengandalkan 2 palang dengan bagian tengah besar dan terdapat logo Suzuki dengan warna hitam. Memang bentuknya lebih kecil dibandingkan Carry yang dijual di pasar Jepang atau JDM, namun digenggam terasa mantap karena ketebalannya.

Spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki New Carry Minibus 2020

Kapasitas penumpangnya cukup banyak dan lapang

Pada bagian jok mobil tampak mewah dan juga rapi berkat penggunaan bahan material kulit imitasi. Untuk jok belakang dibekali dengan seat belt 2 titik dan telah diberikan headrest untuk semua kursinya yang bisa diatur ketinggiannya. Kenyamanan juga akan dirasakan di dalam kabin mobil berkat penggunaan 6 buah lubang kisi-kisi AC mobil.

Apabila melihat dari dimensinya, dibandingkan dengan New Carry Pick Up standar, panjangnya lebih 220 mm. Sementara pada konfigurasi jok mobil yang ditawarkan adalah 2-3 yakni 2 kursi untuk baris kedua dan 3 kursi baris ketiga, 2-2-3 yakni 2 baris kedua dan 2 baris ketiga serta 3 baris keempat dan yang terakhir adalah model kursi yang saling berhadapan seperti mobil angkutan umum.

Spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Suzuki New Carry Minibus 2020

Bagasi dapat didapatkan beberapa model dengan pelipatan kursinya

Di bagian bagasi mempunyai kapasitas yang mumpuni bila jok belakang tidak dipakai, namun jika semuanya terisi penuh maka kapasitasnya terbilang kurang. Bahkan terdapat beberapa opsi untuk pelipatan kursinya seperti jok paling belakang dilipat ke depan ataupun jok belakang dibuat rata. Dengan kepraktisan yang ditawarkan tentunya akan sangat berguna untuk beragam kebutuhan seperti travel, antar jemput sekolah atau perusahaan dan juga kendaraan niaga.

>>> Daftar Harga Suzuki Mega Carry Pick Up: Mobil Niaga Suzuki Teman Usaha Terbaik

4. FITUR SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

Menuju ke sektor fitur Suzuki New Carry Pick Up 2020, yang mana mobil ini telah diberikan panel meter dengan tampilan sederhana dan terdapat tachometer di dalamnya. Tidak dipungkiri untuk kendaraan niaga pengemudinya jarang untuk melirik putaran mesinnya, tapi mobil ini telah diberikan secara digital odometer dengan Trip A dan Trip B dan juga indikator bahan bakar. Selain itu pengemudi dan juga penumpang akan dimanjakan dengan penggunaan AC mobil yang dapat memberikan kenyamanan kepada semua orang di dalamnya. Untuk kisi-kisi AC mobil yang diberikan totalnya ada 11. Hanya saja belum bisa untuk mengatur arah semburannya.

Gambar ini menunjukkan cup holder untuk pengemudi mobil Suzuki New Carry Minibus 2020

Cup holder memudahkan pengemudi menaruh minuman

Tidak hanya itu saja, sistem audio bawaan pabrikan juga diberikan untuk memberikan hiburan selama perjalanan. Untuk kemudahan dalam penyimpanan barang atau minuman, mobil ini telah dibekali banyak laci penyimpanan. Selain itu dekat dengan pengemudi ada 1 buah cup holder yang bisa dijadikan tempat meletakkan minuman oleh pengemudi mobil.

>>> Daftar Harga Suzuki Carry Pick Up: Generasi Baru Dari Sang Raja Pick Up

5. OPERASI SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki New Carry Minibus 2020

Mesin bertenaga dan konsumsi bahan bakar hemat

Menuju ke sektor performa, yang mana mesin Suzuki New carry Minibus 2020 yang digunakan berkode K15B-C yang memiliki kapasitas 1.500 cc dengan 4 silinder. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh mesin tersebut adalah 97 Ps dengan torsi maksimalnya adalah 135 Nm. Tenaga dan torsinya disalurkan ke bagian roda belakang dengan mengandalkan sistem transmisi 5 speed manual. Untuk sistem injeksinya mengandalkan Multi Point Injection yang menjadikan mobil ini hemat konsumsi bahan bakar.

>>> Lihat Juga:

6. SPESIFIKASI SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Suzuki New Carry Minibus 2020:

DIMENSI

 Panjang

 4.415 mm

Lebar

1.675 mm

Tinggi

2.100 mm

 43 Liter

 43 Liter

 43 Liter

 43 Liter

 Dimensi Pintu Sliding 

 1.530 mm X 950 mm

 Dimensi Ruang Pintu (Terbuka)

 1.050 mm X 750 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.205 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum

Pelek

 Steel, 13 Inch

Jenis Ban

Dunlop SP LT5, 165/80R13

Teknologi Safety Sasis

 TECT

Struktur Sasis

 Ladder Frame, Minibus Segment

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut & Leaf Rigid Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Electronic Power Steering

MESIN

Seri mesin

 K15B-C

Kapasitas Silinder

 1,462 cc

Bore X Stroke

 74,0 mm X 85,0 mm

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

Sistem Injeksi

 Multi Point Injection

Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

Tenaga Maksimum

 95,5 Hp (97 Ps) @ 5.600 rpm

Torsi Maksimum

 135 Nm @ 4.400 rpm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki New Carry Minivan 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dimensi yang panjang dan kelasnya dalam Minivan membuat kabinnya lega

Harga yang ditawarkan terbilang cukup mahal dengan beberapa hal yang diberikan di dalamnya

Jok mobil dapat dilakukan beberapa pengaturan sehingga membuatnya lebih fleksibel

Pemberian Sabuk pengaman masih 2 titik untuk para penumpangnya dan belum menggunakan auto ELR

Penggunaan mesin yang bertenaga memberikan kenyamanan dan konsumsi bahan bakarnya terbilang lebih hemat

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

Berkaitan dengan harga berada di angka 200 jutaan. Untuk harga mobil Suzuki New Carry Minibus 2020 saat pertama kali dihadirkan adalah Rp. 262.300.000. Sementara untuk versi Blind Van mobil ini dibanderol dengan harga Rp. 210 jutaan untuk model cargo. Nah bagaimana, apakah sobat tertarik untuk membelinya? Bagaimana menurut Sobat terkait harganya, apakah kemahalan?

9. VIDEO SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

10. KESIMPULAN SUZUKI NEW CARRY MINIBUS 2020

Dengan mengandalkan mobil Suzuki New Carry Minibus 2020 pemilik bisa menggunakannya dalam berbagai kebutuhan dan bisnis. Hal tersebut berkat kabinnya yang lapang dan memiliki kapasitas penumpang cukup banyak. Bahkan jika dipakai sebagai mobil keluarga maka bisa sekeluarga ikut semua, bahkan sampai tetangga juga bisa diajak. Bagaimana menurut Sobat, apakah tertarik membeli mobil ini?

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International