Spesifikasi Suzuki Ignis GL MT 2020 : Mobil Urban SUV Mungil Dengan Harga Terjangkau

25/12/2020 Abdul Review Suzuki

Ignis mempunyai beberapa varian yang dipasarkan di Indonesia. Salah satu varian dengan harga yang terjangkau adalah Suzuki Ignis GL MT 2020. Meskipun harganya paling terjangkau, apa yang menarik pada mobil besutan Suzuki satu ini?

1. PENGANTAR SUZUKI GL MT 2020

Mobil mungil yang dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan ke tempat yang dituju. Yang mana dihadirkan dengan 2 tipe yakni GL dan GX. Untuk variannya terdapat 4 yakni New Ignis GL MT, GL AGS, GX MT dan GX AGS. Dalam pembahasan kali ini adalah varian GX MT.

Mobil ini menjadi varian paling rendah dengan harga paling terjangkau. Dari segi tampilan terlihat sporty, stylish dan juga unik serta mempunyai beberapa penambahan aksesoris di dalamnya. Untuk lebih jelasnya tentang mobil ini, mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR SUZUKI GL MT 2020

Spesifikasi Suzuki Ignis GL MT 2020 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Suzuki Ignis GL MT 2020

Sisi depan tampak menarik dengan tampilan grille berbeda dengan mobil lain

Ketika melihat sisi depannya akan tampak desainnya yang sporty, meskipun dibandingkan dengan tipe GX nya masih tampak polos. Untuk bagian grille dibuat dengan ukuran persegi berjumlah 4 buah, sisi kanan 2 dan kiri 2 dengan tengahnya yang terdapat logo Suzuki. Di bagian lampu dibuat tidak terlalu besar dengan mengandalkan multi reflektor dipadukan dengan bohlam halogen. Dengan menggunakan lampu ini, saat kondisi jalanan berkabut dan hujan lebat pengendaraan akan terbantu. Bagian sorot lampu dapat diatur ketinggiannya dengan mengandalkan tombol yang ditempatkan di dalam kabin mobil. Untuk versi termurahnya ini pihak Suzuki belum memberikan lampu kabut atau fog lamp.

Spesifikasi Suzuki Ignis GL MT 2020 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Suzuki Ignis GL MT 2020

Desainnya sewarna bodi dan ada coakan di pilar C

Pada saat melihat ke sisi samping maka akan dihadapkan dengan tampilan sebuah kendaraan yang terlihat mungil. Warna dari handle pintu dan spion dibuat senada dengan bodi mobil dipadukan dengan coakan 3 dimensi pada bagian pilar C. Coakan tersebut terinspirasi dari kendaraan lawas yang dimiliki oleh Suzuki. Pada sisi samping kap mesin mobil ada ornamen yang membuatnya tampak menarik. Sedangkan di bagian kaki-kaki mengandalkan pelek ukuran 15 inci yang terlihat sporty dibalut dengan warna hitam.

Spesifikasi Suzuki ignis GL MT 2020 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Suzuki Ignis GL MT 2020

Desain menarik dengan tampilan yang tampak lucu

Berlanjut pada sisi belakang, yang mana sobat akan dihadapkan tampilan sporty dan juga terlihat unit. Tampak terdapat antena pada atapnya dan kaca belakang dibuat miring ke depan. Ada wiper di kaca belakangnya ini dan di bawahnya ada logo Suzuki sebagai penanda mobil ini. Pada sisi kanan dan kirinya terdapat lampu belakang yang menggunakan halogen, Untuk lampu belakang ada yang di bagian pintu bagasi. Sementara pada sisi bumper terdapat aksen silver dan  ada mata kucing bagian kanan dan kirinya. Untuk fitur belakangnya sudah ada sensor parkir dan defogger.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR SUZUKI GL MT 2020

Spesifikasi Suzuki Ignis GL MT 2020 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Suzuki Ignis GL MT 2020

Dashboard terlihat menawan dengan perpaduan warna dan desainnya yang pas

Menuju ke sisi interiornya, yang mana tampilannya terlihat unik. Meskipun dari segi tampilan masih terasa sama dengan versi sebelum mengalami facelift. Tidak dipungkiri memang untuk sisi dashboard yang diberikan sudah sejak tahun 2017 terlihat futuristik. Bagian atas dashboard tampak rata dan miring ke sisi dalam dipadukan dengan ruang penyimpanan yang cukup banyak, baik ruang penyimpanan terbuka maupun tertutup.

Bagian head unit dibuat menonjol dengan beberapa pengaturan yang dapoat dipakai untuk mengioerasikan radio dan lainnya. Pada sisi kemudi mobil mengandalkan 3 palang dengan tampilan yang keren dan juga stylish. Warna yang digunakan ada 2 buah yang berpadu dengan logo Suzuki di sisi tengah dengan aksen warna krom.

Spesifikasi Suzuki Ignis GL MT 2020 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki Ignis GL MT 2020

Jok nyaman dengan ruang kaki dan kepala yang lega

Jok yang diberikan di dalam kabinnya akan terasa nyaman. Kapasitas penumpangnya adalah 5 orang, hanya saja untuk headrest yang diberikan hanya 4 orang saja dan bisa diatur ketinggiannya. Joknya tergolong cukup keras apabila dibandingkan dengan pesaingnya sesama buatan produsen asal Jepang, Untuk seatbelt 3 titik juga diperuntukkan untuk 1 pengemudi dan 3 penumpang saja.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR SUZUKI GL MT 2020

Menuju ke sisi fitur Suzuki Ignis GL MT 2020. Yang mana untuk hiburan mobil ini memiliki head unit yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio AM/FM, USB, AUX dan CD. Untuk kualitas suara yang dihasilkan terbilang jernih sehingga menambah kenyamanan selama berkendara. Hal tersebut berkat penggunaan 4 buah speaker di dalamnya, hanya saja pihak Suzuki belum menambah tweeter  di dalamnya.

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Suzuki Ignis GL MT 2020

Fitur cukup lengkap dengan tampilan yang unik

Kemudian untuk pengaturan AC nya masih menggunakan sistem analog dan pengaturan manual. Tidak hanya itu saja, dari segi pengaturan terbilang lengkap karena sudah ada semburan ke kaki dan badan. Sementara itu, untuk defogger yang diberikan pada bagian kaca depan dan belakang serta telah ada fitur heater.

Di bagian layar MID dapat memberikan info yang lengkap dan tampak menyenangkan berkat penggunaan layar LED yang menyajikan informasi penting seperti sisa jarak tempuh, suhu luar mobil, jam, konsumsi real time BBM dan juga konsumsi BBM rata-rata. Bahkan ada juga tripmeter A dan B serta Odometer yang dapat membantu pengendaraan jadi lebih menyenangkan.

>>> Baca Juga, Daftar Harga Suzuki Ignis: Mobil SUV Tangguh Banyak Pilihan Warna

5. OPERASI SUZUKI GL MT 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Ignis GL MT 2020

Mesin bertenaga hemat konsumsi BBM

Mobil Suzuki Ignis GL MT 2020 dibekali dengan mesin berkode K12 M dengan kapasitas 1.200 cc 4 silinder. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal mencapai 83 Ps dan torsi puncak yang bisa dihasilkan mesin tersebut adalah 113 Nm. Tenaga yang dimiliki serta torsinya disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan transmisi 5 speed manual. Sistem bahan bakar yang digunakan adalah Multi Point Injection (MPI). Salah satu yang menarik adalah tuasnya yang memiliki pergerakan yang presisi dipadukan dengan pedal kopling yang ringan ketika dioperasikan.

>>> Untuk mengetahui harga mobil lainnya, silahkan klik disini

6. SPESIFIKASI SUZUKI GL MT 2020

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Suzuki Ignis GL MT 2020:

DIMENSI

Panjang

3.700 mm

Lebar

1.660 mm

Tinggi

1.595 mm

 4,7 Meter

 4,7 Meter

 4,7 Meter

 4,7 Meter

 Jarak Sumbu Roda

 2.435 mm

 Ground Clearance

 180 mm

 Kapasitas Tangki

 32 Liter

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum, Leading Trailing

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS & EBD

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam with Coil Spring

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Pelek

 Alloy, 15 Inch

Jenis Ban

 Radial, 175/65R15

Teknologi Safety Sasis

 HEARTECT

Struktur Sasis

 Monokok, A Segment

MESIN

 Seri mesin

 K12M, 4-Silinder Segaris, DOHC, VVT

Bore X Stroke

 73 mm X 71,5 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 percepatan, Penggerak Roda Depan

 Kapasitas Silinder

 1,197 cc

 Tenaga Maksimum

 81,5 Hp (83 Ps) @ 6.000 rpm

 Torsi Maksimum

 113 Nm @ 4.200 rpm

 Pasokan Bahan Bakar

 Multipoint Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI GL MT 2020

Berikut ini  merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Ignis GL MT 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dengan mengandalkan sistem bahan bakar MPI membuatnya lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar

Sebagai tipe terendah mobil ini belum diberikan foglamp

Meskipun tipe terendah namun fiturnya tergolong lengkap siap untuk menemani perjalanan

Headrest dan sealtbelt 3 titik hanya diberikan pada 4 penumpang saja

Mesin yang diberikan terbilang mumpuni dan performanya juga sangat baik

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI GL MT 2020

Suzuki Ignis GL MT 2020 merupakan tipe terendah dari Ignis. Yang mana untuk harganya per Desember 2020 adalah Rp. 174 juta diambil dari laman resmi Suzuki indonesia. Nah bagi sobat yang ingin membeli mobil ini bisa berkunjung langsung ke diler resminya. Kami hanya mengingatkan untuk selalu menjaga kondisi mobil dengan melakukan perawatan secara berkala dengan rutin sesuai anjuran pabrikan.

9. VIDEO SUZUKI GL MT 2020

10. KESIMPULAN SUZUKI GL MT 2020

Sebuah mobil dengan tampilan yang menarik dan juga sporty. Dibekali dengan fitur tang terbilang lengkap membuat mobil ini dapat dijadikan pilihan untuk melintasi jalanan perkotaan dengan nyaman. Konsumsi bahan bakar tergolong irit sehingga membuat pengeluaran untuk bahan bakar bisa lebih hemat. Mobil Suzuki Ignis GL MT 2020 layak untuk dibeli dan siap menemani aktivitas keseharian. Apalagi nama Suzuki terbilang baik sehingga jaringan diler dan servisnya cukup banyak sehingga perawatannya bisa dilakukan dengan lebih mudah.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International