Spesifikasi Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 : Tetap Keren Meski Usia Lebih 10 Tahun

02/12/2020 Abdul Review Nissan

Mobil SUV terkenal akan ketangguhannya dalam melintasi segala medan jalan. Salah satu mobil dalam segmen tersebut adalah besutan Nissan yang dikeluarkan tahun 2007 yakni X-Trail. Kali ini kami akan membahas mengenai spesifikasi dan fitur Nissan X-Trail 2.0 MT 2007.

1. PENGANTAR NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Mobil ini adalah masuk dalam X-Trail generasi pertama yang dimasukkan ke Indonesia. Kehadiran pertama kali dilakukan tahun 2000 dalam acara Paris Motor Show. Di Jepang penjualannya dilakukan pada bulan November 2000 dan masuk dalam segmen SUV.

Mobil Nissan X-Trail keluaran tahun 2007 menggunakan kode T31 yang telah mengalami peningkatan fitur. Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah dapat melintasi segala medan jalan dengan mudah.

2. EKSTERIOR NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Spesifikasi Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Sampai saat ini tampilannya masih menarik

Pada bagian depan tampak seperti sedang memandang ke depan. Untuk grille mengandalkan motif honeycomb dipadukan dengan penggunaan sedikit aksen krom.  Di bagian head lamp menggunakan desain mengkotak yang dipadukan dengan penggunaan bohlam halogen. Sedangkan di bagian bawahnya ada bumper menggunakan aksen warna hitam dan dibekali dengan lampu kabut dengan model bulat.

Spesifikasi Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian depan dankanan Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Tampilan simperl namun terlihat gagah

Ketika melihat bagian samping akan terlihat sebuah SUV yang mempunyai tampilan gagah dan seakan siap menerjang segala medan jalan. Dari segi warna memang tampak sama dari mulai cover spion dan mouldingnya. Sementara pada bagian handle pintu sudah ditambahkan aksen krom sehingga tampak berbeda dengan aksen bodi. Ground clearance yang dimiliki sangat tinggi yakni 200 mm berpadu dengan pelek mobil standar ukuran 16 inci alloy. Pada bagian kaca mobil juga sudah diberikan door visor untuk memberikan kenyamanan saat musim penghujan ketika ingin buka jendela sedikit atau hal lainnya.

Spesifikasi Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang dan samping kiri Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Lampu belakang cukup menarik dan sudah ada defogger dan wiper belakang

Saat melihat sisi belakang akan dihadapkan dengan bodi tanpa spoiler yang menggunakan kaca cukup besar sudah ada fitur defogger. Perpaduan menarik tampak pada lampu belakangnya yang dibuat vertikal dengan ukuran cukup besar dan sudah diberikan wiper belakang. Di bawah wiper ada logo Nissan dan aksen krom di atas plat nomor serta tulisan X-Trail.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Spesifikasi Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Fitur tentunya masih kalah dengan mobil saat ini

Ketika melihat dashboardnya akan nampak sesuatu yang berbeda dengan kendaraan lain yaitu panel instrument. Jadi posisi panel instrumen berada di tengah di atas head unit. Tentunya hal tersebut ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk keuntungannya visibilitas jadi lebih baik, namun kelemahannya adalah terasa kurang praktis dan terasa janggal. Dari segi tampilan, panel instrumennya terkesan konvensional tapi tampak memakai layar lebar. Untuk AC masih model knop putar dan head unitnya dapat dipakai untuk memutar MP3 ataupun radio.

Sementara itu, pada sisi kemudinya menggunakan 4 palang yang khas diberikan pada mobil Nissan. Desainnya masih polos karena belum diberikan tombol untuk pengaturan audio. Hanya terdapat logo Nissan yang dibekali dengan warna krom.

Spesifikasi Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Jok nyaman dengan busa tebal dan bahan kulit

Pada saat berada di jok pengemudi mobil ini maka akan merasakan visibilitas yang baik karena joknya dibuat tinggi. Untuk bahan material menggunakan kulit dipadukan dengan busa yang empuk sehingga kenyamanan akan terasa. Kemudian untuk baris kedua sandarannya dibuat rendah dan penumpang bagian belakang sudah mendapatkan armrest dengan menarik bangku kedua sisi tengah.

Spesifikasi Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 : Bagian Bagasi Mobil

Gambar ini menunjukkan bagasi Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Bagasi luas apalagi saat jok belakang dilipat

Berbicara soal bagasi, mobil ini mempunyai ruang bagasi yang luas. Dengan bibir bagasi yang rata membuatnya mudah dalam memasukkan barang bawaan. Meskipun begitu, pada saat ingin ruang yang lebih lagi, Sobat bisa melakukan pelipatan pada jok mobil baris kedua.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Gambar ini mrnunjukkan head unit dan panel instrument Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Panel instrument berada di tengah

Jika melihat dari umurnya, mobil ini sudah mencapai 13 tahunan, jadi terbilang tidak muda lagi. Oleh sebab itulah fitur Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 yang diberikan masih kalah dengan mobil zaman sekarang. Sebagai fitur yang mendukung hiburan, mobil ini telah dibekali dengan radio AM/FM dan juga pemutar CD serta outlet 12V. Di kemudinya telah mendapatkan power steering sehingga lebih mudah dalam mengendalikan setirnya. Sedangkan sistem keselamatan, mobil ini telah dibekali dengan airbag yang berada pada bagian depan dan samping.

>>> Baca Juga, Review Nissan X-Trail 2017, Mobil Crossover SUV Mewah Dan Nyaman

5. OPERASI NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Mesin memiliki tenaga yang besar

Mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 mengandalkan mesin berkode QR20DE dengan 4 silinder yang mempunyai tenaga besar. Adapun tenaga maksimal yang dihasilkan oleh mesin adalah 142 Ps dan torsi puncaknya mencapai 200 Nm. Sistem penggerak roda mengandalkan roda depan dengan menggunakan sistem transmisi 5 speed manual. Jika masih kurang sobat dapat memilih yang varian mesin 2.5l dengan 4 silinder yang merupakan varian lebih tingginya. Tapi kalau soal efisiensi bahan bakarnya tentu recomended yang pakai mesin 2.0.

>>> Baca Juga, Daftar Harga Nissan X-Trail: SUV Tangguh Bergaya Elegan

6. SPESIFIKASI NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007:

DIMENSI

Panjang

4.511 mm

Lebar

1.765 mm

Tinggi

1.674 mm

Jarak Poros Roda

2.624 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0L QR20DE 4-silinder

Tanaga Maksimal

142 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

200 Nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Transmisi

Otomatis dan Manual 5-percepatan

KAKI-KAKI

Tipe Ban

235/60 R16

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Link

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Meskipun umur sudah cukup tua, namun daris egi tampilan masih cukup menarik hingga saat ini

Fitur penyimpanan tergolong kurang seperti cup holder yang hanya diberikan 2 buah saja

Kapasitas bagasi luas dengan ujungnya yang rata membuatnya mudah memasukkan barang bawaan

Fitu hiburan dan lainnya masih terbilang kurang

Performa mesin mumpuni karena mesin yang digunakan memiliki tenaga cukup besar

 

8. DAFTAR HARGA NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 merupakan sebuah SUV yang dapat ditemui di pasaran mobil bekas Indonesia dengan cukup mudah. Mesin yang diberikan terbilang bandel dan dapat dipakai untuk melintasi jalanan segala medan. Jadi mobil ini memang bisa masuk dalam pertimbangan bagi Sobat yang suka melintasi jalanan yang kurang bagus. Meskipun begitu, untuk jalanan perkotaan juga masih work. Untuk harga bekas yang ditawarkan antara Rp. 70 juta sampai Rp. 90 jutaan.

9. VIDEO NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

10. KESIMPULAN NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Bagi sobat yang ingin sebuah SUV tangguh dengan harga terjangkau bisa memilih mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007. Untuk generasi pertamanya dihadirkan pada tahun 2001 yang memiliki tampilan sporty. Mengandalkan mobil dengan harga di bawah Rp. 100 juta ini, Sobat sudah bisa bepergian ke tempat yang dituju baik jalanan bagus atau kurang baik seperti bergelombang dan tidak rata. Hanya saja jangan melakukan perbandingan mobil X-Trail keluaran 2007 ini dengan yang saat ini dijual di pasaran. Tentu akan jauh berbeda karena memang usianya sudah 13 tahunan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International