Spesifikasi Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999 : Mobil Lawas Dengan Double Blower

15/07/2021 Abdul Review Suzuki

Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999 memiliki banyak peminat karena harganya terjangkau dan bisa digunakan sebagai kendaraan keluarga. Bahkan bagi yang kebelet ingin punya mobil tapi dana belum mencukupi beli baru bisa memilih mobil besutan Suzuki satu ini.

1. PENGANTAR SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

Salah satu mobil yang mempunyai kabin luas dan daya angkut penumpang banyak adalah Suzuki carry Futura. Oleh sebab itu terdapat Real Van yang menjadi embel-embel ketika melakukan penjualan. Kapasitas penumpang sampai 9 orang untuk tipe 1.5 DX dan GX dengan konfigurasi 2-3-4. Namun untuk pembahasan kali ini adalah tipe GRV mesin 1.6L yang merupakan tipe tertinggi keluaran tahun 1999.

Pada tipe GRV mempunyai kapasitas penumpang yang lebih sedikit yakni 7 penumpang saja. Hal tersebut karena untuk tipe ini lebih diutamakan kenyamanan penumpang di dalamnya. Pada jok baris keduanya hanya untuk 2 orang saja karena dibekali dengan jok model captain seat. Hanya saja belum diberikan hand rest seperti pada mobil-mobil modern saat ini.

2. EKSTERIOR SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

Sisi Depan Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Tidak terlalu banyak perubahan sejak pertama dihadirkan

Pada bagian depan akan dihadapkan dengan tampilan khas mobil carry dengan kaca depan yang tampak besar sehinggi visibilitas pengemudi lebih baik. Terdapat 2 bilah wiper dan terdapat tulisan Carry 1.6. Di bagian headlamp dibuat mengkotak seakan menyambung dari sisi kanan ke bagian kiri. Headlamp mengandalkan kaca buram dengan lampu sein di tepian luar. Grill menggunakan desain cukup menarik dengan warna silver. List silver juga dibuat menyambung mengelilingi lampu depan dan grill. Untuk bumper dibuat menonjol dan masih menggunakan bahan besi menunjukkan akan kekuatan mobil besutan Suzuki ini. Di pilar sebelah kanan terdapat antena yang menggunakan model tarik.

Sisi Samping Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Gambar ini menunjukkan bagian samping Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Tampilan tetap menarik meskipun sudah berumur

Menuju ke sisi samping, Sobat saat melihat mobil carry dari bagian samping pasti sudah paham meskipun hanya melihatnya sekilas. Mobil ini terbilang populer karena harganya yang cukup terjangkau dan kerap dijadikan mobil pertama karena budget terbatas dan ingin memiliki sebuah kendaraan untuk beraktifitas bersama keluarga. Spion mobil menggunakan aksen warna hitam doff begitupun untuk handle pintu. Velg mobil memakai alloy ukuran 13 inci. Terdapat ciri khas di bagian samping yakni stiker Carry 1.6 dan di belakang roda depan terdapat 3 lubang.

Sisi Belakang Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

gambar ini menunjukkan bagian belakang Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Jika kondisi terawat akan terlihat keren

Menuju ke sektor belakang mobil, pintu bagasi menggunakan model terbuka ke samping. Sisi belakang tampak rapi meskipun menggunakan desain mengkotak. Dimana aksen warna hitam diberikan pada list kaca, handle pintu dan bagian atas tempat plat nomor. Keunikan mobil ini adalah lampu belakang yang posisinya berada di sisi bawah dengan posisi lampu sein paling ujung. Sisi sebelah kanan terdapat tulisan Carry 1.6 dan sisi kiri menunjukkan tipe yakni GRV.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

Dashboard & Kemudi Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Dashboard belum banyak tombol dan pengaturan fitur

Ketika masuk ke bagian interior depan, bagian door panel terdapat door handle model tarik dengan pembuka kaca model engkol putar. Sisi kanan dashboard terdapat kisi-kisi AC, power door lock dan tempat koin dan juga laci penyimpanan. Dashboard menggunakan material bahan hard plastik. Pada bagian speedometer cukup memberikan informasi dengan odotrip meskipun masih memakai analog, hanya saja untuk mobil ini telah dilengkapi dengan tachometer.

Pada sisi tengah terdapat kisi-kisi AC dan di bawahnya pengaturan AC berpadu dengan head unit. Pada sisi bawah sendiri terdapat laci tertutup yang kerap digunakan sebagai asbak. Sementara pada sisi kiri hanya terdapat kisi-kisi AC dan laci penyimpanan tertutup.

Sebagai mobil tahun 90-an mobil ini cukup menarik. Untuk kemudi tampak besar dengan menggunakan 3 palang. Belum ada tombol-tombol hanya klakson saja dan pengaturan masih fix belum bisa Tilt ataupun Telescopic.

Jok Mobil Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Jok fabric nyaman dan kabin lega

Jok mobil menggunakan bahan fabric dengan motif sama dengan yang terdapat di door trim. Pada sisi pengemudi dan penumpang depan telah mendapatkan head rest untuk membuat pengemudi dan penumpang depan lebih nyaman. Untuk konfigurasi jok mobil adalah 2-2-3, jumlah total penumpang. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya.

Pada baris kedua menggunakan jok mobil model captain seat tapi tidak ada hand rest. Sehingga jok baris kedua ini hanya bisa diduduki 2 orang. Sementara pada jok belakang ditujukan untuk 3 orang, desain semua jok sama dan bahan yang sama yakni fabric yang dapat memberikan kenyamanan bari para penumpang.

>>> Baca Juga:

4. FITUR SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

Gambar ini menunjukkan double blower Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Mobil lawas tapi sudah diberikan double blower

Ketika membahas tentang fitur Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999, kita tidak bisa mengaharap lebih. Namun terbilang cukup karena sudah ada head unit yang bisa digunakan untuk mengoperasikan radio dan tape. Selain itu, pada AC sudah double blower sehingga penumpang belakang juga bisa merasakan kenyamanan selama perjalanan.

Keunikan terdapat pada kaca samping, dimana dalam proses pembukaannya seperti jendela rumah yakni dibuka keluar. Jadi tidak seperti mobil pada umumnya yang naik turun atau geser maju mundur. Meskipun begitu, terdapat juga yang model engkol putar yakni di bagian pengemudi dan bagian pintu sebelah kiri. Sementara untuk sisi sebelah kanan tidak ada pintu untuk penumpang, sehingga aksen keluar masuk penumpang lewat sebelah kiri.

>>> Lihat Juga, Ingin Harga Jual Mobil Tetap Tinggi, Perhatikan 5 Hal Ini

5. OPERASI SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999

Mesin bandel dan hemat BBM

Menuju ke sektor mesin Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999, dimana pihak Suzuki memberikannya dengan kode G16A 4 silinder yang memiliki kapasitas 1.600 cc. Soal bahan bakar tidak perlu khawatir dan mesin yang diberikan juga bandel. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 97 Hp dan torsi puncaknya mencapai 127 Nm. Akan tetapi karena terdapat kebijakan pemerintah terkait pajaknya yang tinggi untuk mesin di atas 1.500cc, akhirnya mesin dilakukan penggantian dengan 1.500cc. Jadi pada Carry yang menggunakan mesin 1.600 cc, konsumsi bahan bakarnya juga hemat layaknya tipe 1.5L. Sehingga lebih ramah di kantong dan bisa dijadikan pilihan sebagai mobil keluarga.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020: Kabin Lega Body Mobil Dirakit Oleh Karoseri

6. SPESIFIKASI SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999:

DIMENSI

Panjang

3.875 mm

Lebar

1.570 mm

Tinggi

1.915 mm

Jarak Poros Roda

1.970 mm

Jarak Terendah

187mm

Radius Putar Minimum

4.2 m

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Drum, Leading & Trailing

Suspensi Depan

MacPherson Strut & Coil Spring

Suspensi Belakang

Leaf Spring

Ukuran Velg

13 Inci

MESIN

Jenis

G16A 4 silinder

Isi Silinder

1.600 cc

Jumlah Silinder

4 In-Line

Daya Maksimum

97 Hp

Torsi Maksimum

127 Nm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Hemat konsumsi bahan bakar dan sparpart cukup melimpah

Fitur hiburan kurang mumpuni apalagi dibandingkan pada fitur saat ini

Mesin bandel dan mobil tidak mudah rusak

Fitur keselamatan kurang lengkap

Kabin lapang dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan

Cukup sulit mendapatkan kondisi yang istimewa

8. DAFTAR HARGA SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

Sebegai mobil keluaran tahun 1999 tentunya kondisi barunya sudah tidak ada. Umurnya mencapai 20 tahunan lebih membuat harga Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999 bekas cukup terjangkau. Di situs online terdapat beragam banderol harga yang ditawarkan tergantung kondisi dan wilayan pembelian. Harganya berada di angka sekitar Rp. 40 juta sampai Rp. 75 jutaan tergantung kondisi mobil. Oleh sebab itu bisa saja lebih murah dari angka tersebut atau lebih mahal tergantung wilayah pembelian serta kondisi mobilnya.

9. VIDEO SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

10. KESIMPULAN SUZUKI CARRY FUTURA 1.6 GRV 1999

Mobil Suzuki Carry Futura 1.6 GRV 1999 bisa dijadikan sebagai kendaraan pertama ketika menginginkan sebuah mobil untuk beraktifitas tapi budget sedikit. Dengan kelapangan kabin membuat sekeluarga bisa melakukan perjalanan dengan nyaman. Adanya AC double blower membuat kesan menyenangkan tercipta dalam perjalanan dipadukan dengan mendengarkan radio atau tape. Selain hal tersebut, bagi para pecinta mobil lawas tentunya mobil ini bisa dijadikan pilihan. Apalagi kalau terawat, maka tampilannya cukup keren dan menarik perhatian banyak orang.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International