Spesifikasi Mobil Nissan Serena X 2013 : MPV Nyaman Interior Menyenangkan

01/06/2021 Abdul Review Nissan

Mobil MPV menjadi salah satu kendaraan yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Jadi segmen MPV erat hubungannya dengan kendaraan keluarga yang siap menemani perjalanan ke tempat wisata atau saudara. Nah kali ini kami akan membahas sebuah MPV dengan dimensi cukup besar dan mempunyai harga terjangkau yakni Nissan Serena X 2013.

1. PENGANTAR NISSAN SERENA X 2013

Pada tahun 1996 Nissan Serena pertama kali dihadirkan pada segmen kendaraan MPV medium. Untuk Indonesia mobil ini terbilang sukses dan fungsional, dimana dipakai untuk sendiri oke dan untuk keluarga atau jasa pengemudi juga oke. Dari segi tampilan mobil ini terbilang cukup mewah, hadir di Indonesia pihak Nissan mengenalkannya dalam 3 kode bodi yaitu C26, C25 dan C23.

Bagi Sobat yang menginginkan sebuah kendaraan keluarga dalam kondisi bekas dengan tampilan mumpuni dan fungsional maka mobil ini pilihannya. Pada segmen kali ini kami membahas tipe X keluaran tahun 2013. Seperti apakan spesifikasi dan fitur di dalamnya? mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR NISSAN SERENA X 2013

Sisi Depan Nissan Serena X 2013

Gambar ini menunjukkan bagian depan Nissan Serena X 2013

Tampilan depan tajam tanpa ada lekukan yang berarti

Pembahasan dimulai dari bagian depan, dimana desain lampunya tampak besar dipadukan dengan penggunaan grill silver dengan logo Nissan di bagian tengah. Dibandingkan dengan 2 tipe di atasnya tampilannya terlihat sederhana. Pada bagian headlamp menggunakan bohlam halogen biasa. Di bagian bumper terdapat beberapa komponen seperti fog lamp yang dapat membantu pencahayaan saat hujan lebat atau jalan berkabut dan terdapat lubang udara cukup lebar dan panjang sehingga membuatnya tidak tampak polos. Ornamen krom hanya diberikan pada bagian bawah headlamp saja memanjang menuju ke sisi bawah grill yang sedikit memancarkan aura kemewahan pada mobil ini.

Sisi Samping Nissan Serena X 2013

Gambar ini menunjukkan bagian samping Nissan Serena X 2013

Body tampak bongsor drngan pintu geser

Menuju ke sektor samping, salah satu hal yang menarik pada mobil ini adalah penggunaan pintu geser. Berkat adanya pintu model tersebut, aksen masuk kabin dan keluar jadi lebih mudah meskipun sedang parkir di tempat yang sempit. Desainnya tampak besar dengan menggunakan handle pintu aksen warna krom. Sementara di bagian peleknya mengandalkan bahan alloy dengan ukuran 16 inci. Memang jika melihatnya dari samping sangat cocok untuk kendaraan keluarga dan mempunyai kapasitas kabin yang cukup besar.

Sisi Belakang Nissan Serena X 2013

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Nissan Serena X 2013

Desain mengkotak menunjukkan kelegaan di dalam mobilnya

 

Di bagian belakang terlihat bodinya yang cukup besar. Dimana untuk stop lamp ditempatkan pada bagian pilar D. Hal tersebut dilakukan sejak kehadiran Nissan Serena yang menggunakan kode bodi C25. Tujuan melakukan hal tersebut adalah supaya mudah dilihat oleh pengendara di belakangnya. Bahkan dengan hal tersebut tampilannya juga lebih menarik. Pada tipe X ini, di sisi belakang terdapat kamera satu buah sebagai alat bantu saat melakukan parkir mundur dan 2 sensor parkir.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR NISSAN SERENA X 2013

Dashboard Dan Kemudi Mobil Nissan Serena X 2013

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Nissan Serena X 2013

Dashboard tampak rapi dengan banyak laci penyimpanan

Pada saat pemilik masuk ke dalam kabin mobil akan dihadapkan dengan kondisinya yang cukup lega. Visibilitas pengemudi juga terlihat luas seakan bisa melihat bagian depan, atas dan juga samping dengan bebas. Dashboardnya tampak rapi dengan tampilan yang cukup menarik. Salah satu hal yang menjadi keunggulan yakni adanya ruang penyimpanan yang banyak, hal tersebut juga sama dengan 2 tipe di atasnya. Pada saat melakukan manuver akan dipermudah bahkan di jalan sempit sekalipun, hal tersebut berkat pemberian kaca tambahan yang posisinya berada pada pilar A.

Pada sisi kemudi mobil memiliki diameter yang tergolong standar karena ukurannya tidak begitu besar. Ketika digenggam terasa nyaman dan sudah mendapatkan pengaturan Tilt serta Telescopic sehingga pengemudi bebas mengatur sesuai kenyamanan masing-masing. Hanya saja posisinya berada di trim terendah sehingga pihak pabrikan tidak memberikan Cruise Control pada bagian kemudinya tersebut. Jika menginginkan fitur tersebut maka SObat perlu membeli 2 trim di atasnya, tentunya harganya akan berbeda.

Jok Mobil Nissan Serena X 2013

Gambar ini menunjukkan jok depan Nissan Serena X 2013

Jok nyaman untuk pengemudi dan penumpang

Mobil besutan Nissan ini bisa menjadi salah satu tunggangan yang nyaman. Jok ketika diduduki terasa nyaman dan empuk meskipun bahan material yang digunakan adalah fabric. Ditambah lagi kenyamanan bisa lebih dirasakan dengan adanya captain seat yang diberikan pada jok penumpang untuk baris kedua dan juga ketiga. Sebagai kendaraan keluarga, mobil ini  bisa dijadikan salah satu pilihan buat Sobat. Mengandalkan mobil ini perjalanan bersama keluarga jadi terasa nyaman.

>>> Baca Juga:

4. FITUR NISSAN SERENA X 2013

Salah satu keunggulan yang dimiliki mobil besutan Nissan ini adalah penyimpanan kabin yang cukup banyak. Hal tersebut ditunjukkan pada bagian dashboard yang dibekali dengan penggunaan laci terbuka dan juga tertutup. Bahkan pada posisi balik kemudi mobil juga dibekali tempat penyimpanan yang dapat dibuka dan ditutup. Penyimpanan lainnya ada tempat uang koin dan juga laci kecil yang ditempatkan di dekat tombol pengatur fitur tepatnya di bawahnya. Ditambah lagi pada masing-masing pintu terdapat cup holder, beberapa spot lainnya juga mendapatkannya sehingga pengemudi dan penumpang bisa meletakkan minuman dengan aman.

Gambar ini menunjukkan laci penyimpanan Nissan Serena X 2013

Laci penyimpanan banyak maka untuk menempatkan barang ukuran sedang dan kecil tidak terlalu re[ot

Menuju ke bagian keamanan, dimana salah satu fitur Nissan Serena X 2013 untuk mendukung keamanan adalah penggunaan intelligent key sehingga lebih mudah saat ingin masuk ke dalam kendaraan. Pemilik hanya perlu meletakkan kunci di saku sudah bisa masuk tanpa perlu repot untuk menekan tombol. Pada saat ingin menghidupkan mesin mobil dengan memutar knop yang posisinya di sebelah kanan kemudi dibarengi dengan menginjak pedal rem saja.

Sementara itu, fitur keselamatan pasif yang diberikan didalamnya adalah dual SRS Airbag yang dapat memberikan perlindungan kepada pengemudi dan penumpang depan serta mengurangi cedera parah saat terjadi kecelakaan. Tidak hanya itu saja, beberapa fitur lain yang diberikan berupa sensor parkir, kamera parkir dan juga seat belt ELR plus pretensioner dan load limiter. Kemudian pada keselamatan aktif mobil ini telah diberikan sistem pengereman ABS, EBD dan juga BA yang membuat pengendalian mobil bisa lebih baik dan juga aman.

>>> Klik sini untuk simak informasi lebih lengkap tentang mobil Nissan di pasar Indonesia

5. OPERASI NISSAN SERENA X 2013

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Serena X 2013

Performa mumpuni tapi konsumsi BBM tidak terbilang irit

Berhubungan dengan performa Nissan Serena X 2013, pihak Nissan memberikan mesin yang mempunyai kode MR20DD dengan 4 silinder. Kapasitas silindernya adalah 1.997 cc, tenaga maksimal mesin yang dapat dihasilkan mencapai 145 Hp dengan torsi puncaknya adalah 260 Nm. Torsi serta tenaga mesinnya tersebut diteruskan ke bagian roda yang menggunakan sistem penggerak roda depan mengandalkan sistem transmisi otomatis CVT. Dengan perpaduan sisi performa di atas, mobil dapat dikendalikan dengan nyaman dalam menemani perjalanan bersama keluarga tercinta.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Mobil Nissan Grand Livina XV 2012: Temani Perjalanan Bersama Keluarga

6. SPESIFIKASI NISSAN SERENA X 2013

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Nissan Serena X 2013 :

DIMENSI

Panjang

4.685 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.865 mm

Ground Clearance

 160 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.860 mm

Kapasitas Tangki

 60 Liter

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut with Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion beam with stabilizer

Struktur Sasis

 Monokok, MPV C-Segment

Pelek

 Alloy, 16 Inch

Jenis Ban

 Radial, 195/60R16

MESIN

Tipe

MR20DD 2.0 Litre DOHC 16 Valve, Dual Continous Valve Timing Control System (Dual CVTCS)

Kapasitas Silinder

 1.997 cc

Tenaga Maksimum

 145,5 HP (147 PS) @ 5.600 rpm

Torsi Maksimum

 206 NM @ 4.400 rpm

Tipe Transmisi

 XTRONIC CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

Jumlah Katup

 12 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN SERENA X 2013

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Serena X 2013:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tenaga mesin mumpuni siap dukung berkendara ke tempat yang diinginkan

Mempunyai ground clearance cukup rendah membuat perjalanan kurang begitu baik saat melintasi pedesaan dengan polisi todur cukup tinggi

Mobil nyaman kabin lega dan dapat memberikan kesan menyenangkan selama berkendara

Berhubungan dengan bahan bakar masih terbilang tidak terlalu hemat dan untuk tipe X ini tergolong jarang untuk pasaran mobil bekas di Indonesia

Dengan kaca depan yang besar dan tambahan di pilar A membuat visibilitas pengemudi sangat mumpuni

 

8. DAFTAR HARGA NISSAN SERENA X 2013

Setelah membahas kesana dan kemari tentunya akan timbul rasa penasaran soal harga yang ditawarkan. Apalagi mobil ini masuk dalam segmen MPV yang bisa dijadikan sebagai kendaraan keluarga. Untuk harga bekas Nissan Serena X 2013 berada pada kisaran Rp. 140 juta sampai Rp. 160 jutaan tergantung kondisi dan wilayah pembelian. Mengingat kondisinya bekas, sebaiknya saat membeli melakukan pengecekan dengan teliti kondisi mobil dan kelengkapannya. Jika tidak tahu menahu bisa mengajak teman atau saudara yang paham untuk melakukan pengecekan. Bahkan saat ini ada jasa inspeksi kendaraan sehingga Sobat bisa mendapatkan mobil dengan kondisi yang terbaik.

9. VIDEO NISSAN SERENA X 2013

10. KESIMPULAN NISSAN SERENA X 2013

Mobil MPV merupakan salah satu segmen kendaraan yang banyak diminati. Selain kenyamanan yang ditawarkan, kapasitas penumpangnya terbilang cukup banyak. Mobil bekas Nissan ini mempunyai harga yang terjangkau, meskipun umurnya sudah 8 tahunan tapi jika perawatan dilakukan dengan baik maka kondisinya akan tetap terjaga. Dalam melakukan pembelian mobil terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti budget dan kebutuhan. Meskipun begitu, saat ini sudah ada sistem kredit dalam melakukan pembelian mobil baik itu mobil baru atau bekas. Nah saat ingin membeli Nissan Serena X 2013 sebaiknya mempertimbangkannya terlebih dahulu dengan matang, karena harganya setara dengan kendaraan segmen LCGC.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International