Spesifikasi Mobil Honda HR-V E CVT 2015 : Compact SUV Nyaman Dan Akomodasi Mumpuni

16/06/2021 Abdul Review Honda

Pasar mobil SUV mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat di Indonesia. Dimana mobil ini bisa dijadikan sebagai kendaraan keluarga yang tangguh dan dapat diandalkan dalam melintasi segala medan jalan. Disamping hal tersebut, mobil ini tertuju pada seseorang yang suka akan petualangan. Salah satu mobil tersebut adalah Honda HR-V E CVT 2015.

1. PENGANTAR HONDA HR-V E CVT 2015

Di tahun 2015 Indonesia kehadiran salah satu mobil produksi Honda yakni HR-V. Masuk dalam segmen SUV siap memuaskan para pecinta petualangan di Indonesia. Bahkan mobil ini juga dijadikan andalan untuk menjadi kendaraan keluarga yang bisa menemani sekeluarga ke tempat yang diinginkan. Kehadirannya membawa tampilan yang menawan sehingga banyak orang yang meliriknya.

Kehadiran mobil SUV satu ini membawa 2 varian mesin yang meliputi mesin 1.500 cc dan 1.800 cc yang bisa dijadikan pilihan, tinggal mau yang mana. Nah pada segmen kali ini kami membahas mengenai HR-V yang menggunakan transmisi CVT tipe E dengan mesin 1.500 cc 4 silinder. Daripada penasaran, berikut ulasannya.

2. EKSTERIOR HONDA HR-V E CVT 2015

Sisi Depan Honda HR-V E 2015

Gambar ini menunjukkan bagian depan Honda HR-V E 2015

Desain mnodern dengan desain solid wing face

Ketika melihat bagian depan tampak begitu menawan desain yang memperlihatkan ketangguhan dan kegagahan. Bahkan desain solid wing face begitu tampak jelas, mengingat desain ini merupakan khas dari mobil Honda yang modern. Kemudian pada bagian grille cukup besar dan didesain seakan bergabung dengan headlamp dan ditambahi aksen krom sehingga memancarkan aura kemewahan.

Headlamp mempunyai ukuran cukup besar dipadukan dengan lampu kabut pada bagian bumper model lonjong. Hanya saja untuk lampunya tersebut masih menggunakan halogen biasa. Meskipun begitu, di bumpernya ini diberikan cladding dibalut dengan warna hitam yang merupakan khas sebuah kendaraan crossover.

Sisi Samping Honda HR-V E 2015

Gambar ini menunjukkan sisi samping dan belakang Honda HR-V E 2015

Sebuah compact SUV tang tangguh dan tampilan keren

Pada saat melihat di bagian samping maka akan tampak sebuah mobil compact SUV yang tangguh. Dimana spion menggunakan warna senada dengan bodi tapi handle pintu diberikan warna krim. Tampilan sporty juga tampak berkat penggunaan desain atap yang sedikit turun pada bagian bodi belakang. Keunikan yang terdapat pada mobil ini adalah di bagian pintu belakang, dimana handle pintu posisinya di bagian pilar C. Dengan begitu akan tampak seakan bagian belakang tidak memiliki pintu layaknya mobil pada umumnya.

Sisi Belakang Honda HR-V E 2015

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda HR-V E 2015

Tampilan gagah dan sporty dengan lekukan yang diberikan

Di sisi belakangnya ini terdapat antena model shark fin di bagian atap dipadukan dengan spoiler yang terdapat high mount stop lamp. Kaca belakang sudah mendapatkan defogger dan juga rear wiper. Desainnya begitu unik dan menarik seperti pada bagian stop lamp multi reflektor yang menggunakan model cukup keren seakan menunjuk bagian tengah yang terdapat logo Honda.

Bagian bawah lampu belakang terdapat emblem logo Honda HR-V pada sisi kiri dan i-VTEC pada sisi kanan. Lekukan pada bagian belakangnya ini juga cukup menarik yang senada dengan lampu belakang. Bumper terdapat reflektor dan muffler posisinya di sebelah kanan.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR HONDA HR-V E CVT 2015

Kabin Depan Honda HR-V E 2015

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi  Honda HR-V E 2015

Kabin depan nyaman bikin pengemudian lebih menyenangkan

Menuju ke bagian interior, dimana akan dihadapkan dengan tampilan full black. Di sisi kanan kemudi terdapat tombol Vehicle Stability Control dan kisi-kisi AC mobil. Di bagian kemudi mobil menggunakan 3 palang yang tampil dengan bentuk yang keren. Selain itu, pada palang kemudi terdapat tombol pengaturan audio steering switch dan cruise control. Untuk pengendalian lebih menantang terdapat paddle shift yang posisinya berada di balik kemudi. Setir dapat diatur tilt dan telescopic sehingga bisa disesuaikan dengan postur pengendara.

Di bagian tengah terdapat head unit double DIN monitor dipadukan dengan penggunaan pengaturan AC touch panel. Di sampingnya ada tombol start stop button untuk menyalakan dan mematikan mesin mobil. Keunikan di bagian kiri dashboard adalah penggunaan kisi-kisi AC yang berjumlah 3 buah. Kemudian dibawahnya terdapat laci penyimpanan tertutup yang dapat digunakan untuk menyimpan barang dengan aman. Pada sun visor pengemudi dan penumpang depan telah diberikan vanity mirror.

Jok Mobil Honda HR-V E 2015

Gambar ini menunjukkan jok mobil Honda HR-V E 2015 direbahkan

Jok dapat direbahkan buat kenyamanan lebih mumpuni

Di bagian kursi menggunakan bahan material kulit dan fabrik yang nyaman dan empuk ketika mendudukinya. Jok pengemudi mobil mendapatkan pengaturan reclining dan lengkap diberikan height adjuster. Hanya saja untuk pengaturan masih mengandalkan manual belum elektrik. Kalau jok untuk penumpang depan pengaturan hanya reclining saja yaitu kerebahan sandaran, lumayan untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan.

Kapasitas penumpang adalah 5 penumpang yang bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman di dalam mobil. Setiap jok telah diberikan seat belt 3 titik dan headrest yang memberikan kenyamanan bagian kepala selama duduk di dalam Honda HR-V E 2015. Fitur Ultra Seat juga telah diberikan pada bagian belakang sehingga pengaturan dapat dilakukan dengan praktis.

>>> Baca Juga:

4. FITUR HONDA HR-V E CVT 2015

Menuju ke bagian fitur Honda HR-V E 2015. Pembahasan pertama adalah adanya fitur electronic parking brake & brake hold. Dimana dengan adanya fitur ini maka parkir dapat dilakukan dengan lebih mudah, jadi pada saat proses parkir selesai pengemudi tinggal menarik tuas electronic parking brake saja. Setelah itu ECU akan memberikan perintah untuk mengaktifkan rem cakram bagian belakang kendaraan melalui motor servo. Hal tersebut juga dapat berguna ketika sedang dalam kondisi macet, pengemudi tinggal menekan tombol brake hold saja, setelah itu injak pedal rem beberapa saat maka laju mobil akan tertahan dan sistem pengereman otomatis akan aktif.

Gambar ini menunjukkan fitur Honda HR-V E 2015

Paddle Shift bikin pengendaraan ala mobil sport

Pengemudian ala mobil sport juga didapatkan pada mobil ini dengan kehadiran Paddle Shift. Dimana fitur ini dapat bermanfaat saat berniat untuk menggunakan engine brake. Tuas transmisi tidak perlu dipindah pada posisi S, pengemudi bisa langsung memakai tuas Paddle Shift minus (-). Setelah itu akan terjadi kenaikan putaran mesin dan akan memberikan bantuan pada mobil dalan pengurangan laju kendaraan. Jika ingin menaikkan gigi bisa dengan mengandalkan tuas plus (+). Dengan begitu pengendalian ala mobil sport didapatkan karena tidak memakai tuas di samping pengemudi namun posisinya di balik kemudi mobil.

Terdapat juga fitur Eco Indicator yang bisa memberikan bantuan kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar. Pada saat menyala hijau di bagian ring cluster speedometer, maka hal tersebut menunjukkan bahwa pengemudian sedang mode hemat BBM dan keefisienan sedan terjadi pada kinerja mesin. Namun pada saat memudah secara perlahan warna hijau sampai putih menunjukkan bahwa pengemudian sedang dalam kondisi tidak begitu efisien. Fitur ini sangat bermanfaat tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

>>> Baca Juga, Daftar Harga New Honda City : Sedan Elegan Berkelas Dengan Harga Terjangkau

5. OPERASI HONDA HR-V E CVT 2015

Gambar ini menunjukkan mesin Honda HR-V E 2015

Konsumsi BBM direduksi dengan teknologi  i-VTEC

Berlanjut di bagian performa mobil Honda HR-V E 2015. Pihak Honda memberikan mesin yang mempunyai kode L15. Karakter yang dimilikinya adalah overstroke serta dapat melakukan pengolahan secara efisien terhadap BBM. Per Silinder mengandalkan 2 buah katup serta dapat mereduksi penggunaan bahan bakar berkat diberikannya teknologi i-VTEC. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 118,5 Hp dan torsi puncak yang bisa didapatkan mencapai 145 NM. Torsi dan tenaganya disalurkan ke bagian roda depan memanfaatkan sistem transmisi CVT yang sudah mempunyai teknologi Earth Dreams.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Honda City i-DSI CVT 2008 : Tampilan Sporty Dengan Ruang Akomodasi Banyak

6. SPESIFIKASI HONDA HR-V E CVT 2015

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Honda HR-V E 2015:

DIMENSI

Panjang

4.294 mm

Lebar

1.772 mm

Tinggi

1.580 mm

Track Roda Depan

 1.535 mm

Track Roda Belakang

1.540 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.610 mm

HANDLING & SUSPENSI

Pelek

 Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 Bridgestone Turanza, 215/55 R17

Teknologi Safety Sasis

 G-CON + ACE™, Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, SUV B-Segment

Rem Depan

 Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Disc Brake

Suspensi Depan

 MacPherson Str

Suspensi Belakang

Belakang: H-Shape Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Electronic Power Steering

MESIN

Tipe

 L15 4 Silinder Segaris, i-VTEC SOHC + DBW

 Kapasitas Silinder

 1,496 cc

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Tenaga Maksimum

 118,5 Hp (120 Ps) @ 6,600 rpm

 Torsi Maksimum

 145 Nm @ 4,600 rpm

Bore X Stroke

 73,0 mm X 89,4 mm

 Tipe Transmisi

 CVT berteknologi Earth Dreams, Penggerak Roda Depan (FWD)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA HR-V E CVT 2015

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Honda HR-V E 2015:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Penggunaan bahan bakar yang hemat membuat pengeluaran l ebih sedikit

Kadangkala muncul bunyi pada bagian racksteer sehingga saat mengalaminya terasa ada yang mengganggu

Kabin nyaman karena mempunyai ruang yang lega pada bagian legroom dan headroom

Pada bagian depan mempunyai kaki-kaki yang tergolong lemah

Ruang skomodasi mumpuni sehingga work untuk digunakan bepergian bersama keluarga

 

8. DAFTAR HARGA HONDA HR-V E CVT 2015

Berhubungan dengan harga mobil Honda HR-V E 2015. Jika membahas tentang harga sebenarnya tergantung dari kondisi mobil dan wilayah tempat melakukan pembelian, mengingat mobil ini hanya didapatkan dalam kondisi bekas. Di situs online mobil besutan ini dibanderol dengan harga mulai Rp. 180 jutaan sampai Rp. 225 jutaan tergantung kondisi mobil. Meskipun begitu, mobil ini masih work untuk digunakan berpetualang ataupun menemani aktivitas keseharian.

9. VIDEO HONDA HR-V E CVT 2015

10. KESIMPULAN HONDA HR-V E CVT 2015

Sebagai sebuah compact SUV dari Honda, mobil Honda HR-V E 2015 siap menemani pemiliknya untuk melakukan segala aktivitas sendiri, bersama teman atau keluarga. Jika ingin dijadikan sebagai kendaraan keluarga maka hanya mampu 5 penumpang bisa mengaplikasikan istri, 1 anak dan 2 orang tua atau bisa juga istri dan 3 anak. Pada intinya hanya ditujukan untuk keluarga kecil. Meskipun begitu, dengan tampilan dan fitur yang diberikan di dalamnya membuat mobil ini siap menemani penggunanya dengan aman, nyaman dan juga menyenangkan.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International