Spesifikasi Mobil Suzuki APV Arena 2018: Sebuah Minivan Nyaman Untuk Keluarga

10/11/2020 Abdul Review Suzuki

Mobil MPV menjadi kendaraan keluarga yang paling banyak diminati hingga saat ini. Untuk kali ini kami akan membahas mengenai mobil Suzuki APV Arena 2018. Seperti apakah tampilan dan spesifikasinya? Mari kita simak ulasannya.

1. PENGANTAR SUZUKI APV ARENA 2018

Mobil ini merupakan kendaraan MPV yang rancangannya dilakukan di negara Jepang oleh pihak Suzuki. Kemudian untuk perakitannya dilakukan oleh PT Indomobil Suzuki International di negara Indonesia. APV pertama kali dihadirkan di tahun 2004 dan berubah nama jadi APV Arena setelah dilakukan facelift di tahun 2007.

Dengan merakitnya di pabrik Suzuki yang berada di Bekasi. Mobil APV juga dilakukan penjualan ke berbagai negara sekitar Indonesia seperti Filipina, Thailand, Brunei, Australia, Malaysia dan Singapura. Ekspornya dilakukan pertama kali oleh pihak Suzuki Indomobil Motor pada tahun 2005.

Untuk mobil APV Arena 2018 dibandingkan dengan faceliftnya yang dilakukan tahun 2007 tidak ada pembaruan. Untuk perubahan yang dilakukan hanya dari segi desainnya. Komponen keselamatan juga telah diberikan pada mobil ini, hanya saja untuk eksterior dan interior tidak ada pembaruan.

2. EKSTERIOR SUZUKI APV ARENA 2018

Spesifikasi Mobil Suzuki APV Arena 2018 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Suzuki APV Arena 2018

Desain depan tampak mewah dengan aksen krom dan lampu seakan menyambung dengan grille

Saat melihat bagian depan akan dihadapkan dengan grille yang diapit dengan aksen krom di bagian atas dan bawahnya. Kemudian di sampingnya ada lampu yang dibuat menyatu sehingga tampilannya jadi lebih bergaya. Untuk sisi front end nya terdapat grill radiator yang mendominasi dengan ukurannya yang terbilang besar. Hal tersebut dipadukan dengan penggunaan bumper yang terdapat fog lamp.

Spesifikasi Mobil Suzuki APV Arena 2018: Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Suzuki APV Arena 2018

Dimensinya tampak besar dan kabinnya juga lega

Untuk bagian sampingnya mempunyai spion yang didesain modern dan sudah terdapat lampu sein. Bahkan sisi sampingnya ini juga terlihat praktis karena minim lekukan dan juga garis sehingga tampilannya terlihat elegan dan juga begitu minimalis. Untuk garis lekukannya untuk menambah gayanya yakni berada di bagian atas fender dan juga side skirt.

Spesifikasi Mobil Suzuki APV Arena 2018 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Suzuki APV Arena 2018

Tampilannya terlihat mengkotak

Ketika melihat bagian belakangnya tampak sporty dengan pemberian spoiler belakang yang mempunyai ukuran sedang. Selain itu, di sisi lampu belakang didesain melebar ke arah samping. Memang ketika melihat belakangnya ini akan dihadapkan dengan tampilan mengkotak. Ada juga wiper belakang yang dapat memberikan stabilitas yang lebih baik ke belakang.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR SUZUKI APV ARENA 2018

Spesifikasi Mobil Suzuki APV Arena 2018 : Sisi Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Suzuki APV Arena 2018

Dashboard mobil memiliki tampilan yang bergaya dan menarik

Ketika melihat bagian dashboard akan dihadapkan dengan aksen kayu. Selain itu untuk ruang penyimpanan terdapat beberapa dan juga akan menemukan gaya lama pada beberapa tombolnya. Hanya saja pada bagian ini belum diberikan layar infotainment sehingga hiburan yang diberikan hanya berupa radio dan pemutar CD/DVD.

Untuk bagian kemudi mobil telah diberikan fitur Rack & Pinion sehingga dapat memberikan kenyamanan pada pengemudinya. Modelnya menggunakan 3 palang dan sudah bisa dioperasikan dengan  mudah karena telah dibekali dengan power steering. Hanya saja bagian ini terlihat polos dan tidak ada tombol-tombol.

Review Suzuki APV Arena 2018: Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki APV Arena 2018

Jok dibalut dengan bahan material yang berkualitas cukup baik

Pada bagian jok mobil bisa memberikan kenyamanan karena bahan yang digunakan mempunyai kualitas yang baik. Desainnya menggunakan captain seat sehingga memberikan keleluasannya, apalagi saat menempuh perjalanan yang jauh. Kabinnya juga terasa lega karena mobil ini mempunyai dimensi panjang sehingga akan didapatkan kelegaan pada ruang kakinya.

>>> Baca Juga:

4. FITUR SUZUKI APV ARENA 2018

Jika membahas tentang fitur yang diberikan hanya audio untuk hiburan dan AC double blower yang memberikan kenyamanan di dalam mobil. meskipun begitu, fitur lainnya yang menambah kenyamanan selama perjalanan adalah Power Steering dan sistem stop and go dan juga power window.

Gambar ini menunjukkan fitur Suzuki APV Arena 2018

Fitur sudah bisa memberikan hiburan selama perjalanan

Fitur lainnya yang diberikan adalah pemberian fitur keselamatan aktif yang berupa side impact beam untuk memberikan perlindungan dari sisi samping bagi penumpang dan Tect Body yang bisa membuat energi benturan bisa diredam yang membuat keamanan mengalami peningkatan. Untuk facelift yang diberikan tahun 2017 membuat mobil ini mendapatkan dual airbag. Dengan begitu keselamatan bisa ditingkatkan.

>>> Baca Juga, Review Suzuki New Carry Luxury 2020: Mobil Pick Up Tampilan Mewah Bantu Kembagkan Usaha

5. OPERASI SUZUKI APV ARENA 2018

Gambar ini menunjukkan mesin Suzuki APV Arena 2018

Suplai bahan bakar telah dibekali dengan Multipoint Injection

Mobil Suzuki APV Arena 2018 dibekali dengan mesin berkode G15A 4 silinder 1.5 liter yang mempunyai 16 katup. Tenaga mesin yang didapatkan adalah 103 daya kudan dan torsinya 126 Nm. Salah satu keunggulan yang dimiliki mobil ini adalah rasio kompresi pembakaran yang mencapai 9:5:1 dan telah dibekali dengan sistem suplai BBM berupa Multipoint Injection. Tenaga dan torsinya ditujukan ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi otomatis 4 speed dan manual 5 speed.

>>> Untuk mengetahui harga mobil lainnya, silahkan klik disini

6. SPESIFIKASI SUZUKI APV ARENA 2018

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Suzuki APV Arena 2018 :

DIMENSI

Jarak Poros Depan

2.625 mm

Panjang

4.225 mm

Lebar

1.655 mm

 Tinggi

1.855 mm

Radius Putar Minimum

4.9 m

Ground Clearance

175 mm

MESIN

Tipe Mesin

G15A 4 Silinder 16 Katup

Tenaga Maksimal

103 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

126 Nm @ 3.000 rpm

Isi Silinder

1.493 cc

Sistem Bahan Bakar

Multipoint Injection

Transmisi

5 Kecepatan atau Otomatis 4 Kecepatan

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Leading & Trailing Drums

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

3-Link Rigid Axle with Coil Springs

Tipe Ban

185/80 R14 dengan pilihan 15 dan 17 inci untuk SGX Lux

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI APV ARENA 2018

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki APV Arena 2018 menurut pendapat kami:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Konsumsi bahan bakar terbilang cukup hemat sehingga lebih hemat di kantong

Berkaitan dengan akselerasi yang dimiliki masih belum dapat untuk diandalkan

Kabin yang dimiliki cukup lega sehingga dapat menghasilkan legroom nyaman untuk menemani perjalanan

Ketika melaju di kecepatan menengah mobil terasa limbung

Spare part yang dimiliki mempunyai harga yang murah dan juga terjangkau

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI APV ARENA 2018

Mobil ini menjadi salah satu MPV yang banyak dicari oleh masyarakat. Dalam website resminya sudah tidak ada mobil ini dalam daftarnya karena sudah digantikan dengan Suzuki APV Luxury. Di pasaran mobil bekas, harga Suzuki APV Arena 2018 berada di kisaran Rp. 85 juta sampai Rp. 160 jutaan tergantung kondisi dan juga wilayah melakukan pembelian. Umurnya memang baru 2 tahun, namun saat ingin membelinya sebaiknya melihat catatan servisnya.

9. VIDEO SUZUKI APV ARENA 2018

10. KESIMPULAN SUZUKI APV ARENA 2018

Mobil Suzuki APV Arena 2018 menjadi sebuah MPV kompak yang dapat dijadikan sebagai kendaraan keluarga. Memang jika perbandingan dilakukan dengan para pesaingnya teknologi yang dimiliki masih tertinggal. Akan tetapi soal kenyamanan dalam berkendara cukup mumpuni karena mempunyai kenyamanan berkat kabinnya yang lapang. Begitupun soal harganya yang terbilang cukup terjangkau. Berhubungan dengan sistem keselamatan bisa dijadikan pertimbangan, karena pihak Suzuki telah memberikan Tect Body dan juga Side Impact Beam. Tidak hanya itu saja, mobil ini juga diberikan bodi yang kuat, aman dan kokoh.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International