Spesifikasi Mobil Nissan Magnite Premium CVT 2020: Pertama Di Kelasnya Pakai Mesin Turbo

21/01/2021 Abdul Review Nissan

Ketika melihat mobil Nissan Magnite Premium CVT 2020 maka akan tampak sebuah SUV tangguh yang menarik. Beragam fitur diberikan membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan. Bagi Sobat yang suka akan kendaraan segmen SUV bisa menjadikan mobil ini salah satu pilihan. Untuk banderol harganya juga terbilang terjangkau untuk sebuah mobil SUV yaitu Rp. 240 jutaan. Bagaimana, apakah Sobat tertarik dengan mobil ini?

1. PENGANTAR NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

Sebelum diperkenalkan di Indonesia, Nissan Magnite sudah terlebih dahulu diperkenalkan di India pada 21 Oktober 2020. Setelah berselang beberapa hari akhirnya dihadirkan juga di Indonesia pada 3 November 2020. Mobil ini dihadirkan dengan beragam fitur baru dan menarik di dalamnya.

Fitur eksterior dan interior yang diberikan terbilang lengkap dan mesin yang diberikan juga mumpuni karena sudah dibekali dengan mesin turbo yang menjadi pertama di kelasnya. Hanya saja ada yang beranggapan bahwa tampilan mobil ini tidak seperti kendaraan Nissan namun malah lebih banyak aura Datsun yang diberikan. Daripada penasaran, berikut informasinya.

2. EKSTERIOR NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

Sisi Depan Nissan Magnite Premium CVT 2020

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan Magnite Premium CVT 2020

Tampilan depan mirip dengan desain mobil Datsun

Seperti yang telah disebutkan di atas, tampilan depannya disebut-sebut lebih mirip Datsun dari segi desain yang diberikan. Hal tersebut tampak dari bentuk grill nya yang memiliki ukuran cukup besar. Pada sisi kanan dan kiri terdapat aksen krom dan bagian tengah ada logo Nissan. Untuk yang kita bahas kali ini adalah varian tertinggi dari Magnite.

Untuk bagian kap mesin ada desain yang menarik yakni bagian kanan dan kiri dibuat agak menggelembung yang mengisyaratkan akan kegagahan yang dimiliki. Sedangkan untuk headlamp didesain dengan ukuran yang sipit menurut kami dengan mengandalkan bohlam LED. Pemberian LED juga pada bagian lampu DRL serta fog lamp yang tentunya dapat mendukung pencahayaan di segala kondisi baik siang, malam maupun saat hujan dan berkabut.

Sisi Samping Nissan Magnite Premium CVT 2020

Gambar ini menunjukkan bagian samping Nissan Magnite Premium CVT 2020

Tampilan samping terlihat gagah dengan aksen krom yang menawan

Menuju ke sisi samping, kesan tangguh dan gagah akan terasa pada bagian ini. Perpaduan warnanya cukup beragam dari mulai warna merah, krom, silver dan hitam glossy. Pada pembahasan kali ini merupakan review Nissan Magnite dengan warna merah yang berpadu aksen krom pada bagian handle pintu dan window line. Sementara itu di bagian bawah terdapat pelek dengan desain two tone 16 inchi. Di atas pelek ada over fender yang di bagian atasnya terdapat cekungan.

Pada bagian atas fender depan ada ornamen warna hitam doff dengan tulisan Nissan Magnite. Kemudian pada bagian cover spion mengandalkan warna hitam glossy dipadukan dengan pemberian lampu sein. Sementara itu, pada bagian samping bawah diberikan add on dengan warna hitam doff dengan lis silver. Sementara di bagian atas terdapat roof rail sehingga memudahkan pemilik saat ingin memasang roof rack atau roof box sebagai tambahan ruang penyimpanan.

Belakang Nissan Magnite Premium CVT 2020

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Nissan Magnite Premium CVT 2020

Desain lampu belakang sangat menarik

Menuju sektor belakang dari Nissan Magnite Premium CVT. Dari bagian atas akan nampak antena dan spoiler yang ditengahnya ada high stoplamp. Sementara di bagian kaca belakang memiliki ukuran biasa dengan diberikan rear defogger dan wiper. Sementara di bagian bawahnya ada logo Nissan di sisi tengah dan emblem Magnite warna krom.

Pada sisi kanan dan kirinya terdapat stop lamp masih bohlam halogen termasuk lampu sein yang dimiliki, sangat berbeda dengan bagian depan yang sudah menggunakan full LED. Sementara di sisi kiri bawah terdapat emblem tulisan Turbo dan kanan CVT dengan aksen warna krom. Bagian bumper bawah juga terdapat aksen warna hitam doff dan silver yang terhubung dengan over fender belakang. Terdapat pula sensor parkir di bagian ini dengan model rata body.

>>> Baca Juga Artikel Lainnya :

 

3. INTERIOR NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

Dashboard Nissan Magnite Premium CVT 2020

Gambar ini menunjukkan Dashboard dan kemudi mobil Nissan Magnite Premium CVT 2020

Fitur yang diberikan cukup mumpuni

Masuk ke kabin depan akan dihadapkan dengan dashboard yang mendapat desain kisi-kisi AC segi 6. Ada 4 buah dengan 2 di tengah dan 1 kanan serta 1 kiri. Dari segi desain memang tampak modern, hanya saja untuk bahan material hard plastik.

Adapun yang cukup menarik adalah pada bagian speedometer yang sudah full TFT. Di sisi kanan terdapat indikator bahan bakar dan sisi kiri indikator suhu mesin. Di bagian ini juga memiliki banyak menu di dalamnya yang dapat diubah dengan banyak pilihan. Di bagian head unit sudah mendapat monitor All Tab. Dibawahnya terdapat tombol rear defogger, lampu hazard dan power door lock. Untuk pengaturan AC cukup menarik karena seperti knop putar namun terdapat layar model digital pada knop putarnya.

Sementara di bagian kemudi nyaman saat digenggam. Desainnya mengandalkan 3 palang dengan tombol di kemudi pada kanan dan kirinya. Di sisi kiri merupakan pengaturan audio steering switch dan sisi kanan adalah tombol cruise control dan untuk pengatur layar speedometer. Kemudi mobil telah dilapisi dengan kulit dan pengaturannya hanya tilt saja serta di tengahnya ada emblem baru dari Nissan.

Jok Nissan Magnite Premium CVT 2020

Gambar ini menunjukkan bagian jok depan Nissan Magnite Premium CVT 2020

Jok nyaman baik untuk pengemudi atau penumpang

Pada bagian jok mobil kursinya terbilang nyaman saat diduduki . Untuk pengaturan pada jok pengemudi ada sliding, reclining dan height adjuster sehingga posisi nyaman bisa didapatkan oleh pengemudi. Sedangkan pada jok belakang juga empuk ketika diduduki. Ketika mobil digunakan untuk perjalanan jauh juga nyaman karena kerebahan sandarannya terbilang cukup. Nah untuk seseorang yang duduk di tengah akan mendapatkan seatbelt 3 titik, hanya saja belum dibekali dengan headrest.  Sementara headrest adjustable yang diberikan ada 2. Bila sedang tidak ada yang menduduki, bagian tengah bisa  menjadi akomodasi armrest.

>>> Baca Juga:

4. FITUR NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

Gambar ini menunjukkan speedometer mobil Nissan Magnite Premium CVT 2020

Panel instrumen didesain sangat menarik dengan menggunakan layar

Pada bagian fitur Nissan Magnite Premium CVT 2020 memiliki sistem audio yang memiliki tampilan modern dengan mengandalkan layar sentuh 8 inci. Yang mana untuk formatnya bisa mengoperasikan radio, media, phone, driving eco, terhubung dengan ponsel melalui bluetooth dan android/Apple carplay. Head unit ini dihubungkan dengan 4 speaker tanpa menggunakan tweeter.

Untuk panel instrumen mengandalkan layar 7 inci TFT yang sudah dibekali dengan Drive Assist Display. Tampilannya terkesan unik dan memiliki kesan modern. Menariknya lagi adalah untuk menu perpindahan tergolong smooth sehingga terasa menyenangkan saat memindahnya. Untuk bagian ini dapat menunjukkan indikator suhu, indikator BBM, tripmeter A dan B, odometer, konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, speedometer dan tachometer.

Sementara berhubungan dengan fitur keselamatan juga sangat lengkap. Beberapa fitur diantaranya adalah sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), HSA (Hill Start Assist), TCS (Traction Control System), VDC (Vehicle Dynamic Control) dan HBA (Hydraulic Brake Assist). Selain itu, diberikan juga fitur SRS airbag dan juga sabuk pengaman yang sudah petension dan load limiter.

>>> Baca Juga, Review Nissan March 1.2 AT 2017: Mobil Kompak Cocok Untuk Perkotaan

5. OPERASI NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

Gambar ini menunjukkan mesin Nissan Magnite Premium CVT 2020

Mesin memakai Turbocharger dengan teknologi mirror bore cylinder coating

Menuju ke sektor performa mesin yang diberikan pada Nissan Magnite Premium CVT 2020. Mesin yang diberikan menggunakan kode HRA0 3 silinder dengan kapasitas 1.000 cc dan berteknologi Turbocharger. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 100 Ps dan torsi puncaknya adalah 160 Nm. Sistem transmisi yang digunakan adalah X-Tronic CVT  dengan melalui roda depan.

Tidak hanya itu saja, pihak Nissan juga memberikan teknologi mirror bore cylinder coating. Dengan teknologi tersebut maka resistensi dalam mesin jadi dikurangi begitupun dengan bobotnya. Manajemen panas dan pembakaran juga dapat meningkat yang membuat konsumsi BBM lebih efisien dan akselerasi jadi lebih halus.

>>> Klik sini untuk simak informasi lebih lengkap tentang mobil Nissan di pasar Indonesia

6. SPESIFIKASI NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Nissan Magnite Premium CVT 2020:

DIMENSI

Panjang

3.994 mm

Lebar

1.798 mm

Tinggi

1.572 mm

Ground Clearance

205 mm

Radius Putar

5,0 m

Jarak Sumbu Roda

2.500 mm

Jumlah Tempat Duduk

5 Penumpang

Kapasitas Tangki

40 Liter

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Pelek

Alloy, 16 Inch

Jenis Ban

CEAT SecuraDrive, 195/60R16

Teknologi Safety Sasis

By Nissan-Renault, Side Impact Beam

Struktur Sasis

Monokok, SUV B-Segment

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, Hydraulic Brake Assist

Suspensi Depan & Belakang

Depan: Mac Pherson strut with Lower Transverse link

Belakang: Twin tube telescopic shock absorber

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

MESIN

Seri mesin

HRA0, 3-Silinder, Turbo

Tenaga Maksimum

98,5 HP (100 PS) @ 5.000 rpm

Torsi Maksimum

160 NM @ 2.200 - 4.400 rpm

Kapasitas Silinder

999 cc

Bore X Stroke

72,2 mm X 81,3 mm

Pasokan Bahan Bakar

12 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Jumlah Katup

Multi Point Injection

Tipe Transmisi

CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Nissan Magnite Premium CVT 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Kabin mobil mempunyai kekedapan yang sangat baik sehingga kenyamanan bisa lebih didapatkan

Desain yang diberikan masih sangat terasa seperti sebuah kendaraan besutan Datsun

Harga begitu bersaing dengan para  rivalnya

Belum diberikan sunroof sehingga masih kalah dalam rivalnya dalam hal ini

Penggunaan mesin turbo jadi yang pertama di kelasnya sehingga jadi nilai plus tersendiri

Jok yang diberikan masih menggunakan fabric untuk bahan material yang digunakan

8. DAFTAR HARGA NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

Berikut daftar harga Nissan Magnite 2020:

TIPE

HARGA OTR JAKARTA

(One Touch Colour) 

All-new Nissan Magnite  Upper MT

Rp. 208.800.000

All-new Nissan Magnite Premium MT

Rp. 226.300.000

All-new Nissan Magnite Premium CVT

Rp. 238.800.000

9. VIDEO NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

10. KESIMPULAN NISSAN MAGNITE PREMIUM CVT 2020

Ketika melihat mobil Nissan Magnite Premium CVT 2020 maka akan tampak sebuah SUV tangguh yang menarik. Beragam fitur diberikan membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan. Bagi Sobat yang suka akan kendaraan segmen SUV bisa menjadikan mobil ini salah satu pilihan. Untuk banderol harganya juga terbilang terjangkau untuk sebuah mobil SUV yaitu Rp. 240 jutaan. Bagaimana, apakah Sobat tertarik dengan mobil ini?

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International