Spesifikasi Mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003: Mesin Halus Desain Sporty

01/01/2021 Abdul Review Suzuki

Sebuah mobil SUV keluaran tahun 2000 an dari Suzuki yang bisa dijadikan pilihan bagi Sobat semua. Ya Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 yang memiliki desain sporty dan keunggulan lainnya. Lantas bagaimana spek dan fiturnya? Mari kita simak ulasannya.

1. PENGANTAR SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Sebelum dihadirkan Suzuki XL7 mobil ini telah lebih dahulu dihadirkan oleh pihak Suzuki. Yang mana terdapat sejarah panjang dari Escudo, pertama kali dihadirkan oleh PT Indomobil Niaga International 17 tahun silam dalam ajang Gaikindo Auto Expo. Nama XL7 mempunyai arti Xtra Large yang menandakan mobil ini sebuah kendaraan yang luas. Dibandingkan Suzuki Grand Vitara tentu lebih panjang yaitu 457 mm.

Pada tahun 1998 produksi XL-7 dilakukan dan merupakan produk SUV dari suzuki. Kemudian di tahun 1999 dihadirkan generasi kedua dengan mengandalkan mesin V6 2.5 L untuk pasar otomotif Indonesia. Tentunya Sobat yang menginginkan mobil bekasnya masih bisa didapatkan di pasaran mobil bekas. Berikut ini merupakan ulasan mengenai spesifikasi Suzuki Grand Escudo XL-7 2003.

2. EKSTERIOR SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Spesifikasi Mobil Grand Escudo XL-7 2003 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Tampilan sporty dan terdapat spion tanduk di bagian depan kiri

Membahas bagian depan sudah bisa ditemukan hal menarik pada kap mesinnya. Yang mana terdapat lekukan kanan dan kiri yang membuatnya tampil lebih sporty. Bentuknya pun berbeda dengan mobil pada umumnya karena didesain mengkotak. Terdapat spion tanduk di sisi kiri mobil untuk melihat area blind spot pada sebelah kiri kendaraan. Kemudian terdapat ornamen cukup tebal aksen warna krom di atas grill dan juga pada grill nya itu sendiri.

Di bagian tengah grill terdapat logo Suzuki sebagai penanda mobil. Untuk sisi kanan dan kiri  terdapat lampu depan yang cukup besar dan masih halogen, meskipun begitu tetap dapat memberikan visibilitas berkendara dengan cukup baik. Pada bagian bumpernya terdapat grill bumper ukuran kecil dan fog lamp model bulat pada sisi kanan dan kirinya yang dapat membantu saat melintasi jalanan yang berkabut atau ketika hujan deras.

Spesifikasi Mobil Grand Escudo XL-7 2003 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan sisi samping dan belakang Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Bodi bongsor menandakan kabin yang luas

Menuju ke sisi samping, di bagian ini akan dihadapkan dengan bodinya yang bongsor memperlihatkan keleluasaan kabinnya. Di bagian sampingnya ini terdapat cover spion dan side-moulding yang didesain sewarna dengan bodi mobil. Pada setiap sisinya mobil ini juga mempunyai desain overfender yang buat mobil tampak lebih gagah. Hal tersebut dipadukan dengan penggunaan pelek alloy ukuran 16 inci dan memiliki ground clearance 185 mm.

Spesifikasi Mobil Grand Escudo XL-7 2003 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang dan samping Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Ada tempat ban cadangan di belakang menempel pada pintu

Sobat akan menemukan salah satu ciri khas mobil SUV tradisional yaitu ban cadangan ditempelkan di bagian pintu. Memang menutupi area belakang namun malah menunjukkan kejantanan dari mobil besutan Suzuki satu ini. Di sisi atas sudah terdapat spoiler yang membuatnya lebih sporty dipadukan dengan penggunaan kaca cukup besar. Untuk headlamp di bagian kanan dan kiri di atas bumper dan desain bemper dibuat menonjol ke belakang.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Spesifikasi Mobil Grand Escudo XL-7 2003 : Bagian Dashboard Dan Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Tampilan dashboard cukup mewah dengan pemberian aksen kayu

Menuju ke sisi dashboard pada mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003, tampilan dashboardnya terlihat modern. Bahkan saat kondisinya bersih dan terawat maka tidak tampak desainnya yang telah berumur. Di bagian kiri dan kanan terdapat kisi -kisi AC mobil yang didesain bertingkat. Kemudian di sampingnya ada tempat airbags dengan di bawahnya ada ruang penyimpanan tertutup.

Di sisi tengah dashboard dibuat menonjol dan menjadi tempat head unit  2 DIN yang dapat dikoneksikan melalui AUX. Terdapat pula jam digital yang posisinya di bawah layar dan sobat juga bisa mendengarkan radio selama perjalanan. Di bagian dashboardnya ini terdapat beberapa aksen kayu yang memancarkan aura kemewahannya. Kemudian untuk bagian kemudi mengandalkan 3 palang yang dilapisi dengan kulit. Saat digenggam terasa nyaman dan pengaturan yang diberikan hanya Tilt saja.

Spesifikasi Mobil Grand Escudo XL-7 2003 : Bagian Jok & Bagasi Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Jok lapang buat penumpang belakang tetap nyaman

Di bagian jok mobil dapat diduduki dengan nyaman karena busa yang dimiliki cukup tebal dan juga empuk. Untuk pelapis jok menggunakan kulit yang diberi warna senada dengan bagian interiornya. Posisi duduknya juga sangat ergonomis karena tidak terlalu tinggi dan memiliki pengaturan manual 6 arah yang diberikan kepada pengemudinya.

Untuk sisi bagasi memang terbilang cukup dan tidak bisa dibilang lapang. Namun untuk kompartemen mobilnya disebar ke seluruh kabinnya. Untuk mendapatkan kapasitas bagasi yang lebih luas, sobat bisa melakukan pelipatan pada jok mobil baris ketiga.

>>> Baca Juga:

4. FITUR SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Di bagian fiturnya ini tergolong sudah cukup mumpuni. Di bagian depan ada head unit aftermarket double DIN yang terdapat USB dan Aux. Sedangkan di bawah layar head unit terdapat jam digital, tombol hazard dan tulisan Grand Escudo warna krom. Pada sisi kanan dan kirinya terdapat kisi-kisi AC mobil yang menurut kami desainnya sangat apik senada dengan tampilan aksen kayu yang diberikan.'

Di bawahnya lagi terdapat 3 knob putar yang dapat digunakan untuk mengatur AC model Climate Control. Tombol paling kiri untuk mengatur suhu dan mode AC, kemudian knob bagian tengah untuk mengatur kecepatan dan sirkulasi udara. Sementara knob sisi kanan dipakai untuk pengaturan arah semburan dengan 5 mode dan juga pengaturan defogger depan dan belakang. Ada satu tombol lagi yang ukurannya lebih kecil yang bisa digunakan untuk mengatur AC belakang.

Gambar ini menunjukkan head unit Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Fitur mumpuni untuk mendukung kenyamanan berkendara

Untuk memberikan keselamatan, Suzuki Grand Escudo XL-7 telah dibekali dengan dual airbags untuk bagian depan. Kemudian sistem pengereman mengandalkan ABS sehingga keselamatan jadi lebih meningkat. Sedangkan pada bagian keamanan diberikan alarm. Pada door panel pengemudi terdapat pengunci jendela, pengunci pintu, power window dan tombol untuk melipat spion. Dengan adanya aksen kayu dan krom yang diberikan membuat tampilan interiornya terlihat mewah.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Suzuki Grand Escudo XL-7

5. OPERASI SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Menuju ke sektor performa, mesin yang diberikan pada Suzuki Grand Escudo XL-7 adalah V6 H25A dengan kapasitas 2.5L. Mengandalkan mesin tersebut tenaga yang dapat dihasilkan mesin adalah 160 Ps/6.500 Rpm dan torsi puncak yang bisa dihasilkan adalah 213 Nm/3.500 Rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan dihubungkan ke bagian roda belakang dengan mengandalkan sistem transmisi manual 5 speed dan 4 speed otomatis.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Mesin bertenaga tapi boros bahan bakar

Mesin yang diberikan memiliki tenaga yang mumpuni dan jadi yang terdepan. Meskipun begitu mobil ini bisa dibilang boros akan penggunaan bahan bakar. Dalam perjalanan luar kota, dengan bahan bakar 1 liter dapat mencapai 7 sampai 10 km. Sedangkan untuk perjalanan dalam kota mencapai 5 sampai 8 kilometer per liternya. Suspensi yang diberikan memiliki bantinyan yang nyaman dan mesin yang diberikan juga halus sehingga akan membuat pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020: Kabin Lega Body Mobil Dirakit Oleh Karoseri

6. SPESIFIKASI SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003:

DIMENSI

Panjang

4.760 mm

Lebar

1.781 mm

Tinggi

1.727 mm

Ground Clearance

185 mm

Jarak Poros Roda

2.799 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Tipe Ban

235/60 R16

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-link

MESIN

Tipe Mesin

2.5L H25A DOHC V6

Konsumsi Bahan Bakar

5-8 km/l (dalam kota) dan 7-10 km/l (luar kota)

Transmisi

Manual 5-speed atau Otomatis 4-speed

Kapasitas Silinder

2.493 cc

Tenaga Maksimal

160 PS @ 6.500 rpm

Torsi Maksimal

213 Nm @ 3.500 rpm

Sistem Penggerak

Rear-wheel drive

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan sporty dan sampai saat ini masih menarik untuk digunakan

Saat kecepatan tinggi mempunyai gejala limbung jadi harap berhati-hati

Ground clearance tinggi dan mempunyai bantingan suspensi yang empuk

Ruang kabin sempit namun kapasitas penumpangnya mencapai 7 penumpang

Mesin halus dan mempunyai tenaga yang unggul

Boros BBM

8. DAFTAR HARGA SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Dengan dimensi besar dan mesin yang bandel menjadikan mobil besutan Suzuki ini banyak diminati dan banyak yang mencarinya. Untuk harga yang ditawarkan juga beragam, di situs jual beli online Cintamobil harga Suzuki Grand Escudo XL-2003 antara Rp. 65 juta sampai Rp. 80 jutaan. Namun di situs jual beli lain harga yang ditawarkan dalam kondisi bekas berada di atas Rp. 100 jutaan.

9. VIDEO SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

10. KESIMPULAN SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Bagi Sobat yang mencari mobil bekas SUV dengan harga terjangkau dan tangguh bisa memilih mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003. Mesinnya bandel dan nyaman saat dikendarai karena mesin V terkenal akan kehalusannya. Sebagai mobil SUV tentunya dapat digunakan untuk melintasi segala medan. Tampilannya juga tetap gagah dan tangguh bahkan seakan tidak bisa dianggap sebagai kendaraan jadul. Dengan harga yang terjangkau Sobat bisa berkendara dengan mobil SUV satu ini bersama keluarga ke tempat yang diinginkan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International